1. Pengertian film pendek dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan film pendek ?
  3. Apa arti film pendek ? Apa itu film pendek ?
  4. Apa saja yang harus dipersiapkan dalam pembuatan film pendek ?

Pengertian Film Pendek Menurut Para Ahli


Arti film pendek adalah :

Pengertian film pendek adalah film yang berdurasi pendek dengan cerita yang singkat, pada umumnya di bawah 60 menit. (Anton Mabruri KN : 2013) 


Sebagian besar penonton Indonesia mungkin tidak terlalu familiar dengan film pendek, kita lebih banyak mengenal film-film panjang yang berdurasi 1,5 hingga 2 jam seperti kebanyakan film yang hadir di bioskop atau televisi.

Film pendek kebanyakan diunggah di berbagai media sosial seperti facebook dan youtube atau diikutsertakan di berbagai kompetisi sehingga penggermar atau penikmatnya tidak terlalu besar. Berbeda sekali dengan di luar negeri seperti di negara-negara Eropa dimana festival film pendek rutin diadakan dan menjadi salah satu destinasi wisatawan. Di berbagai sudut kota didirikan cinema house berukuran kecil yang memutar berbagai film pendek sehingga masyarakat sangat familiar dengan film pendek.

Sesuai namanya pengertian film pendek adalah film dengan durasi yang cukup singkat, secara teknis dibawah 50 menit. Meskipun terkesan sederhana dan singkat namun film pendek sangat kompleks. Bagaimana dengan durasi yang singkat dapat menyampaikan cerita secara utuh dan memiliki pesan yang sampai ke penontonnya.

Sutradara harus mampu memilah mana bagian-bagian yang memang benar-benar perlu disampaikan sehingga film tersebut dapat dipahami dengan baik oleh penonton. Jangan sampai karena keterbatasan durasi maka bagian-bagian penting dari film tidak ditampilkan sehingga film terasa janggal.

Meskipun dengan durasi yang singkat bukan berarti film pendek merupakan film asal-asalan dengan budget minim yang hanya dibuat oleh para pemula, atau sebagai reduksi yang merupakan hasil pemotongan dari sebuah film panjang.

Banyak juga sutradara-sutradara profesional yang telah banyak mengarahkan film-film terkenal seperti Joko Anwar, Riri Riza, dan Rudi Soedjarwo yang juga turut membuat film pendek. Film pendek tetaplah film utuh yang dibuat seperti film pada umumnya. Tetap ada berbagai tahapan proses, pemaknaan dan penjiwaan yang mendalam, serta memiliki tingkat kesulitan seperti film panjang. Perbedaannya hanya terletak pada durasinya saja.

Mengenai bentuk filmnya, para pembuat film pendek diberi kebebasan untuk berkreasi. Boleh saja membuat film yang berdurasi 60 detik asal dikemas dengan baik sehingga pesan yang terkandung di dalamnya dapat sampai ke penonton. Dengan kebebasan berkreasi ini membuka kemungkinan timbulnya inovasi-inovasi baru dalam dunia perfilman yang tentu saja sangat baik bagi perkembangan perfilman.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian film pendek. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian film pendek dan prosedurnya secara umum ya ! Baca juga pengertian film thriller & pengertian fim action 🙂