1. Pengertian film thriller itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan film thriller ?
  3. Apa arti film thriller ? Apa itu film thriller ?
  4. Apa contoh film thriller ?

Pengertian Film Thriller Menurut Para Ahli


Arti film thriller adalah :

Pengertian film thriller adalah genre film yang berkisar kepada membuat ketegangan dan membuat rasa penasaran penontonnya. Tujuan film thriller adalah untuk menjaga agar penontonnya tetap waspada dan tidak beranjak dari kursi mereka menonton. 


Pada dasarnya sebuah film dibuat dengan tujuan untuk menghibur para penontonnya selain tentu saja untuk menyampaikan pesan-pesan moral tertentu. Namun setiap orang memiliki selera berbeda-beda dan ingin dihibur dengan cara yang berbeda-beda pula. Ada yang senang dihibur dengan hal-hal lucu, ada juga yang senang menyaksikan adegan drama romantis, bahkan ada juga yang justru merasa terhibur jika ditakut-takuti dengan penampakan hantu atau adegan pembunuhan.

Oleh karena itu muncullah berbagai film dengan genre yang berbeda-beda, ada komedi, action, horor, thriller, drama, dan masih banyak lagi. Tinggal penonton yang akan memilih mau menonton yang mana sesuai seleranya. Kebanyakan film justru hadir dengan beberapa genre sekaligus dengan mengedepankan satu genre utama. Contohnya action komedi, komedi horor, drama komedi, dan lain sebagainya. Sangat jarang film yang diproduksi dengan satu genre saja.

Kali ini kita akan membahas mengenai genre film thriller. Satu kata yang dapat mewakili genre film ini adalah tegang. Ya, film ini merupakan film dengan plot yang mendebarkan sehingga menimbulkan ketegangan bagi orang yang menyaksikannya. Sepanjang film penonton akan disuguhi berbagai adegan yang membuat tegang seperti aksi-aksi menantang yang hampir menghilangkan nyawa tokoh pahlawan, berpacu dengan waktu, hingga tokoh penjahat yang digambarkan begitu jahat, kejam, dan kuat sehingga terlihat mustahil untuk dikalahkan. Hal ini membuat penonton penasaran hingga akhir film.

Contohnya film argo yang mengangkat cerita mengenai aksi penyelamatan pegawai kedutaan Amerika di Iran. Sepanjang film kita akan dibuat deg-degan melihat langkah-langkah penyelamatan para pegawai kedutaan ini mulai dari penyamaran hingga keluar dari bandara dan naik ke pesawat dimana sewaktu-waktu mereka bisa saja ketahuan dengan resiko yang sangat berbahaya. Baru ketika mereka naik ke pesawat dan telah melintasi wilayah udara penonton bisa ikut bernapas lega.

Penjahat atau yang menjadi momok pada fim thriller bermacam-macam, bisa hantu, manusia biasa, monster, atau yang lainnya sehingga terkadang ada yang keliru membedakan film thriller dengan film jenis lain seperti film horor. Contohnya film the sixth sense, meskipun bertemakan kemampuan indra keenam seorang anak yang mampu melihat hantu namun penonton lebih dibuat tegang dan menerka-nerka sepanjang film apa yang sebenarnya menghantui si anak dibandingkan merasa ketakutan karena penampakan berbagai hantu menyeramkan seperti yang biasa disaksikan pada film horor.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian film thriller. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian film thriller secara umum ya ! Baca juga pengertian film fiksi dan non fiksi 🙂