1. Pengertian filtrasi dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan filtrasi dan berikan contohnya ?
  3. Apa arti kata filtrasi ? Apa itu filtrasi ?
  4. Apa pengertian filtrasi dan cara kerjanya ?
  5. Apa contoh filtrasi dalam kehidupan sehari-hari ?

Pengertian Filtrasi Menurut Para Ahli


Arti filtrasi adalah :

Pengertian filtrasi adalah suatu proses di mana air dan zat terlarut dipaksa untuk melalui membran dengan tekanan sehingga partikel besar akan dihilangkan atau tertinggal, contohnya seperti protein dan sel- sel darah. (Joyce James dkk : 2002)

Definisi filtrasi adalah proses perpindahan cairan dan solut melewati membran secara bersama-sama dari kompartemen bertekanan tinggi menuju ke kompartemen bertekanan rendah. (Anas Tamsuri : 2009) 


Pernah melakukan filtrasi? Jika mendapat pertanyaan seperti ini mungkin sebagian teman-teman akan mengernyitkan dahi karena merasa asing dengan dengan istilah tersebut. Tetapi jika pertanyaannya diganti dengan “Pernah melakukan penyaringan?” Saya yakin hampir semua orang akan menganggukkan kepala.

Ya, filtrasi sama dengan penyaringan. Bedanya istilah penyaringan umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti menyaring teh atau menyaring santan dan ditujukan untuk kegiatan sehari-hari yang bersifat sederhana, sementara istilah filtrasi lebih banyak dipakai oleh kalangan akademisi atau pekerja di laboratorium untuk melakukan penyaringan yang sifatnya lebih kompleks seperti pemisahan suatu larutan kimia.

Jadi apa pengertian filtrasi dan prinsip kerjanya?  Singkatnya pengertian filtrasi adalah suatu proses pemisahan padatan dari suatu fluida dengan menggunakan media penyaringan. Jadi filtrasi itu tidak hanya berlaku pada campuran berupa cairan saja namun dapat pula dilakukan pada campuran berupa gas.

Suatu fluida baik berupa cairan atas gas yang memiliki kandungan partikel padat dapat difiltrasi untuk memisahkan partikel padat tersebut dari fluida. Contoh proses filtrasi yang sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari yaitu seperti saat kita menyaring santan kelapa maka ampas kelapa yang berupa padatan akan tertinggal di saringan, sementara air santan yang berupa cairan akan turun atau lolos dari saringan.

Filtrasi dapat juga dikatakan sebagai proses pemisahan suatu campuran berdasarkan perbedaan ukuran partikel dimana partikel dengan ukuran yang lebih besar akan tertahan di saringan dan disebut dengan residu sementara partikel dengan ukuran yang lebih kecil akan lolos dari saringan dan disebut dengan filtrat.

Untuk melakukan filtrasi tentu diperlukan alat bantu utama yaitu media penyaringan, dapat berupa kertas saring, micro glass filter, atau mikro filter yang terbuat dari polimer. Secara sederhana media penyaringan berupa alat yang memiliki pori-pori untuk meloloskan partikel yang lebih kecil dimana ukuran pori-pori akan menentukan hasil saringan.

Semakin rapat pori-porinya tentu semakin kecil/halus pula partikel atau zat yang dapat lolos, begitu pula sebaliknya. Contohnya saat kita menyaring makanan bayi dimana makanan yang dihasilkan dari saringan dengan pori-pori yang sangat rapat akan memiliki tekstur yang lebih halus daripada makanan yang dihasilkan dari saringan dengan pori-pori yang lebih lebar.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian filtrasi dan contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian filtrasi dan contohnya secara umum ya ! Baca juga pengertian duplikasi 🙂