1. Pengertian food fotografi itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan food photography ?
  3. Apa arti kata food photography ? Apa definisi food fotografi ?
  4. Apa saja perlengkapan food photography & peralatan fotografi makanan ?
  5. Bagaimana tips food photography & konsep food fotografi yang baik?

Pengertian Food Fotografi


Apa pengertian food photography & pengertian food photographer ?

Belakangan ini pasti kamu akrab dengan istilah food photography. Genre food fotografi merupakan satu bagian dari fotografi komersial. Jika dilihat dari arti katanya food fotografi adalah foto yang menjadikan makanan sebagai objek utamanya. Sedangkan arti food photographer adalah orang yg melakukan food photography.

Tak hanya pemandangan atau manusia yang menarik dijadikan objek dalam foto namun saat ini makanan pun juga menarik untuk diabadikan dan bahkan di media social seperti instagram hashtag #food menjadi hashtag yang paling banyak digunakan.

Mengabadikan makanan sebenarnya dapat dilakukan oleh siapa saja dan dengan kamera apapun. Kamera smartphone-mu dapat menjadi alat yang efektif untuk mengabadikan makanan ke dalam foto. Namun jika kamu ingin menggeluti bidang food photography secara serius, kamu dapat menggunakan jenis kamera mirrorrless yang ringan, mudah dibawa kemana-mana, kualitasnya oke, dan dapat dipasangi flash eksternal.

Bagaimana teknik foto food photography & teknik pencahayaan food fotografi?

Meskipun jika dibayangkan sepertinya memotret makanan itu cukup mudah namun pada prakteknya tidak seperti itu. Seorang fotografer harus mampu membuat makanan yang ada di hadapannya menjadi menarik untuk diabadikan dalam sebuah frame sehingga ketika orang melihatnya akan timbul hasrat untuk mencicipinya. Untuk menciptakan hal seperti itu maka perlu konsep yang matang sebelum melakukan pemotretan, apalagi jika pemotretan makanan dikhususkan untuk keperluan promosi makanan di salah satu tempat makan maka perlu treatment khusus. Namun secara umum kunci dari food photography itu fotografer mampu merekam sisi menggiurkan dari makanan yang ada di hadapannya dan menampilkan dalam sebuah frame.

Kebanyakan orang akan menganggap bahwa memotret makanan itu mudah dan tidak memerlukan teknik khusus. Padahal di dalam food photography, seorang fotografer juga harus menerapkan teknik fotografi yang tepat agar foto yang dihasilkan menarik.

Dalam memotret makanan angle menjadi hal yang paling penting. Umumnya pemotretan makanan akan dilakukan dengan high angle, sehingga detail makanan dapat terlihat utuh dari atas. Pengaturan komposisi juga penting sehingga keseimbangan dalam foto akan menjadikannya semakin menarik.

Untuk kamu yang tidak ingin ribet namun tetap ingin mendapatkan foto makanan yang bagus maka kuncinya adalah kamu harus mencari tempat yang terang seperti di dekat jendela agar pencahayaan yang didapatkan mencukupi. Namun tak ada salahnya untuk membawa flash eksternal agar semakin oke. Kamu juga bisa menggunakan lensa zoom atau lensa fix agar detail makanan dapat terekam dengan baik dengan background yang sedikit blurry.


Nah itulah penjelasan singkat tentang pengertian food fotografi. Semoga materi food photography yang singkat ini bisa bermanfaat bagi kalian ya!