1. Pengertian fotografi makro menurut para ahli itu apa sih ?
  2. Apa saja perlengkapan fotografi makro ?
  3. Apa yang dimaksud dengan fotografi makro ?
  4. Apa arti kata makro dalam fotografi / pengertian foto makro ?
  5. Apa itu teknik fotografi makro ? Apa definisi foto makro ?

Pengertian Fotografi Makro Menurut Para Ahli


Arti fotografi makro adalah :

Pengertian fotografi makro adalah jenis fotografi dengan memakai pengambilan gambar dari jarak yang dekat. Objek dalam fotografi makro bisa berupa serangga, bulir air, bunga, atau benda lain yang jika di close-up kan akan menghasilkan detail yang sangat menarik. (Bambang Karyadi : 2017 dalam buku Belajar Fotografi)

Definisi fotografi makro adalah cabang fotografi yang tidak semata-mata memperbesar image sebuah benda yang kecil, namun lebih seperti seni merekam dunia renik secara kreatif layaknya foto landscape. (pengertian makro fotografi menurut para ahli oleh Arbain Rambey – Praktisi dan Pengajar Fotografi)

Fotografi makro adalah merekam benda-benda yang berukuran kecil atau sebagian kecil dari benda besar, contohnya seperti kunci pintu antik atau gembok, juga bisa dijadikan sebagai objeknya. (Atok Sugiarto : 2006 dalam buku Panduan Fotografi Indah Itu Mudah) 


Jepret Objek Kecil dengan Fotografi Makro

pengertian makro fotografi – Merekam panorama yang dapat ditangkap indera mata kita dalam bentuk gambar foto atau yang kita kenal dengan fotografi menjadi hobi yang popular dan digemari banyak orang. Fotografi juga disebut karya seni, yang dalam gaya pengambilan gambar juga memiliki banyak tipe. Salah satu tipe yang digemari adalah gaya fotografi makro.

Fotografi makro adalah gaya pengambilan gambar dengan jarak sangat dekat, mengeksplorasi detil, menonjolkan tekstur dari objek yang diambil,  biasanya tidak kasat mata. Objeknya pun kecil, misalkan binatang kecil, serangga, bunga, daun yang secara kasat mata tampak secara utuh namun dengan fotografi makro, kita dapat melihat dengan jelas tekstur dan detil dari serangga, bunga atau objek kecil lainnya.

Apa saja perlengkapan fotografi makro ?

Dalam fotografi makro ini menggunakan jenis lensa khusus yakni lensa makro atau lensa close-up. Dengan lensa ini memungkinkan sang juru kamera dapat fokus pada objek lebih dekat dibandingkan dengan lensa standar, sehingga objek foto benar-benar bisa penuh satu frame dengan hasil yang detil dan tekstur yang kentara.

Kalau tertarik mendalami gaya fotografi makro, alat yang dibutuhkan tak jauh beda dengan peralatan fotografi pada biasanya. Tools utama pasti kamera, jenis kamera tergantung selera Anda. Kamera memang alat yang utama, namun apabila bisa memanfaatkan kamera dengan baik, harga berapapun dan jenis apapun dapat menghasilkan hasil yang baik pula.

Tools selanjutnya adalah lensa kamera, yang tak kalah vital dengan kameranya sendiri apabila Anda menggunakan jenis kamera yang terpisah antara bodi dan lensanya. Lensa standart pun bisa digunakan namun direkomendasikan untuk menggunakan lensa fix 50 mm untuk hasil maksimal. Selain itu, diperlukan juga ring makro, tools tambahan untuk membalikkan lensa yang terpasang di kamera.

Kalau ingin hasil yang lebih baik lagi, Anda membutuhkan makro extension tube, alat tambahan yang berguna memberi jarak antara lensa dengan bodi kamera. Bisa pula ditambahkan dengan lampu flash eksternal sebagai cahaya tambahan sehingga membuat objek lebih detail. Tambahan yang tidak kalah penting agar foto yang dihasilkan tidak blur karena ada gerakan tangan, Anda memerlukan tripod. Terakhir, Anda membutuhkan shutter button juga untuk menghindari objek foto yang blur dikarenakan gerakan tangan akibat menekan tombol shutter pada bodi kamera. Namun shutter button bukan hal yang utama karena bisa disiasati dengan timer.

Setelah peralatan Anda telah siap, mulailah mencoba untuk mengambil foto dengan objek makro di sekitar kita. Objeknya bermacam-macam, mulailah mencari objek yang unik dan menarik detil dan teksturnya. Semakin sering Anda melatih diri dengan fotografi makro, maka insting dan hasil foto Anda makin baik.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian fotografi makro menurut para ahli. Semoga artikel fotografi makro yang singkat ini bisa bermanfaat !