1. Pengertian gagasan utama dan gagasan penjelas itu apa sih ?
  2. Apa contoh gagasan utama dan gagasan penjelas ?
  3. Apa definisi gagasan utama dan gagasan penjelas ?
  4. Apa itu gagasan utama dan gagasan penjelas ?
  5.  Apa perbedaan gagasan utama dan gagasan penjelas ?

Pengertian Gagasan Utama dan Gagasan Penjelas Menurut Para Ahli


Arti gagasan utama dan gagasan penjelas adalah :

Pengertian gagasan utama adalah gagasan yang dibahas dan menjadi inti dasar pengembangan sebuah paragraf yang mana letak gagasan utama ini bisa terdapat di akhir bacaan (induktif), di awal bacaan (deduktif), atau gabungan dari keduanya. (Forum tentor : 2009)

Pengertian gagasan penjelas adalah gagasan yang berfungsi menjelaskan gagasan utama yang pada umumnya dinyatakan lebih dari satu kalimat. Adapun kalimat yang mengandung gagasan penjelas disebut dengan kalimat penjelas. Kalimat penjelas ini berisikan biasanya berisikan contoh-contoh, uraian-uraian kecil, kutipan-kutipan dan ilustrasi. 


Pengertian Gagasan Utama dan Contohnya

Pengertian gagasan utama adalah jenis gagasan yang sering dijadikan sebagai dasar pengembangan suatu paragraf. Gagasan utama ini letaknya bisa di awal kalimat (deduktif), di akhir kalimat (induktif), dan di tengah paragraf yang keberadaannya antara di awal dan di akhir paragraf (deduktif – induktif). Gagasan utama sering juga dikatakan sebagai ide pokok dari sebuah paragraf yang keberadaannya memiliki ciri-ciri yang paling umum diantara kalimat lainnya. Gagasan pokok ini biasanya akan membahas inti permasalahan dalam sebuah paragraf.

Ciri-ciri gagasan utama

Ciri ciri gagasan utama pada suatu teks bacaan adalah sebagai berikut :

  • Kalimat utamanya tersebar mendominasi keseluruhan paragraf
  • Berfokus pada isi dari topik suatu paragraf
  • Kalimatnya tidak dapat berdiri sendiri, dan memerlukan bantuan kata sambung dalam pembentukan kalimatnya

Contoh Gagasan Utama

Olahraga adalah aktivitas yang sangat berguna bagi kesehatan manusia. Lari, beladiri, senam, jalan, sepak bola, tenis meja, futsal, permainan bulu tangkis, adalah beberapa contoh dari olahraga. Olahraga bisa dilakukan dimana saja, bisa di ruangan terbuka atau lapangan, bisa juga di ruangan tertutup atau gym. Saat ini sebagian orang malas berolahraga karena alasan terlalu sibuk dan tidak memiliki waktu luang. Padahal olahraga tidak selalu dikaitkan dengan hal-hal berat dan tidak selamanya harus dilakukan di tempat-tempat kebugaran. Olahraga juga sebenarnya bisa dilakukan di rumah seperti push up, sit up, lompat tali, dan sebagainya. Berolahraga sangatlah penting untuk melatih kekuatan fisik kita.

Gagasan utama dalam paragraf di atas adalah olahraga adalah aktivitas yang sangan berguna bagi kesehatan manusia.

Pengertian Gagasan Penjelas dan Contohnya

Pengertian gagasan penjelas adalah suatu gagasan yang berfungsi untuk menjelaskan gagasan utama. Gagasan penjelas ini biasanya berisi penjelasan sebagai lanjutan dari rangkaian kalimat setelah kalimat utama. Gagasan penjelas biasanya terdiri dari beberapa kalimat, tidak hanya satu kalimat saja.

Ciri-ciri gagasan penjelas

Ciri-ciri gagasan penjelasa adalah sebagai berikut :

  • Kalimatnya berisi penjelasan, seperti keterangan dan contoh-contoh
  • Pembentukan kalimatnya memerlukan kata penghubung
  • Kalimatnya selalu menghubungkan antara kalimat yang satu dengan yang lainnya dalam sebuah paragraf

Contoh Gagasan Penjelas

Dalam contoh kalimat pada gagasan utama di atas, yang merupakan kalimat penjelas dimulai dari kalimat kedua (lari, beladiri, dan seterusnya ……) sampai kalimat terakhir.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian gagasan utama dan gagasan penjelas beserta contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan apa yang dimaksud dengan gagasan utama dan gagasan penjelas secara umum ya ! Baca juga pengertian gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan 🙂