1. Pengertian gelombang cahaya dan bunyi itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan gelombang cahaya dan bunyi ?
  3. Apa arti gelombang cahaya dan bunyi ?
  4. Apa itu gelombang cahaya dan bunyi ?
  5. Apa perbedaan gelombang cahaya dan bunyi ?

Pengertian Gelombang Cahaya dan Bunyi Menurut Para Ahli


Arti gelombang cahaya dan bunyi adalah :

Definisi gelombang cahaya adalah gelombang elektromagnet yang tidak memerlukan medium untuk merambat. (James Clerk Maxwell pada akhir abad ke19)

Pengertian gelombang bunyi adalah gelombang mekanik yang memerlukan media untuk merambat. (Budi Suryatin : 2005) 


Pengertian Gelombang Cahaya dan Sifatnya

Pengertian gelombang cahaya adalah salah satu bentuk dari gelombang elektromagnetik yang memiliki energi namun tidak bisa dilihat atau diamati langsung oleh mata manusia. Gelombang cahaya ini umumnya memiliki panjang, yang disebut sebagai panjang gelombang cahaya.

Apa saja sifat sifat gelombang cahaya? Sifat-sifat gelombang cahaya adalah sebagai berikut:

  • Cahaya dapat merambat

Terjadi pada satu garis lurus dalam suatu medium homogen (sejenis)

  • Cahaya dapat mengalami pemantulan atau pembiasan

Terjadi pada suatu bidang batas yang terjadi pada dua medium

  • Gelombang cahaya mengalami interferensi

Interferensi yang didapatkan dari suatu sumber cahaya yang koheren yaitu sumber cahaya yang memiliki frekuensi yang sama namun fase tetapnya berbeda. Interferensi dalam suatu cahaya akan menghasilkan pola gelap terang. Pola gelap dihasilkan dari interferensi destruktif yang terjadi akibat adanya penggabungan dua gelombangnya yang fasenya saling berlawanan, dan pola terang dihasilkan dari interferensi konstruksi yang didapatkan dari penggabungan dua gelombang dengan fase yang sama

  • Gelombang cahaya mengalami difraksi

Difraksi adalah proses pembelokan gelombang yang diakibatkan oleh adanya penghalang berupa celah atau sudut pada sebagian muka gelombang. Difraksi suatu cahaya terjadi pada celah yang sempit dan terpisah namun sejajar

  • Gelombang cahaya mengalami polarisasi

Polarisasi adalah penyaringan pada arah getar suatu gelombang. Contohnya adalah kristal. Polarisasi terjadi pada suatu pemantulan, dan pembiasan baik tunggal maupun ganda. Arah polarisasi tegak lurus terhadap suatu bidang yang berhasil dibentuk oleh garis datang dan garis penglihatan

Pengertian Gelombang Bunyi dan Sifat Sifatnya

Lalu apa pengertian gelombang bunyi dalam fisika? Pengertian gelombang bunyi adalah suatu gelombang mekanik yang dapat merambat pada suatu medium baik medium padat, cair, maupun medium udara. Gelombang bunyi termasuk dalam gelombang longitudinal karena arah rambat bunyinya sejajar dengan arah getarnya.

Kecepatan suatu gelombang bunyi tergantung pada suatu medium yang digunakan dan tingkat kerapatannya. Dalam suatu medium, suatu bunyi merambat dengan cara bertubrukan. Susunan partikel dalam zat padat jauh lebih rapat daripada pada zat cair maupun udara. Dengan demikian, tubrukan yang terjadi juga akan lebh cepat terjadi pada zat padat ketimbang zat cair dan udara. Maka dari itu bunyi merambat jauh lebih cepat pada zat padat.

Apa saja ciri ciri gelombang bunyi / apa saja sifat gelombang bunyi ? Ciri-ciri gelombang bunyi adalah sebagai berikut:

  • Gelombang bunyi memerlukan medium saat merambat

Contohnya: dua orang astronot yang sedang berada di luar angkasa. Seperti yang kita ketahui ruang angkasa adalah ruang hampa udara sehingga sulit untuk berkomunikasi disana. Untuk mengatasi hal ini, astronot tersebut memerlukan media perantara berupa kaleng yang terhubung antara satu dengan yang lainnya. Dengan demikian sewaktu ingin berkomunikasi, kaleng dibutuhkan untuk menyampaikan informasi.

  • Gelombang bunyi mengalami pemantulan

Dapat dibuktikan saat kita berteriak pada ruang hampa, maka akan menimbulkan gaung. Gelombang bunyi mengalami pembiasan

Contohnya: suara petir akan terdengar lebih keras di malam hari ketimbang di siang hari, karena saat siang hari suhu udara di lapisan atas lebih dingin daripada di lapisan bawah sehingga cepat rambatya bunyi juga akan lebih kecil saat suhu udara lapisan atas lebih dingin.

  • Gelombang bunyi mengalami pelenturan

Terjadi karena gelombang bunyi memiliki panjang yang lebih besar saat berada di udara.

  • Gelombang bunyi mengalami perpaduan

Perpaduan yang dimaksud adalah interferensi konstruksi dan interferensi destruktif. Contohnya: saat kita sedang mendengar musik melalui headset, maka sewaktu-waktu kita akan mendengar bunyi yang keras dan pelan secara bergantian.

  • Gelombang bunyi mengalami pelayangan bumi

Hal ini dapat terjadi karena gelombang memiliki frekuensi yang sedikit berbeda namun arah perambatannya adalah sama.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian gelombang cahaya dan bunyi & sifat gelombang cahaya dan bunyi. Semoga kalian bisa menjelaskan ciri gelombang cahaya dan bunyi secara umum ya ! Baca juga pengertian gelombang stasioner 🙂