1. Pengertian gelombang elektromagnetik beserta contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan gelombang elektromagnetik ?
  3. Apa arti gelombang elektromagnetik?
  4. Apa itu gelombang elektromagnetik ?
  5. Apa contoh gelombang elektromagnetik dan penjelasannya ?

Pengertian Gelombang Elektromagnetik Menurut Para Ahli


Arti gelombang elektromagnetik adalah :

Definisi gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal yang termasuk gelombang medan bukan materi seperti halnya gelombang pada tali atau air. Dikarenakan gelombang elektromagnetik ini terdiri dari medan, maka gelombang ini bisa  merambat melalui ruang hampa. (Pristiadi Utomo : 2007)

Pengertian gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang merambat tanpa memerlukan medium atau zat perantara. Contoh gelombang elektromagnetik adalah cahaya. (Garis Seran Daton : 2008) 


Gelombang Elektromagnetik: Pengertian dan Contoh

Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang dapat merambat tanpa adanya medium. Perambatan dalam gelombang elektromagnetik dapat diukur dengan adanya panjang gelombang (jarak antara dua titik puncak gelombang), amplitudo (tinggi gelombang), frekuensi (banyaknya gelombang yang melalui suatu titik pada satu satuan waktu),  dan kecepatan. Panjang suatu gelombang elektromagnetik berbanding terbalik dengan frekuensi gelombangnya. Semakin panjang suatu gelombang maka frekuensinya akan semakin rendah, dan sebaliknya semakin pendek suatu gelombang maka frekuensinya akan semakin tinggi.

Contoh gelombang elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari adalah gelombang radio, gelombang TV, sinar ultraviolet, sinar inframerah, penggunaan microwave, sinar X, dan lain sebagainya.

Apa saja sumber gelombang elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari? Adapun sumber gelombang elektromagnetik adalah sebagai berikut :

  • Berasal dari osilasi listrilk
  • Sinar matahari yang menghasilkan sinar inframerah
  • Sinar ultraviolet yang dihasilkan dari lampu merkuri
  • Penembakan suatu elektron dalam sebuah tabung hampa pada kepingan logam menghasilkan sinar X

Energi elektromagnetik yang dipancarkan atau dilepaskan oleh semua benda yang ada di bumi ini tidaklah sama alias berbeda-beda. Semakin tinggi tingkatan energi pada suatu sumber energi, maka panjang gelombangnya akan semakin kecil, namun frekuensinya akan semakin tinggi. Sebaliknya semakin rendah tingkatan energi pada suatu sumber energi maka gelombangnya akan semakin panjang pula, dan frekuensinya semakin kecil.

Apa saja sifat sifat gelombang elektromagnetik / ciri ciri gelombang elektromagnetik ? Ciri-ciri gelombang elektromagnetik adalah sebagai berikut:

  • Perubahan pada medan magnetik dan medan listrik pada suatu gelombang elektromagnetik terjadi secara bersamaan, sehingga kedua medan tersebut memiliki nilai minimum dan nilai maksimum pada tempat yang sama dan waktu yang bersamaan pula
  • Arah medan magnetik dan medan listrik saling tegak lurus terhadap arah rambat suatu gelombang
  • Gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal, yaitu gelombang yang arah rambatnya tegak lurus terhadap gelombangnya
  • Gelombang elektromagnetik juga mengalami pemantulan, pembiasan, interferensi, dan difraksi sama seperti gelombang pada umumnya. Karena sifatnya yang transversal gelombang elektromagnetik juga mengalami peristiwa polarisasi
  • Cepat rambat suatu gelombang elektromagnetik bergantung pada sifat magnetik dan medium magnetik yang dilaluinya

Jadi apa perbedaan antara gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik? Perbedaan gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik yaitu gelombang mekanik memerlukan medium untuk perambatan gelombangnya sedangkan gelombang elektromagnetik bisa merambat tanpa memerlukan medium sekalipun.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian gelombang elektromagnetik beserta contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian gelombang elektromagnetik dan contohnya secara umum ya ! Baca juga pengertian gelombang cahaya dan bunyi 🙂