1. Pengertian ghibah dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan ghibah ?
  3. Apa arti kata ghibah ? Apa itu ghibah ?
  4. Apa pengertian ghibah dalam islam ?

Pengertian Ghibah Menurut Para Ahli


Arti ghibah adalah :

Definisi ghibah adalah menyebutkan keburukan seseorang, baik penyebutannya itu lewat ucapan atau surat, dengan rumus, isyarat dengan tangan, dengan mata, dan dengan kepala ataupun dengan bahasa tubuh lainnya. (Imam an-Nawawi dalam Kitab Induk Doa dan Zikir Terjemah Kitab al-Adzkar)

Pengertian ghibah adalah menyebut sesuatu hal pada orang lain, yang mana sesuatu hal tersebut tidak disukainya. (Imam Ghazali)

Pengertian ghibah adalah 3 macam yaitu (1) Ghibah, yakni kamu menyebut saudaramu apa yang ada pada dirinya, (2) Ifkun, yakni kamu menyebut apa yang kamu dengar tentang saudaramu, dan (3) Buhtan, yakni kamu menyebut saudaramu apa yang tidak ada padanya dengan tujuan merendahkannya (Buhtan menggabungkan antara ghibah dan dusta). (Imam Hasan) 


Apa Itu Ghibah?

Secara umum, pengertian ghibah adalah suatu perilaku jelek yang terdapat dalam diri seseorang, dimana orang ini membicarakan keburukan, kejelekan maupun kekurangan orang lain. Tindakan ini dilakukan tak lain adalah untuk mencari-cari kesalahan orang lain baik itu jasmani, rohani, agama, kekayaan, tindakan atau perbuatan, dan lain sebagainya. Ghibah sering juga disebut sebagai tindakan menggunjing yang dilakukan tidak hanya lewat perkataan secara lisan saja, namun bisa juga melalui media cetak seperti koran dan majalah, bisa juga melalui bahasa tubuh.

Contoh perbuatan ghibah antara lain membongkar aib seseorang, mengolok-olok orang yang digunjingkan, menyebarkan gosip yang tidak benar, dan masih banyak lagi.

Namun perlu diketahui, tidak semua ghibah itu dilarang untuk dilakukan. ada juga ghibah yang diperbolehkan dengan maksud dan tujuan tertentu yang sifatnya adalah benar dan bermaksud untuk membuat seseorang berubah menjadi lebih baik lagi. Adapun contoh ghibah yang diperbolehkan, antara lain:

  • Melaporkan tindakan yang dilakukan oleh seseorang kepada pihak kepolisian
  • Memberikan pencerahan kepada seseorang agar mau bertobat dan tidak melakukan maksiat lagi
  • Menasihati teman yang berbuat salah
  • Ghibah dengan maksud untk memperingatka kaum muslim tentang fatwa
  • Sebutan untuk seseorang yang anggota tubuhnya tidak dapat berfungsi dengan baik, misalnya si pincang, si tuli, dan sebagainya

Bahaya yang ditimbulkan oleh perilaku ghibah, antara lain:

  • “Memfitnah lebih kejam daripada membunuh” adalah sebuah ungkapan yang diperuntukkan bagi seseorang yang suka mengata-ngatai orang lain dengan informasi yang tidak benar
  • Mendatangkan pertengkaran dan perselisihan di antara sesama manusia
  • Hanya membuang-buang waktu, tenaga, dan energi karena perbuatan ini tidak ada manfaatnya dan sia-sia untuk dilakukan
  • Perbuatan dosa dan hukuman dari Allah SWT di dunia akhirat nanti

Cara untuk menghindari perilaku ghibah, antara lain:

  • Selalu berprinsip bahwa tidak ada manusia yang sempurna, pasti ada saja kesalahan yang dilakukan. jadi apabila seseorang melakukan tindakan yang masih dapat diampuni dan masih dalam batas wajar, maka masalahnya tidak perlu diperbesar
  • Taat beribadah dan bergabung dalam kumpulan rohani atau keagamaan
  • Mengingatkan orang lain yang hampir saja melakukan ghibah
  • Selalu berperilaku dan berpikir positif, dan berusahalah untuk menjauhkan diri dari hal-hal yang berbau negatif

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian ghibah dalam islam. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian ghibah dan contohnya secara umum ya ! Baca juga pengertian gagasan utama dan gagasan penjelas 🙂