1. Pengertian gizi seimbang itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan gizi seimbang ?
  3. Apa arti kata gizi seimbang ?
  4. Apa itu gizi seimbang ?
  5. Apa manfaat gizi seimbang ?

Pengertian Gizi Seimbang Menurut Para Ahli


Arti gizi seimbang adalah :

Pengertian gizi seimbang adalah suatu susunan makanan sehari–hari yang mengandung berbagai gizi dalam jenis serta jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman makanan, kebersihan, aktivitas fisik, dan BB (berat badan) ideal. (Siti Pramitha Retno Wardhani, S.Si : 2018)

Definisi gizi seimbang adalah pola makan yang seimbang antara zat gizi yang diperoleh tubuh dengan aneka makanan, dalam rangka pemenuhan kebutuhan gizi untuk hidup yang cerdas, sehat dan produktif. (pengertian gizi seimbang menurut kemenkes)

Pengertian gizi seimbang adalah susunan menu per hari yang bisa memberikan gizi agar badan menjadi sehat. (F. G. Winarno : 1997)

Pengertian makanan bergizi dan seimbang adalah makanan yang secara proporsional mengandung berbagai komponen yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga terhindar dari malnutrisi. (Aisyiyah : 2007)

Pengertian gizi seimbang pada balita adalah gizi balita harus mencakup zat gizi seperti protein (10-20%), karbohidrat (75-90%), lemak (15-20%), vitamin dan air. Apabila balita mendapatkan gizi yang seimbang maka anak akan tumbuh sehat, cerdas dan tidak gampang terserang penyakit. (Budi Sutomo, S.Pd, & Dr. Dwi yanti Anggraini : 2010)

Pengertian gizi seimbang pada lansia adalah makanan yang dikonsumsi haruslah mengandung gizi yang baik bagi lansia terutama bagi otak dan jantungnya karena bisa mengungari risiko penyakit degeneratif seperti stroke ringan di otak, alzheimer dan demensia. Adapun gizi seimbang pada lansia yaitu: karbohidrat (50–60%) dari total kalori, lemak (25%) dari total kalori dan protein (10–15%) dari total kalori. (Lenny Jusup : 2011) 


Dari waktu bayi hingga sekarang, ibu kita sering kali memberikan kita makanan yang bergizi seimbang. Hampir setiap hari makanan bergizi diberikan kepada kita, yang mengandung 4 sehat dan 5 sempurna. Gizi seimbang adalah susunan dari kandungan gizi dalam makanan yang jenis dan jumlahnya sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Makanan yang dibutuhkan haruslah bervariasi dan disesuaikan dengan aktivitas yang kita lakukan sehari-hari.

Ciri-ciri orang kekurangan gizi antara lain:

  • Penurunan berat badan tanpa disadari. Orang yang kelebihan berat badan belum tentu bergizi baik, karena bisa saja makanan yang dikonsumsinya bukan makanan bergizi
  • Konsentrasi menurun
  • Depresi
  • Mudah terserang penyakit karena kekebalan tubuh menurun atau imun menurun
  • Mood dan suasana hati gampang berubah
  • Cepat lelah, dan tidak sanggup untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan berat
  • Selera makan berkurang
  • Apabila terdapat luka pada tubuh, maka proses pengeringan dan penyembuhan lukanya berlangsung lama

Untuk mengatasi kekurangan gizi, kita haruslah mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Suatu makanan yang bergizi seimbang haruslah mengandung:

  1. Zat Tenaga

Zat ini porsinya sangat besar dalam tubuh karena manusia membutuhkan tenaga yang besar untuk mampu melaksanakan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Zat tenaga yang paling utama adalah karbohidrat yang bersumber dari nasi, jagung, kentang, singkong, sagu dan gandum.

  1. Zat Pengatur

Adalah zat yang berfungsi sebagai pengatur dalam organ tubuh agar bisa bekerja dengan baik. Porsi zat pengatur ini lebih sedikit daripada porsi zat tenaga. Zat pengatur terdiri dari vitamin dan mineral yang bisa didapatkan dari sayur mayur dan buah-buahan.

  1. Zat Pembangun

Adalah zat yang sangat berguna untuk pertumbuhan, pembentukan, dan pemeliharaan sel-sel yang ada di dalam tubuh agar dapat berfungsi dengan baik. Zat pembangun ini terdiri dari protein yang bisa didapatkan dari protein nabati seperti kacang-kacangan, dan protein hewani seperti daging, telur, ikan dan susu.

Selain kandungan zat tenaga, pengatur, dan pembangun agar gizi dalam tubuh seimbang, kita juga harus mengkonsumsi air dalam jumlah yang cukup yaitu sebanyak 2,5 liter per harinya. Air ini dibutuhkan tubuh untuk melarutkan makanan yang kita makan. Pola hidup sehat juga harus diterapkan untuk mendapatkan gizi seimbang. Olahraga teratur, istirahat teratur, makan-makanan yang cukup, dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar juga dibutuhkan agar semuanya berjalan seimbang dan tidak berat sebelah.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian gizi seimbang. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian gizi seimbang menurut para ahli secara umum ya ! Baca juga pengertian fosil pandu 🙂