1. Pengertian gold glory dan gospel dalam imperialisme itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan gold glory gospel ?
  3. Apa arti gospel dalam semboyan bangsa barat ?
  4. Apa itu 3g gold glory gospel ?
  5. Apa makna gold glory gospel bagi bangsa barat ?

Pengertian Gold Glory Gospel Menurut Para Ahli


Arti gold glory dan gospel adalah :

Dalam pelajaran sejarah tentu kita mengenal ketiga istilah ini gold, glory, dan gospel. Istilah ini biasa disingkat dengan 3G. Ketiga istilah ini sering digunakan pada masa kolonialisme dan masa imperialisme. Kolonialisme dan imperialisme merupakan dua kata yang berbeda namun memiliki tujuan yang sama.

Kolonialisme dengan kata dasar koloni berarti usaha penguasaan satu negara yang dilakukan oleh negara lain. Imperialisme berasal dari kata imperialis berarti suatu politik yang dilakukan oleh suatu negara terhadap negara lain untuk dapat menguasai daerah tersebut dan mendapatkan kekayaan yang berlimpah.

Kedua tindakan tersebut sama-sama merugikan dan tidak menguntungkan sama sekali. Untung ya kita lahir saat Indonesia sudah merdeka bukan pada masa penjajahan (hehehe). Bayangkan kalau lahir di zaman penjajahan, kita juga ikut merasakan sengsara yang dirasakan oleh nenek moyang kita dulu (nggak mau dong ya).

Tiga istilah tersebut, gold glory dan gospel adalah semboyan yang biasa digunakan oleh negara barat untuk menjajah atau menguasai samudra. Misalnya bangsa Portugis yang dulu menjajah negara Indonesia memiliki latar belakang 3G mengapa ia mau menjajah bangsa kita. Untuk lebih memahami 3G, langsung saja kita simak apa pengertian dari masing-masing huruf “G” nya.

  1. Gold

Salah satu tujuan dari penjajahan samudera yang dilakukan oleh bangsa barat adalah demi gold. Dalam kamus bahasa Inggris, pengertian gold berarti emas. Emas digunakan sebagai lambang kekayaan seseorang atau suatu bangsa. Itulah sebabnya mengapa bangsa barat menjajah bangsa lain, mereka ingin menguasai kekayaan emasnya. Apalagi emas negara yang dijajah banyak, pasti negara barat akan mempertahankan daerah jajahannya dan betah untuk berlama-lama disana.

  1. Glory

Arti kata glory ini adalah kejayaan. Setelah berhasil merampas dan mengambil kekayaan berupa emas dari bangsa lain, ia juga berharap akan kejayaan. Seberapa banyak kekayaan yang didapatkan oleh negara barat, maka semakin besar  pula tingkat kejayaanya, dan sebaliknya. Kejayaan yang dimaksud tidak hanya dalam kondisi ekonomi, melainkan sosial, politik, dan lain sebagainya.

  1. Gospel

Huruf “G” terakhir adalah Gospel yang berarti penyebarluasan pengajaran agama Nasrani khusunya Kristen pada daerah luar yang termasuk dalam wilayah kekuasaanya. Dengan melakukan penyebarluasan agama, negara barat meyakini bahwa tujuan dari semuanya merupakan kebenaran yang berasal dari Tuhan. Itulah sedikit pengertian dari gold glory dan gospel yang digunakan dalam penjajahan dan penguasaan samudera.


Oke semoga penjelasan singkat tentang pengertian 3g (gold glory gospel) ini bisa dimengerti. Dan semoga kalian bisa menjelaskan pengertian gold glory dan gospel dalam imperialisme serta contoh dari gold glory dan gospel ya ! Baca juga pengertian imperium 🙂