1. Pengertian gurun sahara itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan gurun sahara ?
  3. Apa arti kata gurun sahara ?
  4. Apa itu gurun sahara ?
  5. Apa karakteristik gurun sahara yang terletak di benua afrika?

Pengertian Gurun Sahara Menurut Para Ahli


Arti gurun sahara adalah :

Pengertian gurun sahara adalah padang pasir terbesar di dunia yang menutupi hampir sepertiga benua Afrika. Gurun Sahara juga mempunyai bukit pasir tertinggi di dunia. (Anne Civardi & Ruth Thomson : 2001)

Definisi gurun sahara adalah gurun pasir terbesar di dunia yang terdapat di Afrika Utara. Gurun sahara berbatasan dengan Pegunungan Atlas dan Laut Tengah (utara), Laut Merah (timur), Dataran Sahel (selatan) dan Samudera Atlantik (barat). (Ichtiar Baru van Hoeve : 1990) 


Gurun Sahara adalah nama padang pasir terbesar di dunia, yang terletak di bagian Timur Tengah tepatnya di Benua Afrika. Gurun ini membentang dari Samudra Atlantik ke Laut Merah dari Laut Tengah di Utara sampai ke bagian Sahel di Selatan, serta dari Meuritania di sebelah Barat hingga ke Mesir sebalah Timur. Nama Gurun Sahara ini diambil dari Bahas Arab yang berarti “gurun pasir”. Usia Gurun Sahara sudah mencapai 2,5 juta tahun. Letak Gurun Sahara membagi dua benua Afrika menjadi Afrika Utara dan Afrika yang sesungguhnya. Kedua bagian benua ini sangatlah berbeda baik dari segi iklim maupun budaya. Padang pasir ini juga sangat luas mencapai 9.000.000 km2 yang luasnya hampir sama dengan Amerika Serikat dan Benua Eropa.

Suhu udara di gurun Sahara sangatlah panas sehingga tidak ada tumbuh-tumbuhan yang bisa bertahan hidup disana kecuali tumbuhan kaktus. Jika hendak bepergian melewati padang pasir, biasanya masyarakat akan menggunakan kendaraan hewan yaitu unta. Mengapa? Karena hanya unta lah hewan yang mampu berjalan jauh, dan bisa menyimpan cadangan air yang cukup banyak sehingga ia mampu untuk melanjutkan perjalanan berjam-jam hingga berhari-hari.

Padang pasir ini biasanya terdiri dari bukit yang tingginya bisa mencapai 180 meter. Bukit pasir ini bercampur dengan pasir laut dan formasi batuan serta kerikil.

Pada zaman dahulu, gurun Sahara diduga sebagai wilayah dengan lahan yang subur dengan iklim sub tropis. Hewan yang tinggal di dalamnya juga bermacam-macam diantaranya rusa, kuda nil, gajah, jerapah, dan badak. Kekayaan ayam yang melimpah menyebabkan wilayah ini memiliki persediaan sumber makanan yang sangat banyak, sehingga banyak rakyat zaman dulu melakukan imigrasi dan menetapdi wilayah Gurun Sahara ini.

Tempat yang subur ini berubah menjadi gurun, diperkirakan terjadi sekitar 5.000 tahun yang lalu. Namun perkiraan tersebut disanggah oleh ilmuwan lain yang mengatakan kurang dari 5.000 tahun yang lalu Gurun Sahara ini telah terbentuk. Selama ribuan tahun lamanya terjadi pergeseran mendadak. Studi tentang serbuk sari kuno, spora, dan organisme air sedimen Danau Yoa di Chad Utara telah dijadikan bukti sebagai perubahan daerah ini secara bertahap. Daerah yang awal mulanya adalah savanah telah berubah menjadi tandus dan kering secara terus menerus sehingga terjadilah padang pasir yang kita kenal sebagai Gurun Sahara.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian gurun sahara. Semoga kalian bisa menjelaskan karakteristik gurun sahara yang terdapat di benua afrika secara umum ya ! Baca juga pengertian gizi baik dan gizi buruk 🙂