1. Pengertian header dan footer pada microsoft word itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan header dan footer ?
  3. Apa arti kata header dan footer ? Apa itu header dan footer ?
  4. Bagaimana cara membuat header dan footer pada microsoft word?
  5. Apa fungsi header dan footer pada microsoft word?

Pengertian Header dan Footer Menurut Para Ahli


Arti header dan footer adalah :

Pengertian header adalah suatu area yang berada di atas margin yang ada di setiap halaman pada sebuah dokumen. Sedangkan pengertian footer adalah sederatan teks yang akan tercetak pada bagian bawah setiap halaman. Fungsi header dan footer adalah untuk membantu menyisipkan teks seperti nomor halaman, judul, tanggal dan nama file dokumen. (Y. Maryono & B. Patmi Istiana : 2007)

Definisi header adalah teks yang ditampilkan pada bagian atas setiap halaman sedangkan definisi footer adalah teks yang ditampilkan pada bagian bawah setiap halaman. (Retna G : 2007) 


Ilmu Komputer: Header dan Footer

Ilmu komputer adalah suatu cabang ilmu yang mempelajari tentang dunia komputasi, baik itu perangkat keras, dan perangkat lunak. Ilmu komputer menyangkut beragam topik yang ada hubungannya dengan komputerm yang dapat meliputi analisis abstrak sebuah logaritma sampai pada analisis yang sifatnya jauh lebih konkret.

Dalam mempelajari komputer terutama dalam pengaplikasian Microsoft Word, kita akan mengenal sistem header dan footer. Apa pengertian header dan footer dalam microsoft word?

Pengertian Header

Pengertian header adalah suatu perintah pada komputer untuk memberikan atau menambahkan sesuatu di atas margin atau kepala yang dapat berupa teks, gambar, maupun logo. Apa fungsi header? Penggunaan header ini biasanya untuk naskah yang dapat berupa karya ilmiah, proposal yang terdiri dari beberapa halaman yang isinya saling terintegrasi antara halaman yang satu dengan halaman yang lainnya.

Bagaimana cara membuat header di microsoft word? Cara untuk menambahkan header pada suatu file dokumen, antara lain:

  • Pertama-tama buka lembar kerja Microsoft Word di komputer
  • Klik menu insert pada menu bar
  • Pada holom header dan footer, pilihlah menu header untuk menambahkan teks atau gambar tepat di atas tulisan
  • Selanjutnya akan muncul berbagai jenis header, pilihlah salah satu diantaranya
  • Jika Anda ingin membuat header sendiri, maka Anda bisa menggunakan menu “Edit Header”
  • Mulailah menambahkan apa yang ingin ditambahkan pada bagian header

Pengertian Footer

Pengertian footer adalah suatu perintah pada komputer untuk memberikan atau menambahkan sesuatu di bawah margin yang dapat berupa angka, penomoran, atau lain sebagainya. Fungsi ini biasanya juga digunakan pada naskah yang terdiri dari beberapa halaman yang isinya saling terintegrasi.

Bagaimana langkah untuk membuat footer? Pada dasarnya langkah untuk membuatnya sama dengan langkah untuk membut header, hanya saja perintahnya digantikan dengan mengklik “footer” pada menu insert.

Jadi perbedaan header dan footer hanya terletak pada penempatannya saja. Dimana header berada di atas margin, dan footer berada di bawah margin suatu tulisan. Semoga bermanfaat.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian header dan footer pada microsoft word. Semoga kalian bisa menjelaskan bagaimana cara membuat header dan footer pada dokumen secara umum ya ! Baca juga pengertian hematokrit dan fungsinya 🙂