1. Pengertian high angle dalam fotografi itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan high angle fotografi ?
  3. Apa itu high angle? Apa arti kata high angle photography ?
  4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan high camera angle!
  5. Apa pengertian dari high camera angle & teknik high angle ?

Pengertian High Angle Dalam Fotografi


Apa sih perbedaan low angle dan high angle dalam fotografi?

pengertian high angle shot – Pernahkah kalian berfoto selfie dan mengambilnya dari sudut atas dengan menempatkan kamera dengan posisi di atas kepala? Pasti bagi kaum perempuan banyak yang melakukan hal seperti itu. Konon katanya mereka sengaja mengambil gambar diri dari atas begitu agar mereka tampak lebih kecil atau lebih tirus daripada sebenarnya. Lalu apakah benar seperti itu?

Memang benar sudut pemotretan dari atas dengan menempatkan kamera diatas kepala akan membuat objek tampak terlihat lebih kecil. Sudut pemotretan dari atas tersebut dinamakan high angle. Angle dalam Bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai sudut pengambilan gambar. Sedangkan high berarti tinggi. Secara keseluruhan pengertian high angle adalah sudut pengambilan gambar pada sudut pandang yang tinggi dengan posisi pemotret atau kamera lebih tinggi dari objek sehingga dengan teknik seperti itu seolah-olah objek akan nampak lebih kecil dari aslinya. Dengan menggunakan sudut pengambilan gambar high angle ini juga bisa menonjolkan kesan luas dari objek yang diabadikan.

Bagaimana teknik pengambilan gambar high angle / teknik foto high angle?

Penggunaan sudut pandang high angle ini dapat kamu coba ketika memotret pemandangan (landscape) sehingga dengan pengambilan gambar dari sudut yang tinggi atau atas maka seluruh keindahan landscape dapat terekam dalam frame kamera.

Selain pemandangan, kamu juga bisa menerapkannya saat mengabadikan keramaian. Misalnya kamu berada di pasar dan ingin mengabadikan keramaian pasar, maka kamu dapat mengabadikannya dengan mencari posisi atau sudut yang lebih tinggi sehingga keramaian di pasar dapat terekam dalam frame. Tak hanya itu saja, bagi kamu pecinta food photography maka bisa mencoba alternatif sudut pandang high angle ini karena dengan sudut pandang ini kamu dapat mengabadikan objek makanan secara keseluruhan sehingga tampak lebih menarik dan nikmat.

Jadi penggunaan sudut pandang high angle ini tak hanya bisa kamu gunakan sebatas pada foto selfie saja, namun juga dapat diterapkan pada objek foto yang beragam seperti makanan, pemandangan, hingga keramaian atau kerumunan orang. Tak semua kondisi cocok menggunakan sudut pandang high angle ini, jadi pastikan dirimu banyak berlatih dengan menerapkannya pada berbagai macam objek yang berbeda sehingga kamu bisa mengoreksi sendiri dimana penerapan high angle yang pas.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian high angle dalam fotografi. Semoga kalian semakin paham akan pengertian low angle dan high angle serta macam macam teknik pengambilan gambar fotografi ya!