1. Pengertian hipotermia dan hipertermia itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan hipotermia dan hipertermia ?
  3. Apa itu hipotermia dan hipertermia ?
  4. Apa penyebab hipotermia saat mendaki gunung ?

Pengertian Hipotermia dan Hipertermia Menurut Para Ahli


Arti hipotermia dan hipertermia adalah :

Pengertian hipotermia adalah suatu kondisi yang berbahaya ketika tubuh kehilangan lebih banyak panas daripada yang bisa diproduksinya, sehingga akibatnya suhu pusat tubuh bisa turun di bawah 35°C. Penyebab hipotermia adalah karena kontak yang terlalu lama dengan air dingin atau udara dingin. (dalam buku Pediatric First Aid and CPR 4th Edition)

Definisi hipotermia adalah suhu tubuh terlalu rendah. Gejala-gejala hipotermia yaitu menggigil, terhuyung-huyung, tubuh kaku dan tidak bisa tegak, dan bicara menjadi tidak jelas. (Rick Thomas : 2006)

Definisi hipertermia adalah suhu tubuh yang meningkat akibat gagal termoregulasi. Hipertermia terjadi ketika tubuh memproduksi atau menyerap panas yang berlebih. Ketika suhu tubuh meningkat cukup tinggi, hipertermia menjadi suatu keadaan darurat medis yang memerlukan pengobatan segera untuk mencegah adanya kecacatan atau kematian. (Karakitsos & karabisnis : 2008)

Pengertian hipertermia adalah kenaikan suhu tubuh melebihi set point hipotalamus. Hipertermia terjadi apabila ada produksi panas berlebihan, berkurangnya pelepasan panas, atau rusaknya hipotalamus. Apabila suhu mencapai lebih dari 41°C, biasanya penyebabnya bukan infeksi melainkan dikarenakan adanya kerusakan termoregulasi. (Patrick Davey : 2002) 


Pengertian Hipotermia

Apa yang dimaksud hipotermia dalam penjelajahan? Bagaimana mekanisme terjadinya hipotermia / proses terjadinya hipotermia?

Kita sering mengenal istilah ini dalam dunia media. Pengertian hipotermia adalah salah satu kondisi dimana tubuh tidak lagi bisa mengembalikan suhu panas karena suhu tubuh menurun secara cepat. Hipotermia ini membuat suhu pada tubuh Anda turun hingga mencapai angka 350C. Ketika suhu tubuh turun maka anggota tubuh lainnya seperti sistem saraf, jantung, tidak akan dapat berfungsi dan bekerja secara optimal. Jika hipotermia ini terjadi dan tidak segera diobati, maka akan terjadi kegagalan total pada pernapasan dan jantung yang ujung-ujungnya bisa berakibat pada kematian.

Apa penyebab hipotermia ? Penyebab hipotermia adalah suhu udara yang sangat dingin. Hipotermia juga bisa terjadi pada siapa saja tanpa terkecuali, namun ada beberapa resiko yang akan membuat penyakit ini semakin meningkat antara lain:

  • Terlalu lama berada di tempat yang udaranya sangat dingin atau sedang hujan lebat, misalnya para pendaki gunung
  • Tidak segera berpindah tempat saat kehujanan dan tidak mengganti pakaian saat pakaian tersebut terkena hujan
  • Suhu udara di dalam ruangan tidak mendukung alias dingin, sehingga hipotermia ini akan sangat mudah terkena pada manula dan bayi
  • Tidak mengenakan pakaian hangat saat cuaca sedang dingin
  • Mengonsumsi obat-obat tertentu seperti antidepresan yang sangat dapat mempengaruhi temperatur tubuh
  • Mengonsumsi minuman keras yang akan mengakibatkan percepatan pelepasan panas tubuh sehingga mudah kedinginan

Pengertian Hipertermia

Apa pengertian hipertermia dan tanda gejala hipertermia ?

Pengertian hipertermia adalah peningkatan suhu tubuh manusia karena adanya infeksi. Hipetermia juga dapat dikatakan sebagai suatu kondisi dimana suhu tubuh sangat tinggi atau panas, bisa mencapai 37,800C sampai 38,800C. Hipetermia ini biasa terjadi pada seorang bayi dan anak yang usianya di bawah 4 tahun serta orang tua yang sudah lansia (umurnya diatas 65 tahun).

Untuk mengatasi gejala ini, biasanya seseorang akan disuruh untuk melakukan berbagai aktivitas yang banyak mengeluarkan keringat. Karena faktanya pengeluaran keringat dapat menurunkan suhu tubuh. Namun ada saatnya suhu tubuh meningkat sangat cepat sehingga keluarnya keringat tidak terlalu berpengaruh.

Penyakit hipetermia ini sangat mudah terjadi pada orang yang kelebihan berat badan, orang sakit, atau sedang berada pada pengobatan tertentu. Suhu tubuh yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada otak dan organ vital lainnya dalam tubuh manusia. maka dari itu penyakit ini harus segera ditangani agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian hipotermia dan hipertermia. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian hipertermia dan hipotermia secara umum ya ! Baca juga pengertian gigi susu dan tetap 🙂