1. Pengertian hirarki organisasi pada pengambilan keputusan itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan hirarki organisasi perusahaan ?
  3. Apa arti hirarki organisasi ? Apa itu hirarki organisasi ?
  4. Apakah tujuan hirarki dalam organisasi ?

Pengertian Hirarki Organisasi Menurut Para Ahli


Definisi hirarki organisasi adalah :

Pengertian hirarki organisasi adalah suatu sistem tingkatan pembagian tugas dan peran dari tiap-tiap elemen organisasi yang dibagi menjadi 3 tingkatan yaitu 1) Top level management (manajemen puncak) adalah tingkat manajemen yang paling atas dan punya otoritas paling tinggi pada sebuah organisasi perusahaan sekaligus bertanggungjawab langsung kepada pemilik perusahaan 2) Middle Level of Management (Manajemen tingkat menengah) adalah tingkat manajemen yang bertanggungjawab atas pelaksanaan rencana yang sudah ditentukan oleh top level management 3) Low Level Management (Manajemen Lini / Pelaksana) adalah tingkatan manajemen yang paling rendah dalam sebuah organisasi perusahaan. Manajemen lini bertugas untuk mengawasi kinerja dan memimpin  tenaga operasional, serta tidak membawahi manajer yang lain. 


Apa Itu Hirarki Organisasi?

Pengertian hirarki organisasi adalah tingkatan hubungan yang terjadi antara atasan dengan bawahan di dalam suatu organisasi yang mengakibatkan adanya rantai komando atau batasan yang terjadi antara keduanya dalam suatu organisasi.

Apakah tujuan hirarki dalam organisasi? Adanya hirarki dalam organisasi akan mengakibatkan aliran informasi juga akan berjalan sesuai tingkatannya. Begitu juga dengan lapisannya, dimana hirarki bawah akan merasa segan atau sungkan pada hirarki atas. Penyampaian usulan juga dilaksanakan tidak sembarangan, namun harus sesuai dengan tingkatannya dimana hirarki bawah menyampaikan kepada atasannya, atasannya menyampaikan kepada atasannya lagi, dan begitu seterusnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut akan dibahas mengenai hirarki manajemen dalam suatu organisasi.

  1. Pengertian Manajemen Tingkat Atas

Pengertian manajemen tingkat atas adalah manajemen yang mempunyai tingkat perencanaan strategis dan berhak untuk mengambil keputusan. Hirarki atas ini biasanya bertanggung jawab penuh pada aspek apa saja yang ada pada organisasi secara keseluruhan. Menetapkan perencanaan, menentukan rencana jangka panjang organisasi, menyusun standard operasional, membangun interaksi di dalam lingkungan organisasi, dan mengambil keputusan. Jika seseorang berada pada posisi tingkat atas, maka ia juga berhak untuk mendapatkan informasi secara menyeluruh berupa ringkasan pelaksanaan pada periode tertentu. Pekerjaan yang biasa ada pada manajemen tingkat atas ini adalah direktur, dan wakil direktur.

  1. Pengertian Manajemen Tingkat Menengah

Apa saja tugas manajemen tingkat menengah / fungsi manajemen tingkat menengah ?

Tugasnya adalah bertanggung jawab atas pengelolaan organisasi yang didasarkan pada departemen-departemen tertentu berdasarkan divisi dan wilayah. Merumuskan rencana dan sasaran operasional jangka menengah, merumuskan strategi, menyusun prosedur pelaksanaan, dan melakukan pengendalian terhadap departemen yang menjadi bagiannya dari tanggung jawabnya. Manajemen ini biasanya membutuhkan informasi dari manajemen tingkat bawah, seperti tentang persediaan barang yang mana manajemen bawah wajib melaporkan informasi ringkas mengenai daftar produk yang paling laku di pasaran sehingga persediannya dapat ditingkatkan lagi dan stoknya jangan sampai kosong. Posisi pada manajemen ini adalah kepala divisi, dan manajer wilayah.

  1. Pengertian Manajemen Tingkat Bawah

Apa tugas manajemen tingkat bawah pada perusahaan? Tugasnya adalah melakukan pelaksanaan dari sejumlah rencana operasional yang sudah ditetapkan oleh manajemen tingkat atas. Selain itu, manajemen bawah juga wajib untuk membuat keputusan jangka pendek berdasarkan arah kebijakan, dan mengendalikan pelaksanaan harian. Posisi yang ada pada manajemen ini adalah pimpinan proyek, supervisor, dan kepala departemen.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian hirarki organisasi. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian hirarki organisasi pada pengambilan keputusan secara umum ya ! Baca juga pengertian hipotermia dan hipertermia 🙂