1. Pengertian hirarki secara umum itu apa sih ?
  2. Apa pengertian hirarki menurut para ahli?
  3. Apa yang dimaksud dengan hirarki ?
  4. Apa arti kata hirarki ? Apa itu hirarki ?

Pengertian Hirarki Menurut Para Ahli


Definisi hirarki adalah :

Pengertian hirarki adalah pengelompokan elemen-elemen ke dalam beberapa kumpulan yang sama / homogen, dan menata kumpulan-kumpulan ini pada tingkat yang berbeda. Contoh hirarki yang paling sederhana adalah yang berbentuk linear yaitu yang turun atau naik dari satu tingkat ke tingkat yang lain. (Saaty : 1991)

Pengertian hirarki adalah suatu sistem yang level / tingkatan-tingkatan keputusannya berstratifikasi dengan beberapa elemen keputusan di setiap tingkatan keputusan. (Permadi, 1992) 


Pengertian Hirarki Secara Umum

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) hierarki atau hirarki berarti (1) urutan tingkatan atau jenjang jabatan (pangkat kedudukan), (2) organisasi dengan tingkat wewenang dari yang paling bawah sampai yang paling atas, (3) Bio deretan tataran biologis seperti famili, genus, spesies, (4) Kat kumpulan pembesar gereja yang diatur menurut pangkat.

Jadi secara umum pengertian hirarki adalah suatu susunan terhadap suatu hal (nama, nilai, kategori, objek, dan lain sebagainya) yang digunakan untuk menjelaskan suatu posisi apakah berada di bawah, di atas, atau berada pada tingkatan yang sama dengan yang lainnya. Singkatnya, hirarki adalah suatu hal yang disusun. Hal-hal yang tadi nanti akan disusun itu ke dalam beberapa elemen dan akan dinilai untuk mengambil suatu keputusan. Penyusunan berbagai elemen dilakukan dengan cara mengelompokkan elemen-elemen yang sejenis (homogen) terlebih dahulu, barulah ke elemen-elemen yang sifatnya heterogen.

Elemen-elemen dalam hirarki memiliki keterkaitan antara yang satu dengan yang lainnya, dan sasaran utamanya akan turun pada sub tujuan-tujuan kemudian kebijakan, dan penerapan strategi yang tepat untuk mencapai hal yang diinginkan.

Secara umum, hirarki dapat dibedakan menjadi dua bentuk yaitu hirarki struktural dan fungsional :

  • Pengertian Hirarki Struktural

Pengertian hirarki struktural adalah susunan hal dengan menguraikan masalah kompleks terlebih dahulu lalu memecah bagian tersebut ke beberapa sub bagian-bagian  atau elemen-elemennya lalu dikelompokkan berdasarkan persamaan ciri, bentuk, jumlah, ukuran, warna, dan lain sebagainya

  • Pengertian Hirarki Fungsional

Pengertian hirarki fungsional adalah susunan suatu hal dengan menguraikan bagian-bagian kompleks terlebih dahulu kemudian akan dibagi sesuai dengan masalah essensialnya. Contoh: masalah pemilihan ketua organisasi dapat diketahui tujuannya adalah untuk mencari sosok seorang ketua. Berbagai kriteria juga akan ditetapkan, dan diharapkan kriteria tersebut sesuai dengan sosok seorang calon pemimpin tersebut.

Hirarki bisa terjadi secara langsung maupun tidak langsung, secara vertikal maupun horizontal. Tautan hirarki secara langsung dapat dilakukan dengan pelimpahan wewenang dari posisi atas ke posisi bawah. Tautan hirarki tidak langsung dapat dilakukan dengan perluasan secara vertikal atau dengan cara horizontal (kedudukan yang sama) atau ke posisi yang berada lebih di bawah lagi. Namun hirarki ini pada dasarnya memiliki otoritas yang hampir sama, hanya saja tanggung jawabnya yang berbeda.


Itulah penjelasan pengertian hirarki secara singkat. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian hirarki secara umum ya ! Baca juga pengertian hirarki organisasi 🙂