1. Pengertian holoenzim dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan holoenzim ?
  3. Apa arti kata holoenzim ? Apa itu holoenzim ?
  4. Apa pengertian holoenzim apoenzim koenzim ?
  5. Apa pengertian dan fungsi holoenzim ?

Pengertian Holoenzim Menurut Para Ahli


Arti holoenzim dan contohnya adalah :

Pengertian holoenzim adalah enzim yang mengandung subunit protein berganda, contohnya seperti DNA polimerase. Dapat dikatakan bahwa definisi holoenzim adalah enzim kompleks yang lengkap mengandung keseluruhan subunit yang diperlukan agar menjadi aktif. (R. Susanti : 2017)


Jika kita bisa meneropong ke dalam tubuh dan melihat berbagai proses yang terjadi di dalamnya maka kita akan dibuat tercengang betapa kompleksnya reaksi-reaksi kimia yang berlangsung di dalam tubuh.

Aktivitas sederhana seperti meminum air dan bernapas saja melibatkan sejumlah reaksi kimia di dalam tubuh. Agar reaksi-reaksi kimia di dalam tubuh dapat berjalan lancar dan cepat maka diperlukan enzim, semacam senyawa protein yang dihasilkan di dalam tubuh.

Tanpa enzim seluruh reaksi-reaksi kimia di dalam tubuh akan berjalan lambat sehingga tubuh kita akan mengalami berbagai gangguan. Meskipun enzim bertugas mempercepat laju reaksi kimia di dalam tubuh, namun enzim tidak ikut diproses dalam reaksi tersebut.

Ada begitu banyak jenis enzim yang mempunyai tugas tersendiri di dalam tubuh, ada yang bertugas membantu pencernaan makanan, membersihkan darah, memecah toksin, mencerna protein, dan lain sebagainya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa enzim merupakan senyawa protein yang berarti enzim disusun atas protein.

Namun ada pula jenis enzim yang tidak hanya tersusun atas protein (apoenzim), ada unsur lain di dalamnya yang disebut gugus kofaktor yang bukan golongan protein. Enzim yang terdiri dari molekul protein dan kofaktor ini disebut dengan holoenzim.

Istilah holoenzim juga digunakan untuk jenis enzim yang terdiri dari subunit protein berganda. Sehingga dapat dikatakan bahwa holoenzim merupakan enzim yang lengkap dan kompleks.

Kofaktor pada holoenzim dapat tersusun atas zat organik seperti heme dan flavin serta zat anorganik seperti ion-ion logam (seng, tembaga, besi, chlor, fluor, dan lain sebagainya).

Kofaktor pada holoenzim bersama-sama dengan molekul protein membentuk suatu ikatan, ada yang ikatannya kuat yang disebut gugus prostetik dan ada pula yang ikatannya tidak begitu kuat sehingga akan melepaskan diri ketika bereaksi yang disebut koenzim.

Contoh holoenzim adalah enzim katalase yang bertugas mempercepat penguraian hidrogen peroksida menjadi oksigen dan air. Enzim katalase terdiri dari molekul protein dan gugus heme sebagai kofaktornya. Enzim ini memiliki empat gugus heme dan empat rantai polypeptide.

Ada juga enzim karbonat anhidrase dengan kofaktor berupa seng. Enzim ini berfungsi untuk menstabilkan karbon dioksida di dalam tubuh baik tubuh manusia, hewan, maupun tumbuhan.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian holoenzim dan contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian enzim holoenzim secara umum ya ! Baca juga pengertian apoenzim & pengertian enzim dan koenzim 🙂