1. Pengertian hukuman mati itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan hukuman mati ?
  3. Apa arti kata hukuman mati ?
  4. Apa itu hukuman mati ?
  5. Apa perbedaan hukuman mati dan seumur hidup ?

Pengertian Hukuman Mati Menurut Para Ahli


Arti hukuman mati adalah :

Pengertian hukuman mati adalah suatu vonis atau hukuman yang dijatuhkan pengadilan atau tanpa pengadilan sebagai bentuk hukuman paling berat yang dijatuhkan atas seseorang akibat perbuatannya. (E. Utrecht : 1968)

Arti hukuman mati adalah suatu usaha pembunuhan yang dilakukan secara sengaja oleh pengadilan resmi negara yang berdasarkan atas tindak kejahatan yang sudah dilakukan oleh terpidana. (W.J.S.Poerwodarminta : 1983)

Definisi hukuman mati adalah salah satu jenis pidana pokok yang dapat dijatuhkan kepada para pelaku tindak pidana yang dapat dikategorikan sebagai kejahatan berat, antara lain yaitu : makar terhadap Presiden dan Wakil Presiden, membantu musuh pada saat perang, membujuk negara asing untuk berperang atau bermusuhan, pencurian dan pemerasan dengan tindakan kekerasan yang mengakibatkan luka berat atau mati, pembunuhan berencana, pembajakan di pesisir, sungai dan di laut yang mengakibatkan kematian dll. (pengertian hukuman mati menurut undang-undang KUHP pasal 10)


Hukuman mati adalah suatu hukuman terberat yang diberikan kepada seorang tersangka tersangka akibat suatu perbuatan yang dilakukannya. Hukuman ini diberikan oleh lembaga pengadilan maupun tanpa pengadilan.

Hukuman mati ini sebenarnya sudah ada sejak zaman kerajaan. Hukuman mati diberikan kepada seseorang apabila kesalahan yang dilakukannya sudah kelewat batas dan merugikan banyak orang. Hukuman ini diberikan dengan tujuan agar tercipta kedamaian dan keamanan pada wilayah kerajaan saat itu. Berbagai macam cara hukuman mati yang dilakukan seperti pancung, diseret dengan kuda, dan dibakar.

Pada tahun 2005, setidaknya sudah ada dua ribuan orang yang dieksekusi mati di 22 negara termasuk Indonesia. Namun 94 besar dari pelaksanaan hukuman mati hanya dilakukan oleh beberapa negara saja diantaranya Iran, Tiongkok, Arab, dan Amerika Serikat. Saat ini hukuman mati memang sudah dihapuskan di berbagai macam negara, namun ada saja yang masih menerapkan jenis hukuman mati ini seperti Iran, India.

Berbagai macam metode pelaksanaan hukuman mati, diantaranya:

  • Hukuman pancung, jenis hukuman yang dilakukan dengan pemenggalan kepala orang yang melakukan tindak pidana
  • Hukuman gantung, hukuman dengan cara menggantungkan diri pada tiang gantungan
  • Sengatan listrik, hukuman dengan pemberian aliran atau tegangan listrik yang sangat tinggi kepada tersangka dan dilakukan dengan cara duduk di kursi
  • Rajam, jenis hukuman dengan dilempar batu sampai mati
  • Kamar gas, jenis hukuman dengan membawa si tersangka pada sebuah ruangan yang mengandung gas beracun
  • Suntik mati, pemberian obat tertentu pada jarum suntik yang nantinya akan disuntikkan kepada tersangka hingga ia mati
  • Hukum tembak, dilakukan dengan cara menembak jantung seseorang
  • Hukuman gajah, jenis hukuman dimana tersangka dibaringkan dan tubuhnya diinjak oleh gajah

Di Indonesia sendiri, banyak kalangan yang menentang pemberian hukuman mati kepada seseorang karena beberapa alasan diantaranya:

  • Bertentangan dengan konstitusi Indonesia dan melanggar Hak Asasi Manusia (HAM)
  • Dianggap sebagai jenis hukuman yang sangat kejam dan tidak manusiawi
  • Penderitaan mendalam yang dirasakan oleh keluarga si korban akibat pemberian hukuman yang dianggap tidak layak
  • Status warna negara Indonesia akan terancam di luar negeri
  • Merugikan negara Indonesia sendiri dikalangan internasional
  • Tidak menimbulkan efek jera sama sekali karena dalam praktiknya masih banyak orang yang bertindak sewenang-wenang tanpa memperhatikan hukuman yang nanti akan diterimanya
  • Tidak sejalan dengan arah pembaruan hukum pidana yang ada di Indonesia
  • Rapuhnya sistem hukum yang menyebabkan seringnya terjadi kesalahan pemberian hukuman yang mengakibatkan kerugian pada korban (tersangka)
  • Sudah banyak negara internasional yang meninggalkan jenis hukuman mati ini

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian hukuman mati. Semoga kalian bisa menjelaskan apa perbedaan hukuman mati dan hukuman seumur hidup secara umum ya ! Baca juga pengertian hukuman seumur hidup 🙂