1. Pengertian hukuman seumur hidup itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan hukuman seumur hidup ?
  3. Apa arti hukuman seumur hidup di Indonesia ?
  4. Apa itu hukuman seumur hidup ?
  5. Apa pengertian hukuman seumur hidup dalam kuhp ?

Pengertian Hukuman Seumur Hidup Menurut Para Ahli


Arti hukuman seumur hidup adalah :

Pengertian hukuman seumur hidup adalah jenis hukuman pidana absolut, yang pada dasarnya hampir sama dengan pidana mati yang bersifat definite sentence (pasti) karena hukuman pidana dikenakan dalam jangka waktu a definite periode of time (yang pasti) yaitu menjalani pidana sepanjang hidupnya, meskipun orang yang dihukum pidana tersebut tidak tahu pasti berapa lama masa hidupnya di dunia ini. (Barda Nawawi Arif : 2008)

Definisi hukuman seumur hidup adalah hukuman penjara yang diperuntukkan bagi kejahatan-kejahatan yang sangat berbahaya, contohnya seperti pembunuhan. (A. Djazuli dalam buku Fiqh Jinayah : 1997) 


Secara umum, pengertian hukuman seumur hidup adalah salah satu jenis hukuman penjara yang akan dijalani oleh orang tersangka atau orang yang terpidana melakukan tindak kejahatan selama masa hidupnya. Ukuran waktunya ditentukan berdasarkan berapa lama yang terpidana itu hidup di dunia ini. Hukuman ini bisa lepas atau selesai jika yang terpidana telah tiada atau telah meninggal.

Contohnya si A dijatuhkan vonis pada umur 30 tahun, dan ia menghembuskan napas terakhirnya pada umur 64 tahun maka lamanya ia dipenjara adalah 34 tahun. Begitu juga dengan si B, ia dipenjara sewaktu berumur 25 tahun namun 2 tahun kemudian ia menghembuskan napas terakhirnya maka dapat dikatakan bahwa si B telah selesai menjalani hukuman tersebut karena ia sudah tiada.

Hukuman penjara seumur hidup ini diatur didalam KUHP pasal 12 ayat (1). Namun seringkali ada kerancuan yang timbul dimana seseorang mengartikan bahwa hukuman seumur hidup akan dijalankan oleh si terpidana berdasarkan usianya saat itu. Misalnya ia dipenjara pada umur 23 tahun, maka ia akan berada dipenjara selama 23 tahun juga. Dengan kata lain ia akan bebas ketika berumur 46 tahun. Hal seperti ini tentu saja akan melanggar ketetapan yang ada pada KUHP pasal 12 ayat (4) yang berbunyi tindak pidana selama waktu tertentu tidak boleh melebihi dua puluh tahun.

Contoh lainnya: si A dihukum saat berumur 17 tahun, maka ia akan menjalani hukumannya selama 17 tahun ke depan juga. Kasus seperti memang sedikit membingungkan dan membuat kita berkata “mengapa hakim tidak langsung menghukum yang terpidana selama 17 tahun saja?”

Dari contoh kasus di atas dapat disimpulkan bahwa hukuman seumur hidup akan dijalankan oleh yang terpidana selama masa hidupnya. Namun ketentuan hukuman seumur hidup terkadang diberikan grasi (keringanan hukuman) oleh Pemerintah bagi si terpidana apabila setelah ditelusuri secara langsung, tindak kejahatan yang dilakukan oleh si terpidana tidak seperti apa yang dikatakan oleh orang-orang, maka grasi boleh diberikan. Namun pemberian grasi ini harus juga disetujui oleh Mahkamah Agung (MA).


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian hukuman seumur hidup. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian hukuman seumur hidup menurut hukum pidana secara umum ya ! Baca juga pengertian cita-cita dan contohnya 🙂