1. Pengertian ikonografi dalam sejarah itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan ikonografi ?
  3. Apa arti kata ikonografi ? Apa itu ikonografi ?
  4. Apa contoh ikonografi ?

Pengertian Ikonografi Dalam Sejarah


Arti ikonografi adalah :

Sama seperti manusia, suatu ilmu pengetahuan tidak bisa hidup alias dipelajari secara mendalam tanpa adanya bantuan dari ilmu pengetahuan yang lain. Jika ilmu pengetahuan hanya berdiri seorang diri saja, kita sebagai manusia akan sulit untuk menelaah maksud dari ilmu tersebut. Dalam sejarah, kita mengenal beberapa istilah yang mana istilah yang satu berhubungan dengan istilah lainnya. Misalnya istilah epigrafi yang ada didalam arkeologi.

Selain epigrafi, ada ilmu ikonografi yang juga termasuk ke dalam kategori arkeologi. Istilah ikonografi berasal dari Bahasa Yunani Kuno (istilah dalam sejarah memang sering menggunakan bahasa Yunani juga Latin) yakni γραφειν (yang artinya menulis) & εικον (yang artinya gambar). Lalu apa sebenarnya pengertian ikonografi dalam sejarah?

Pengertian ikonografi adalah ilmu yang mempelajari tentang sejarah seni baik itu dengan melakukan identifikasi, deskripsi, dan interpretasi isi gambar. Pengertian ikonografi juga bermakna sebagai ilmu yang mempelajari teknik dan cara pembuatan arca atau patung dari zaman prasejarah hingga zaman sejarah.

Seperti yang kita ketahui, arca adalah bangunan lambang nenek moyang yang digunakan sebagai tempat pemujaan. Arca dan patung biasanya dibuat dari bahan tanah liat, logam (perunggu, perak, emas, dan batu. Arca dan patung itu sendiri sering ditempatkan dalam sebuah kuil, candi atau bahkan gereja.

Pada zaman dulu, pembuatan arca ditujukan bagi orang-orang penting yang mempunyai kekuasaan pada masa itu, seperti arca untuk raja dan ratu. Contoh arca atau patung yang ada di Indonesia seperti patung Gajah Mada (panglima perang di kerajaan Majapahit), Rajasa (pendiri kerajaan Singosari), Ken Arok, Kertanegara, Kertarajasa Jawardana (lebih dikenal dengan Raden Wijaya yang mendirikan Kerajaan Majapahit), Patung W.R. Supratman (pencipta lagu Indonesia raya), Patung Diponegoro, dan masih banyak lagi.

Selain patung yang ada di Indonesia, ada juga patung yang berasal dari zaman peradaban kuno yang dihasilkan oleh beberapa negara di dunia seperti Mesopotamia, Mesir, Indian, Persia, Yunani, Romawi, Cina, dan juga patung-patung atau arca lainnya yang berasal dari abad pertengahan di Eropa.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian ikonografi dalam sejarah. Semoga kalian bisa memahami pengertian ikonografi & contoh ikonografi secara umum ya ! Baca juga pengertian numismatik dalam sejarah 🙂