1. Pengertian imperium dunia itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan imperium ?
  3. Apa arti kata imperium ? Apa itu imperium ?
  4. Apa yang dimaksud dengan imperium romanum ?

Pengertian Imperium Menurut Para Ahli


Arti imperium adalah :

Pada zaman dulu hingga sekarang ada berbagai macam peradaban tumbuh dan berkembang, lalu runtuh, hancur, dan kemudian tidak menyisakan apa-apa lagi kecuali peradaban yang dikenal sebagai suatu sejarah. Kehancuran suatu peradaban disebabkan karena adanya serangan dari pihak luar, kalah perang, kemiskinan rakyat, terserang bencana alam, kekeringan yang berlangsung cukup lama, dan wabah penyakit yang datangnya entah darimana.

Seluruh peradaban yang pernah ada di dunia ini memiliki kebudayaan masing-masing. Perbedaan kebudayaan yang ada membuat peradaban ini unik dan kesannya berbeda antara peradaban yang satu dengan peradaban yang lainnya.

Suatu peradaban biasanya terbentuk berdasarkan garis keturunan. Suatu peradaban yang sudah hancur, akan memunculkan peradaban baru yang masih dipimpin oleh pemimpin peradaban lama berdasarkan garis keturunan. Jadi kalau dari awal sudah termasuk keturunan kaisar, maka sampai keturunan ke-sepuluh sekalipun ia masih tetap saja masih diangap sebagai keluarga kaisar. Garis keturunannya tidak akan pernah hilang begitu saja. Penggunaan kuasa seperti ini hampir sama seperti kasta “ksatria” dimana yang kaya akan tetap menjadi kaya dan yang miskin akan tetap miskin.

Ada banyak peradaban besar yang ada di dunia yang mungkin namanya sudah hilang, namun berkat adanya sejarah peradaban ini kembali muncul dan dikenal oleh masyarakat luas. Salah satu contoh peradabannya adalah Imperium. Istilah “imperium” ini sering digunakan dan sering kita dengar saat menonton film yang berbau kolosal yang bercerita tentang Kekaisaran Romawi.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengertian imperium adalah kerajaan atau kekaisaran. Pengertian imperium dalam bahasa Latin berarti sekelompok negara atau etnik tertentu yang memiliki daerah atau wilayah kekuasaan yang sangat luas, yang biasanya dipimpin oleh satu kekuasaan politik saja. Kekuasaan politik ini bersifat monarki, bisa juga bersifat oligarki.

Pada zaman dahulu atau zaman kuno, yang biasa diberi imperium adalah seorang raja. Raja ini seringkali disebut dengan imparator, dan seluruh wilayah kerajaannya disebut dengan imperium. Pendek kata, pengertian imperium adalah wilayah yang dikuasai oleh imparator dan imparator adalah penguasa suatu imperium, biasa disebut dengan raja atau kaisar.

Contoh Imperium : imperium romanum yaitu kekaisaran romawi kuno. Juga dapat kita lihat dalam film Alexander The Great (2004) dimana Alexander berhasil hampir menguasai seluruh belahan bumi mulai dari negara Mesir, India, Yunani dan Persia. Wilayah kekuasaannya sangat luas, tidak hanya terpaku hanya pada satu daerah atau negara saja. Namun meliputi beberapa wilayah bagian.

Politik dan Pemerintahan Romawi Kuno:

  • Kerajaan Romawi (753 SM – 509 SM)
  • Republik Romawi (508 SM – 27 SM)
  • Kekaisaran Romawi (27 SM hingga seterusnya)

Konstitusinya terdiri dari senat, maelis legislatif, dan hakim eksekutif. Terdapat hakim biasa dan hakim luar biasa. Jabatan yang biasanya dipakai dalam Kerajaan Romawi seperti kaisar, legatus, dux, officium, prefektus, dan masih banyak lagi.

Sedangkan dalam konteks modern, kita juga mengenal istilah imperium dunia. Pengertian imperium dunia adalah semua negara tidak boleh terpecah-pecah sehingga akan menghancurkan tatanan dunia ; negara-negara tersebut haruslah melebur menjadi satu negara saja yang dikuasai oleh seorang raja. Hal ini dikarenakan jika masih banyak negara-negara yang merdeka dan berdiri sendiri maka ketentraman dan perdamaian akan sulit untuk diwujudkan karena semuanya saling berkompetisi.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian imperium dunia. Semoga kalian bisa memahami pengertian imperium secara umum ya ! Baca juga pengertian paganisme 🙂