1. Pengertian ISO dalam fotografi itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud iso dalam fotografi ?
  3. Apa arti iso dalam fotografi / arti iso di kamera dslr ?
  4. Apa definisi iso dalam fotografi / pengertian iso kamera dslr?
  5. Apa fungsi iso pada kamera & teknik fotografi iso kamera ?

Pengertian ISO Dalam Fotografi


Apa pengertian iso pada fotografi / pengertian iso pada kamera dslr?

Untuk menghasilkan foto yang sempurna, seorang fotografer dituntut untuk mampu menguasai berbagai teknik fotografi yang ada. Selain itu, mereka juga dituntut mampu men-setting kamera mereka agar gambar yang dihasikan jernih, jelas, dan halus tanpa menimbulkan noise maupun blur. Pengaturan paling dasar dalam fotografi dan hampir semua orang tahu adalah pengaturan ISO (atau disebut ASA dalam fotografi film). Kepanjangan ISO kamera adalah International Standard Organization yang secara kata tidak mempunyai makna khusus.

Lalu apa sebenarnya pengertian ISO dalam photography itu & berapa ukuran ISO kamera yang bagus ?

ISO adalah tingkat sensitivitas sensor yang ada pada kamera terhadap cahaya. Hal ini berarti semakin tinggi ISO yang kita gunakan  maka semakin tinggi pula  tingkat sensitivitas sensor terhadap cahaya begitu pula sebaliknya. Pengaturan ISO juga berimplikasi pada terang tidaknya sebuah foto, penggunaan ISO rendah akan menyebabkan gambar yang ditimbulkan tidak terang secara berlebihan. Sedangkan ketika ISO yang digunakaan sangat tinggi, hal ini akan menyebabkan foto yang dihasilkan menjadi terang. Penggunaan ISO tinggi biasanya digunakan pada keadaan pencahayaan kurang atau low light. Namun, penggunaan ISO yang terlalu tinggi dapat menyebabkan timbulnya noise. Meskipun begitu, noise yang merupakan efek dari penggunaan ISO tinggi dapat diatasi dengan pengaturan diafragma kamera serta kecepatan shutter speed kamera.

Apa pengaruh iso pada kamera & seberapa penting iso dalam pemotretan?

Jika dirangkum, dalam skala ISO kecil akan berimplikasi pada  1) sensor kamera akan kurang sensitive terhadap cahaya, 2) cahaya yang ditangkap lebih sedikit, 3) untuk menghasilkan exposure yang bagus dibutuhkan cahaya banyak, 4) Grain atau noise yang dihasilkan lebih sedikit. Hal ini pun berlaku jika ISO yang digunakan tinggi maka akan berimplikasi pada 1) sensor pada kamera akan menjadi lebih sensitif terhadap cahaya, 2) cahaya yang diambil akan lebih banyak, 3) untuk menghasilkan exposure yang baik hanya perlu pencahayaan seadanya (tidak terlalu banyak, serta  4) noise dan grain lebih banyak.

Untuk menghasilkan foto dengan komposisi yang baik, berikut ini adalah hal hal yang perlu diperhatikan sebelum mengatur ISO:

  1. Cahaya – apakah cahaya banyak atau sedikit.
  2. Grain – apakah foto yang dihasilkan nanti ingin ditambahkan efek grain atau tidak.
  3. Tripod – apakah dalam memotret menggunakan tripod, tripod sangat penting sebagai image stabilizer serta mengatasi shake.
  4. Subjek – apakah subjek yang akan difoto bergera atau diam.

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian iso dalam fotografi. Semoga kalian bisa mengenal fungsi iso pada kamera ya!