1. Pengertian jasa keuangan dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan jasa keuangan ?
  3. Apa arti kata jasa keuangan ? Apa itu jasa keuangan ?
  4. Apa definisi jasa keuangan dan contohnya ?

Pengertian Jasa Keuangan Menurut Para Ahli


Arti jasa keuangan adalah :

Pengertian jasa keuangan adalah lembaga-lembaga yang melakukan kegiatan disektor perbankan, dana pensiun, perasuransian, pasar modal, lembaga pembiayaan, dan lembaga jasa keuangan lainnya. (Ikatan Bankir Indonesia – 2013)

Definisi jasa keuangan adalah suatu produk dan jasa keuangan yang disediakan oleh penyedia jasa keuangan, seperti bank, layanan pembayaran, bank daerah, perusahaan asuransi, koperasi, atau bahkan penyedia e-money. Contoh produk-produk dan jasa ini adalah: pinjaman, deposito berjangka, simpanan, pertukaran uang asing, transfer domestik dan internasional, dan ketentuan asuransi seperti asuransi jiwa, kesehatan, atau asuransi kendaraan bermotor.

Pengertian jasa keuangan syariah adalah lembaga jasa keuangan yang menyelenggarakan / melakukan seluruh atau sebagian usahanya dengan prinsip syariah. (peraturan otoritas jasa keuangan republik indonesia nomor 15 /pojk.05/2019 tentang tata kelola dana pensiun) 

Pengertian jasa keuangan perbankan adalah suatu badan usaha yang berada di bawah pengawasan dan pengaturan OJK yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan serta menyalurkan dana tersebut kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan / atau bentuk-bentuk lainnya. Adapun usaha yang dilakukan lembaga jasa keuangan perbankan ini antara lain mengumpulkan dana simpanan dari masyarakat yang berupa tabungan dan menghimpun dana masyarakat yang berupa deposito.

Pengertian jasa keuangan non perbankan adalah lembaga-lembaga yang melakukan kegiatan keuangan selain bank contohnya asuransi, dana pensiun, pasar modal dsb.

Pengertian jasa keuangan milik dana pensiun adalah badan hukum yang mengelola dan menjalankan program yang menjanjikan manfaat pensiun sebagaimana tertuang di dalam undang-undang mengenai dana pensiun.

Pengertian jasa keuangan lainnya adalah pegadaian, lembaga pembiayaan ekspor Indonesia, lembaga penjaminan, perusahaan pembiayaan sekunder perumahan, dan lembaga yang menyelenggarakan pengelolaan dana masyarakat yang bersifat wajib, seperti pensiun, program jaminan sosial, dan kesejahteraan serta lembaga jasa keuangan lainnya yang dinyatakan diawasi oleh OJK yang berdasarkan pada peraturan perundang-undangan.


Arti Jasa Keuangan

Jasa keuangan adalah sebutan yag lebih populer atau sering digunakan oleh lembaga yang memberikan dan menyediakan jasa dalam bidang keuangan. Jasa keuangan juga merujuk pada bidang untuk mengelola pendanaan. Lembaga keuangan yang dimaksud bisa seperti bank, koperasi, sekuritas, perusahaan pembiayaan konsumen, perusahaan asuransi, perusahaan kartu kredit, dan lain sebagainya. Pada tahun 2004, jasa keuangan merupakan suatu industri dengan pendapatan terbesar yakni sebesar 20 persen mewakili kapitalisasi pasar yang ada di dunia.

Jasa keuangan juga erat kaitannya dengan bidang akuntansi untuk mencatat berbagai macam bukti transaksi baik pengeluaran maupun pemasukan yang ada pada perusahaan. Jasa keuangan yang demikian biasanya ditawarkan oleh para akuntan profesional.

Apa contoh jasa keuangan / contoh industri jasa keuangan ? Berikut ini adalah daftar lembaga atau perusahaan yang bergerak pada bidang jasa keuangan, antara lain:

Perusahaan Penjamin Kredit

Adalah salah satu jenis perusahaan yang berbadan hukum dan bekerja pada bidang keuangan, dimana kegiatan pokok dari perusahaan tersebut adalah untuk memberikan pinjaman kredit kepada para nasabah atau konsumen yang membutuhkan dana. Perusahaan penjamin kredit bertujuan untuk membantu para usaha kecil, menengah, maupun usaha mikro yang memang membutuhkan dana dalam pengembangan usahanya.

Perusahaan Penjamin Infrastruktur

Adalah salah satu bentuk usaha persero yang kegiatan pokoknya adalah untuk memberikan jaminan-jaminan kepada perusahaan yang bekerja sama dengan lembaga pemerintahan dalam hal proyek yang berbau infrastruktur.

Lembaga Penjamin Ekspor Indonesia

Berdasarkan UU No.2 tahun 2009, tujuan dari pembentukan Lembaga Penjamin Ekspor Indonesia ((LPEI) ini adalah membantu dan mendukung berbagai kebijakan yang dibuat oleh pemerintah dalam mendorong ekspor barang-barang hasil produksi dalam negeri menuju negara-negara tertentu yang ada di dunia.

Perusahaan Pembiayaan Sekunder Perumahan

Berfungsi untuk menyediakan berbagai jasa dalam pendanaan atau pembiayaan perumahan.

Perusahaan Pegadaian

Dibentuk untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama pada sektor usaha kecil dan menengah dalam hal penyediaan pendanaan dengan bunga yang relatif kecil.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial

Disebut juga dengan BPJS. Pembentukannya berdasarkan UU No. 24 tahun 2014, dan memberikan jaminan yang berupa jaminan kematian, kecelakaan, kesehatan, pensiunan, dan jaminan hari tua.

Lembaga Keuangan Mikro

Ergerak khusus pada bidang pemberian jasa pengembangan usaha dan pemberdayaan kondisi ekonomi dalam masyarakat.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian jasa keuangan dan contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian jasa keuangan secara umum ya ! Baca juga biaya produksi dan nonproduksi 🙂