1. Pengertian jasad renik dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan jasad renik ?
  3. Apa arti kata jasad renik ? Apa itu jasad renik ?
  4. Apa contoh jasad renik ?
  5. Apa ciri ciri jasad renik ?

Pengertian Jasad Renik Menurut Para Ahli


Arti jasad renik adalah :

Definisi jasad renik adalah jasad renik adalah makhluk hidup yang ukurannya sangat kecil dan tidak dapat dilihat secara kasat mata melainkan harus dilihat dengan bantuan mikroskop. Contohnya jasad renik adalah amuba, ragi, virus, dan bakteri. (Undang-undang HAKI) 

Pengertian jasad renik adalah makhluk yang sangat kecil yang pada umumnya diperlukan alat bantu seperti kaca pembesar atau mikroskop untuk dapat melihatnya. Makhluk yang termasuk jasad renik contohnya adalah bakteri, virus dan jamur. (Siti Badriyah Rushayati : 2007) 


Secara umum pengertian jasad renik adalah mikro organisme, yang memiliki arti makhluk hidup yang memiliki satu atau beberapa kumpulan sel yang terdiri dari mikron (1 mikron = 0,001 mm). Karena ukurannya yang sangat kecil dan nyaris tidak bisa diliht dengan mata telanjang, maka untuk dapat mengamati keberadaannya digunakanlah mikroskop elektron. Jasad renik tidak hanya berbentuk bakteri tetapi juga dapat berupa jamur atau kapang, khamir, protozoa, dan virus.

Setiap proses penguraian yang dilakukan oleh jasad renik bisa mengakibatkan perubahan baik kimia maupun secara fisik. Hasil penguraian dari jasad renik disebut “baik” apabila hasil dari penguraiannya menguntungkan, dan akan dikatakan “jahat” apabila hasil dari penguraiannya itu merugikan, contohnya adalah pembusukan yang terjadi pada makanan.

Di dalam tubuh, jasad renik juga mempunyai peranan terutama dalam proses enzimatik yang berhubungan dengan pengubahan senyawa organik (karbohidrat, protein, dan lemak) menjadi energi yang berupa senyawa anorganik. Oleh sebab itu, bahan makanan yang baru saja kita beli dan belum diproses atau masih utuh tetap saja didalamnya akan menggunakan peranan jasa renik baik yang menguntungkan maupun merugikan.

Apa saja jenis jasad renik / macam macam jasad renik ?

Jasad renik ada yang bersel tunggal dan ada yang multisel. Contoh jasad renik bersel tunggal adalah bakteri, protozoa, ganggang dan khamir. Sedangkan contoh jasad renik yang multisel adalah kapang dan beberapa jenis ganggang.

Manfaat Jasad Renik

Apa sajakah manfaat jasad renik / peran jasad renik dalam ekosistem yang ada di bumi ini?

  • Memiliki peranan dalam proses fermentasi atau peragian

Ada banyak bahan makanan yang melalui proses fermentasi terlebih dahulu sebelum dikonsumsi, seperti tempe, oncom, taoco, sosis, tapai, keju, kecap, bir, anggur, dan lain sebagainya. Contoh jasad renik yang berperan dalam proses peragian ini adalah rhizopus oligosporus dan rhizopus tolonifer dalam pengubahan kacang kedelai menjadi tempe.

  • Dapat meningkatkan gizi pada makanan

Dalam proses pembuatan tempe, jasad renik berperan untuk mengubah protein pada kacang kedelai menjadi asam amino yang sangat gampang diserap oleh tubuh manusia.

  • Dapat memperbaiki aroma dan rasa makanan

Bau dari kacang kedelai yang direbus akan berbeda jika dibandingkan dengan kacang kedelai yang sudah melalui tahap fermentasi dan menjadi bahan makanan seperti tempe. Juga pada proses fermentasi susu yang bau dan rasanya akan berubah setelah melalui tahap fermentasi menjadi olahan yoghurt, dan sebagainya.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian jasad renik dan contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan ciri ciri jasad renik secara umum ya ! Baca juga pengertian customer satisfaction dan contohnya 🙂