1. Pengertian jujur menurut bahasa dan istilah itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan jujur dalam islam ?
  3. Apa definisi jujur menurut bahasa dan istilah ?
  4. Apa arti kata jujur ? Apa itu jujur dalam islam ?

Pengertian Jujur Menurut Para Ahli


Arti jujur adalah :

Definisi jujur adalah mewartakan tentang suatu hal sesuai dengan faktanya, sedangkan dusta adalah mengabarkan tentang suatu hal yang berbeda dengan faktanya. (Dr. Ahmad Subhi Saleh : 2001)

Pengertian jujur adalah memberitahukan sesuatu dengan sebenarnya. Lawan jujur adalah dusta yaitu memberitakan sesuatu berlainan dengan yang sebenarnya walaupun dengan tidak sengaja. (Muhammad Al-Ghazali : 1993)

Pengertian jujur adalah (1) apa yang dikatakannya benar (2) apa yang dilakukan berdasarkan kenyataan (3) hati dan
ucapannya sama. (Najib Sulhan dalam Zainal Aqib : 2012)

Arti jujur adalah apabila berbicara bicaranya benar, apabila janji dia tidak ingkar dan apabila dipercaya dia tidak menyalahgunakannya. (Soegih Arto : 1989) 


Pengertian Jujur Secara Bahasa dan Istilah

Apa pengertian jujur secara bahasa dan etimologi ? Apa pengertian jujur dalam Islam ?

Secara bahasa, jujur itu berarti nyata, benar atau berkata benar. Jujur adalah lawan dari dusta atau kebohongan. Sifat jujur sangat sulit untuk dilakukan dan diterapkan oleh manusia. hanya orang-orang yang memang sudah terlatih dan sudah dibiasakan sejak kecil lah yang akan dengan mudah melakukan tindakan yang jujur. Seseorang yang memang sejak kecil sudah terbiasa dengan sikap tidak jujur akan terbawa dan menjadi kebiasaannya disaat besar nanti.

Dalam istilah jujur itu berarti kesesuaian antara ucapan dengan perbuatan yang dilakukan, kesesuaian antara informasi yang didapatkan dengan informasi yang disampaikan, ketegasan, kemantapan hati, dan segala sesuatu yang baik yang dalam tindakannya tidak dicampuri oleh tindakan yang mengarah pada perbuatan dusta.

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak orang yang ingin berbuat jujur. Namun lingkungan sekitar dan egoisme yang hanya mementingkan keuntungan diri sendiri terkadang membuat orang jauh dari perbuatan jujur.

Apa yang dimaksud dengan jujur dalam perbuatan ? Apa yang dimaksud dengan jujur dalam niat ?

Ada beberapa jenis pembagian sifat jujur, diantaranya:

  • Jujur dalam niat dan berkehendak, maksudnya adalah dorongan untuk berbuat baik dan jujur atas dasar kehendak dari Allah SWT
  • Jujur dalam perkataan secara lisan, maksudnya adalah apa yang hendak disampaikan sesuai dengan kenyataan ataupun informasi yang diterima. Orang jujur adalah orang yang bisa mempertahankan perkataannya tanpa adanya maksud atau tujuan lain dari tindak kejujuran yang ia lakukan. Barang siapa yang bisa menjaga lidahnya dalam berucap atau berkata-kata maka ia termasuk orang yang jujur. Juga bgi orang yang bisa menepati janjinya terhadap orang lain juga termasuk orang jujur
  • Jujur dalam perbuatan, maksudnya adalah melakukan perbuatan amal dengan sungguh-sungguh sesuai dengan apa yang ada di dalam batinnya. Dengan demikian perbuatan ini akan menjadi tabiat atau kebiasaan dalam diri seseorang

Jujur juga merupakan sikap yang tulus untuk melaksanakan segala bentuk amanat yang diperuntukkan baginya baik itu berupa tanggung jawab maupun harta. Orang yang melaksanakan amanat jujur dinamakan al-Amin karena sesuatu yang diamanatkan padanya aman dan terjamin dari segala bentuk gangguan yang berasal dari dirinya sendiri maupun orang lain.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian jujur menurut islam dan contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian jujur menurut bahasa dan istilah secara umum ya ! Baca juga pengertian jinayat dan contohnya 🙂