1. Pengertian kamera semi pro dslr itu apa sih ?
  2. Apa kelebihan dan kekurangan kamera semi pro dslr ?
  3. Apa perbedaan kamera dslr dan semi pro ?
  4. Apa yang dimaksud dengan kamera semi pro dslr ?
  5. Apa ciri ciri kamera semi pro dslr ?

Pengertian Kamera DSLR Semi Pro


Kamera DSLR Semi Profesional Canggih dan Tidak Mahal

Dalam dunia fotografi kita telah mengenal tools utama untuk membidik foto yakni kamera. Seiring perkembangan jaman dan teknologi, kamera pun lahir dengan berbagai macam varian jenis, seri, dan didukung fitur-fitur yang makin hari makin memfasilitasi fotografer untuk memuaskan hobi fotografinya. Rata-rata fotografer memiliki kamera DLSR. Kamera tipe ini menarik perhatian karena penggunaannya mudah dengan fitur yang sudah lengkap.

Kamera DSLR pun memiliki banyak macamnya. Ada yang disebut kamera DSLR entry level, ini biasanya diminati oleh fotografer pemula yang ingin memulai hobi fotografi. Kamera DSLR entry level memang sudah cukup memenuhi keperluan fotografi sehari-hari dengan fitur yang cukup lengkap, sangat cocok untuk yang mulai mencoba mendalami dunia fotografi.

Namun apabila dengan kamera DSLR entry level dinilai kinerjanya dan spesifikasinya atau butuh fitur yang lebih banyak, sedangkan ilmu yang dimiliki pemula itu sudah berkembang dan kemampuannya meningkat sehingga perlu diimbangi dengan kamera berspesifikasi lebih. Namun untuk memiliki kamera professional yang harganya puluhan juta rupiah, dinilai terlalu prestise dan investasi fotografi belum terlalu tinggi. Nah, kebutuhan kamera tersebut dijawab dengan kehadiran kamera semi pro, dengan harga lebih murah dibanding dengan kamera professional namun sudah mendukung beberapa fitur yang ada pada kamera professional.

Kamera DSLR semi pro adalah kamera yang menggunakan sensor berukuran APS-C sehingga ada crop factor atau tidak selebar full frame foto yang dihasilkan nanti. Selain itu, yang lebih diminati pada kamera DSLR semi pro ini setting manual yang tersedia banyak, sehingga fotografer dengan kreativitasnya bebas mengeksplore kecanggihan dan kinerja kamera tipe ini.

Bagaimana cara menggunakan kamera semi pro dslr? Cara penggunaannya sama saja seperti kamera DSLR pada umumnya, hanya saja fiturnya agak sedikit lebih canggih. Kamera DSLR Semi pro ini biasanya digunakan kebanyakan orang untuk aktivitas yang komersial, namun mereka tidak membutuhkan kamera yang tahan banting, handal serta canggih dengan fitur maksimal seperti kamera professional. Rata-rata fotografer model iklan, fotografer pre wedding maupun wedding spot, fotografer produk barang dan selain profesi jurnalis foto, kebanyakan memang memilih kamera semi pro sebagai alat utama untuk mencari nafkah mereka di dunia fotografi.


Nah itulah penjelasan singkat mengenai pengertian kamera semi pro dslr. Semoga kalian bisa memahamiĀ kelebihan dan kekurangan kamera semi pro dslr secara umum ya !