1. Pengertian kantor akuntan publik itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan kantor akuntan publik ?
  3. Apa itu kantor akuntan publik ?
  4. Apa contoh kantor akuntan publik di Indonesia ?
  5. Apa pengertian kantor akuntan publik menurut ahli ?

Pengertian Kantor Akuntan Publik Menurut Para Ahli


Arti kantor akuntan publik adalah :

Pengertian kantor akuntan publik menurut Arens adalah sebuah organisasi yang bergerak di bidang jasa. Jasa yang diberikan KAP dapat berupa jasa audit kepatuhan (compliance audit), audit operasional, dan audit laporan keuangan. (Arens & Loebbecke : 2003)

Pengertian kantor akuntan publik adalah sebuah organisasi swasta yang bergerak di bidang jasa-jasa pemeriksaan, manajemen, akuntansi, perpajakan, dan pembukuan. (Hartadi : 2004)

Pengertian kantor akuntan publik adalah suatu bentuk organisasi para akuntan publik yang sudah memperoleh izin sesuai dengan UU yang memberikan jasa profesional di dalam praktek akuntan publik. (Mulyadi:2009)

Definisi kantor akuntan publik adalah organisasi yang dibentuk untuk memberikan jasa akuntansi profesional, termasuk audit. Pada umumnya didirikan sebagai kepemilikan pribadi atau persekutuan. (Messier, Grover & Prawitt : 2005)


Secara umum, pengertian Kantor Akuntan Publik (KAP) adalah sebuah badan usaha yang sudah mendapat izin dari menteri keuangan dan berfungsi sebagai tempat bagi akuntan publik dalam memberikan jasanya.

Kantor Akuntan Publik (KAP) bergerak di bidang jasa atestasi dan jasa non-atestasi. Pengertian jasa atestasi adalah jasa yang terdiri dari audit umum atas laporan keuangan perusahaan, melakukan pemeriksaan atas laporan keuangan prospekfif, pemeriksaan terhadap laporan informasi keuangan proforma, review atas laporan keuangan, dll. Sedangkan pengertian jasa non-atestasi adalah jasa yang berkaitan dengan akuntansi, keuangan, manajemen, perpajakan, konsultasi dan kompilasi.

Dari segi bentuk badan usaha Kantor Akuntan Publik terbagi menjadi :

  • Badan Usaha Perseorangan.

Badan Usaha Perseorangan adalah bentuk badan usaha KAP yang dibentuk dan dijalankan hanya oleh seorang akuntan publik dan sekaligus sebagai pemimpin badan usahanya.

  • Persekutuan Perdata disebut juga Persekutuan Firma.

Persekutuan Perdata (Persekutuan Firma) adalah bentuk badan usaha KAP yang didirikan oleh minimal 2 orang akuntan publik dan/atau 75% dari seluruh persekutuan tersebut adalah akuntan publik. Dalam Persekutuan Perdata (Persekutuan Firma), salah seorang dari antaranya disebut sebagai pemimpin dan yang lainnya disebut sebagai rekan (Partner).

Dalam setiap pembukaan Kantor Akuntan Publik (KAP) baik itu Badan Usaha perseorangan maupun Persekutuan Perdata, wajib memenuhi persyaratannya. Persyaratan pembukaan Kantor Akuntan Publik (KAP) Badan Usaha Perseorangan yaitu :

  1. Harus memiliki izin Akuntan Publik oleh Menteri Keuangan.
  2. Sebagai Keanggotaan IAPI (Institut Akuntan Publik Indonesia).
  3. 2 orang sebagai auditor tetap (Diploma III) dan min. 1 orang diantaranya min. tamatan S1.
  4. Memiliki NPWP.
  5. Mempunyai rancangan Sistem Pengendalian Mutu (SPM) KAP untuk memenuhi Standar Profesional Akuntan Publik (SPAP) dan minimal mencakup aspek kebijakan atas seluruh unsur pengendalian mutu.
  6. Domisili Pemimpin KAP sesuai dengan domisili KAP.
  7. Mempunyai tempat atau kantor untuk menjalankan usaha KAP.
  8. Surat Pernyataan bermaterai, terterah nama, alamat akuntan publik dan domsili kantor beserta tujuan pendirian kantor.
  9. Surat Permohonan disertai formulir permohonan izian usaha KAP dan membuat surat pernyataan tentang data persyaratan yang disampaikan dengan benar.

Adapun persyaratan untuk pembukaan Badan Usaha Persekutuan antara lain:

  1. Mempunyai NPWP KAP.
  2. Mempunyai perjanjian kerjasama dengan notaris secara sah.
  3. Mempunyai Surat Izin Akuntan Publik bagi pemimpin maupun rekan KAP.
  4. Mempunyai Tanda Keanggotaan IAPI yang masih berlaku.
  5. Mempunyai surat persetujuan menunjukan bahwa salah seorang diantara semua rekan adalah sebagai pemimpin rekan.
  6. Mempunyai bukti domisili KAP.

Contoh kantor akuntan publik big four di Indonesia / kantor akuntan publik terbesar di jakarta adalah sebagai berikut :

  • Deloitte Touche Tohmatsu
  • PricewaterhouseCoopers
  • Ernst & Young
  • KPMG

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian kantor akuntan publik dan contohnya. Semoga artikel tentang kantor akuntan publik ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Baca juga pengertian polimer dan contohnya 🙂