1. Pengertian kelangkaan dalam ilmu ekonomi dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan kelangkaan dalam ilmu ekonomi ?
  3. Apa arti kelangkaan dalam ilmu ekonomi ? Apa itu kelangkaan dalam ilmu ekonomi ?
  4. Apa penyebab kelangkaan dalam ilmu ekonomi  ?
  5. Apa contoh kelangkaan dalam ilmu ekonomi ?

Pengertian Kelangkaan Menurut Para Ahli


Arti kelangkaan dalam ilmu ekonomi adalah :

Pengertian kelangkaan dalam ilmu ekonomi adalah suatu kondisi dimana sumber daya ekonomi yang terbatas dihadapkan dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas. Penyebab terjadinya kelangkaan adalah keterbatasan sumber daya alam, bencana alam, kerusakan sumber daya alam akibat ulah manusia dan perkembangan jumlah penduduk. ( Annisa Rahmah Furqaani dkk : 2015 )

Definisi kelangkaan dalam ilmu ekonomi adalah adanya suatu kesenjangan antara kebutuhan yang tidak terbatas dengan sumber daya yang sifatnya terbatas. (Nana Supriatna dkk : 2007)

Pengertian kelangkaan adalah keadaan atau situasi ketika jumlah sumber daya yang ada dirasa tidak cukup atau kurang untuk memenuhi berbagai kebutuhan manusia. (Sri Pujiastuti : 2007) 


Sebagian teman-teman mungkin pernah mengalami kelangkaan barang-barang tertentu sehingga sulit mendapatkannya. Contohnya yang cukup sering terjadi adalah kelangkaan gas 3 kg. Dicari kesana kemari tidak ada, semua warung ditanyai tidak ada, bahkan pangkalan-pangkalan gas pun menyatakan stok mereka kosong.

Dan kalaupun ada yang menjual biasanya mereka mematok dengan harga jauh di atas harga normal sehingga mau tidak mau terpaksa dibeli atau menggunakan kompor minyak tanah. Sebagai orang awam dapat kita katakan bahwa suatu jenis barang disebut langka ketika orang-orang mulai sulit mendapatkannya.

Sementara dari sisi ilmu ekonomi, pengertian kelangkaan menurut ilmu ekonomi adalah sebagai suatu kondisi dimana jumlah sumber daya yang tersedia tidak seimbang atau tidak mencukupi terhadap sumber daya yang dibutuhkan. Atau bisa juga dikatakan sumber daya tersedia secara terbatas sehingga kurang atau tidak dapat memenuhi seluruh kebutuhan manusia.

Terbatas di sini memiliki dua makna. Pertama, terbatas yang berarti sumber daya yang tersedia tidak mencukupi semua kebutuhan, contohnya kelangkaan cabai di pasaran yang membuat masyarakat sulit mendapatkan cabai. Kedua, terbatas yang berarti diperlukan pengorbanan untuk mendapatkannya, contohnya makan di restoran mahal yang hanya dapat dilakukan dengan mengeluarkan biaya atau pengorbanan yang lebih besar dibandingkan makan di ampera atau warteg. Dalam hal ini makan di restoran mahal juga dapat disebut suatu kelangkaan.

Kelangkaan bersifat relatif sehingga jika terjadi kelangkaan maka tidak mutlak hal tersebut berlaku bagi semua orang. Contohnya saja kesempatan menikmati makanan di restoran mahal. Bagi kelompok masyarakat yang ekonominya menengah ke bawah hal ini merupakan sesuatu yang langka karena perlu pengorbanan besar (dari segi biaya atau tenaga yang dikorbankan untuk mendapatkan uang) untuk mendapatkannya.

Sementara bagi kelompok masyarakat atas hal ini merupakan sesuatu yang biasa dan tidak termasuk langka karena memang kemampuan ekonomi mereka yang tinggi.

Kelangkaan dapat terjadi pada berbagai sumber daya, baik sumber daya alam, sumber daya manusia, maupun sumber daya modal. Terjadinya kelangkaan tentu bukan tanpa sebab. Secara umum ada beberapa faktor penyebab terjadinya kelangkaan yaitu pertambahan penduduk yang kian meningkat, tingkat pendidikan yang masih rendah, rendah atau kurangnya motivasi, terbatasnya ketersediaan sumber daya alam, dan lain sebagainya.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian kelangkaan dalam ilmu ekonomi yang paling tepat. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian kelangkaan dalam ilmu ekonomi dan contohnya secara umum ya ! Baca juga pengertian logam berat dan logam ringan 🙂