1. Pengertian kelangkaan sumber daya alam itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan kelangkaan sumber daya alam ?
  3. Apa arti kelangkaan sumber daya alam ?
  4. Apa itu kelangkaan sumber daya alam ?
  5. Apa sajakah yang dapat menyebabkan terjadinya kelangkaan sumber daya alam ?

Pengertian Kelangkaan Sumber Daya Alam Menurut Para Ahli


Arti kelangkaan sumber daya alam adalah :

Pengertian kelangkaan sumber daya alam adalah kelangkaan atas segala sesuatu yang terkandung di alam baik itu yang terdiri dari sumber daya biotik (tumbuhan dan hewan) maupun sumber daya abiotik (air, tanah, iklim, udara, barang tambang). Contoh kelangkaan sumber daya alam adalah kelangkaan BBM yang disebabkan konsumsi BBM yang terus menerus meningkat. (Imamul Arifin : 2007)

Definisi kelangkaan sumber daya alam adalah kelangkaan sumber daya alam yang dapat diperbarui maupun sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Hal ini dikarenakan kedua jenis SDA itu jika dimanfaatkan secara terus menerus, maka jumlah persediaannya menjadi relatif terbatas. Keterbatasan inilah yang menjadi pemicu penyebab terjadinya kelangkaan. (Eeng Ahman : 2007)


Tidak dapat dipungkiri manusia membutuhkan berbagai sumber daya alam di sekitarnya untuk dapat melangsungkan kehidupannya, seperti air, makanan, bahan bakar, dan lain sebagainya. Dapat dikatakan seluruh kebutuhan kita berasal dari alam.

Idealnya tentu kita menginginkan semua kebutuhan dapat terpenuhi, baik kebutuhan dasar maupun kebutuhan sekunder bahkan tersier. Namun ada kondisi dimana tidak seimbangnya antara kebutuhan manusia dengan ketersediaan sumber daya alam yang disebut dengan kelangkaan sumber daya alam. Jumlah sumber daya alam yang tersedia tidak mampu memenuhi kebutuhan manusia.

Kelangkaan sumber daya alam dapat berarti dua hal. Pertama jumlah sumber dayanya yang tidak memadai, misalnya ketika musim hujan produk pertanian mengalami kelangkaan karena stoknya terbatas disebabkan oleh banyaknya lahan pertanian yang terendam banjir.

Kedua berarti perlunya pengorbanan lain untuk mendapatkan sumber daya tersebut. Seperti sepeda motor gede merek Harley yang diproduksi sangat terbatas di seluruh dunia sehingga sepeda motor ini tergolong langka. Untuk mendapatkannya diperlukan biaya yang besar dan persaingan dengan pembeli lain.

Apa penyebab kelangkaan sumber daya alam ? Kelangkaan sumber daya alam bisa disebabkan oleh beberapa hal diantaranya :

  • Meningkatnya pertumbuhan penduduk

Semakin tinggi tingkat pertumbuhan penduduk berakibat semakin tinggi pula tingkat kebutuhan terhadap sumber daya alam. Jika tidak dibarengi dengan ketersediaan dan peningkatan produksi sumber daya alam maka akan menyebabkan terjadinya kelangkaan.

  • Keserakahan manusia

Keinginan manusia untuk selalu mendapatkan lebih dan lebih menyebabkan terjadinya eksploitasi besar-besaran di alam yang hanya menguntungkan satu dua orang. Akibatnya sumber daya alam terkuras dan menjadi langka.

  • Terbatasnya kemampuan produksi

Sebagian sumber daya alam harus melalui proses produksi terlebih dahulu sebelum dapat digunakan. Keterbatasan kemampuan manusia dan keterbatasan kerja mesin untuk memproduksi barang dapat menyebabkan terjadinya kelangkaan.

  • Bencana alam

Bencana alam seperti banjir, gempa bumi, longsor, dan lain sebagainya juga menjadi salah satu penyebab terjadinya kelangkaan sumber daya alam. Misalnya lahan pertanian yang rusak karena banjir sehingga petani gagal panen, atau distribusi barang kebutuhan yang terhambat karena akses ke suatu daerah terputus akibat tanah longsor.

  • Pengaruh letak geografis

Setiap daerah memiliki karakteristik alam yang berbeda-beda. Ada yang tanahnya subur sehingga produk-produk pertanian melimpah dan ada pula yang tanahnya kering dan tandus sehingga tidak mungkin ditanami tumbuhan. Hal ini menyebabkan daerah-daerah kering dan tandus tersebut mengalami kelangkaan produk-produk pertanian.

  • Keterbatasan sumber daya alam

Sebanyak apapun sumber daya alam di suatu daerah, pasti ada batasnya. Apalagi jika dieksploitasi terus-menerus tanpa memperhatikan kelestariannya. Suatu saat sumber daya tersebut bisa habis dan menjadi langka sehingga diperlukan tindakan bijaksana manusia untuk mengelolanya.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian dan contoh kelangkaan sumber daya alam. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian kelangkaan sumber daya alam dan contohnya secara umum ya ! Baca juga pengertian kelangkaan dalam ilmu ekonomi 🙂