1. Pengertian kelangkaan sumber daya manusia itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan kelangkaan sumber daya manusia ?
  3. Apa arti kelangkaan sumber daya manusia ?
  4. Apa itu kelangkaan sumber daya manusia ?
  5. Apa contoh kelangkaan sumber daya manusia dan cara mengatasinya ?
  6. Apa apa penyebab kelangkaan sumber daya manusia ?

Pengertian Kelangkaan Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli


Arti kelangkaan sumber daya manusia adalah :

Pengertian kelangkaan sumber daya manusia adalah kelangkaan yang mencakup kekuatan tenaga, keterampilan, keahlian, tingkat pendidikan serta motivasi yang dimiliki oleh tenaga kerja. Faktor penyebab kelangkaan sumber daya manusia adalah rendahkan tingkat peradaban manusia dan rendahnya tingkat kemajuan pendidikan. (Losina Purnastuti & Dhyah Setyorini : 2008)

Definisi kelangkaan sumber daya manusia adalah suatu kondisi yang berada di luar kemampuan berpikir dan keterampilan setiap manusia, sehingga sikap ketenagakerjaan masih tergolong rendah. Pendidikan yang diperolehnya pada satuan pendidikan rendah sampai pendidikan tinggi juga masih jauh daripada harapan orang tua dan masyarakan setempat. (Dg. Mapata : 2017) 


Tersedianya sumber daya alam tidak ada artinya tanpa adanya sumber daya manusia yang akan mengolahnya. Pada dasarnya sumber daya manusia adalah setiap manusia yang telah memasuki usia produktif atau angkatan kerja dalam kisaran umur 15-64 tahun yang memiliki potensi-potensi dalam dirinya sehingga mampu melakukan suatu pekerjaan yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.

Sumber daya manusia termasuk salah satu aset berharga dalam suatu negara karena merekalah yang akan menentukan arah pembangunan suatu negara. Semakin berkualitas sumber daya manusianya maka semakin baik pula arah pembangunan negara tersebut.

Namun ada kondisi dimana sumber daya manusia yang tersedia tidak seimbang dengan sumber daya manusia yang dibutuhkan yang disebut dengan kelangkaan sumber daya manusia. Kelangkaan ini tidak hanya dari segi jumlah namun juga dari segi kualitas.

Bisa saja sumber daya manusia di suatu negara tersedia dalam jumlah besar namun masih kurang berkualitas, seperti kurang berpendidikan, kurang keahlian, kurang kecakapan, dan lain sebagainya sehingga negara tersebut mengalami kelangkaan sumber daya manusia.

Akibatnya didatangkan sumber daya manusia dari luar negeri untuk mengolah kekayaan alam suatu negara sehingga keuntungan yang seharusnya dapat dinikmati secara maksimal harus dibagi sebagian dengan pihak asing. Hal ini menyebabkan pembangunan daerah dan negara tidak maksimal. Betapa banyak kita lihat daerah-daerah yang kaya akan sumber daya alam namun kehidupan masyarakat di sekitarnya masih jauh dari sejahtera.

Lalu apakah penyebab terjadinya kelangkaan sumber daya manusia yang berkualitas ? Terjadinya kelangkaan sumber daya manusia bukan tanpa penyebab. Ada hal-hal yang melatarbelakangi minimnya sumber daya manusia di suatu daerah atau negara diantaranya :

  • Tingkat pendidikan yang rendah

Pendidikan mutlak diperlukan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Pendidikan dengan berbagai disiplin ilmu dan pendidikan moral diharapkan dapat menghasilkan sumber daya manusia yang cerdas dan bermoral sehingga dapat melanjutkan pembangunan bangsa. Selain melalui sekolah formal pendidikan juga dapat diberikan melalui pelatihan-pelatihan nonformal untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

  • Tingkat pertambahan penduduk yang semakin membesar

Semakin besarnya jumlah penduduk membuat beban pemerintah semakin berat untuk membina dan membentuk sumber daya manusia yang berkualitas. Contohnya saja masih banyak kita lihat anak-anak putus sekolah karena kemiskinan sementara pemerintah belum mampu menyediakan fasilitas pendidikan yang benar-benar gratis.

  • Rendahnya motivasi

Motivasi baik dari dalam diri maupun dari lingkungan sangat diperlukan dalam pengembangan sumber daya manusia. Kondisi pribadi, keluarga, dan lingkungan sekitar yang tidak memicu semangat untuk menjadi lebih baik turut menjadi penyebab rendahnya kualitas sumber daya manusia.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian dan contoh kelangkaan sumber daya manusia. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian kelangkaan sumber daya manusia secara umum ya ! Baca juga pengertian kelangkaan sumber daya alam 🙂