1. Pengertian kerajinan serat alam dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan kerajinan serat alam?
  3. Apa itu kerajinan dari serat alam ?
  4. Apa saja kerajinan dari serat alam ?

Pengertian Kerajinan Serat Alam Menurut Para Ahli


Arti kerajinan serat alam adalah :

Pengertian kerajinan serat alam adalah kerajinan yang menjadikan serat alam sebagai bahan baku utama yang bisa menghasilkan tas, dompet, topi dsb yang dibuat dengan teknik menganyam yang pada umumnya menggunakan bahan yang disediakan oleh alam. Contoh kerajinan serat alam dari tumbuhan antara lain : tas rotan, meja bambu, tikar dari daun pandan, kipas dari bambu, atap dari pohon kelapa dsb. 

Pengertian kerajinan serat alam adalah kerajinan yang terbuat dari bahan-bahan serat alami. Bahan serat tersebut pada umumnya dijadikan sebagai bahan baku kerajinan tekstil. 


Bagi sebagian orang berburu barang-barang kerajinan seperti tas, topi, sandal, peralatan rumah tangga, berbagai aksesoris, serta barang-barang lainnya merupakan hal yang menyenangkan. Daripada menggunakan barang-barang buatan pabrik mereka lebih suka menggunakan barang-barang hasil kerajinan yang terkesan lebih unik.

Barang-barang kerajinan ini dapat dibuat dari berbagai bahan tergantung kemampuan dan kreativitas pengrajinnya, seperti tanah liat, rotan, dan bambu yang merupakan bahan-bahan yang berasal dari alam hingga bahan-bahan sintetis seperti plastik, lilin, sabun, dan lain sebagainya.

Jika dilihat dari asal katanya kerajinan merupakan kata benda yang berasal dari kata rajin. Sehingga kerajinan dapat diartikan hasil dari buatan atau keterampilan manusia yang memiliki nilai seni. Disebut memiliki nilai seni karena istilah kerajinan cenderung digunakan untuk benda-benda karya seni yang dibuat dengan cara tradisional.

Kerajinan yang dibuat dari serat-serat alam baik serat yang dihasilkan dari tumbuhan maupun dari hewan disebut dengan kerajinan serat alam. Dibandingkan serat yang berasal dari hewan, serat dari tumbuhan lebih banyak digunakan untuk barang kerajinan, seperti dari batang dan daun tanaman tertentu.

Beberapa jenis serat yang digunakan sebagai bahan baku kerajinan adalah serat eceng gondok, daun pandan, sabut kelapa, pelepah pisang, kulit jagung, dan lain sebagainya.

Penggunaan serat alam sebagai bahan untuk kerajinan harus dilakukan dengan hati-hati dan penuh perhitungan karena setiap jenis serat memiliki karakteristik berbeda seperti kelenturan, keawetan, serta kekuatan. Serat tertentu mungkin hanya cocok untuk bahan kerajinan tertentu dan kurang baik untuk kerajinan lain. Meskipun demikian pengrajin juga dapat mengolah serat-serat ini sehingga lebih lentur, awet, atau kuat dengan menambahkan bahan-bahan tertentu.

Kelebihan penggunaan serat alam untuk barang kerajinan adalah sumber dayanya yang melimpah dan dapat ditanam kembali karena berasal dari tumbuhan sehingga para pengrajin tidak perlu khawatir kehabisan bahan baku. Namun untuk menggunakaan bahan ini para pengrajin juga harus ulet dan tekun mempelajari karakteristik suatu bahan sebelum mengolahnya agar barang kerajinan yang dihasilkan sesuai dengan yang diharapkan.

Selain itu bahan serat alam juga memiliki sifat mekanik  dan temperatur kerja yang relatif rendah serta mudah menyerap air sehingga pengrajin harus mampu berimprovisasi agar kualitas serat alam dapat ditingkatkan sehingga kualitas barang kerajinan juga semakin bagus.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian kerajinan serat alam beserta contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan contoh kerajinan serat alam dan cara membuatnya secara umum ya ! Baca juga pengertian ekosistem alami dan buatan 🙂