1. Pengertian khurafat dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan khurafat ?
  3. Apa arti kata khurafat ? Apa itu khurafat ?
  4. Apa contoh khurafat dalam kehidupan sehari-hari?
  5. Apa contoh perbuatan khurafat di Indonesia ?

Pengertian Khurafat Menurut Para Ahli


Arti khurafat adalah :

Pada era globalisasi seperti sekarang yang perkembangan ilmu teknologinya sudah canggih, Indonesia masih saja dihadapkan pada berbagai jenis krisis baik krisis ekonomi, sosial, dan politik. Tidak hanya itu saja, krisis atau kesenjangan dalam keagamaan juga terjadi seperti yang kita lihat masih adanya kasus pemboman tempat-tempat ibadah, munculnya aliran agama lain, dan sebagainya. Dalam kehidupan beragama, kita sering menemukan adanya perilaku menyimpang dari ketauhidan seperti takhayul, khurafat, dan bid’ah.

Pada kesempatan kali ini, kita akan lebih fokus membicarakan tentang khurafat. Kata khurafat adalah kata serapan dari Bahasa Arab yakni al-khurafat. Pengertian khufarat adalah sebuah dongeng, cerita, legenda, kisah, asumsi, dugaan, dan lain sebagainya yang merupakan prediksi atau kejadian yang tidak benar adanya. Namun kejadian tersebut masih dipercaya malah menjadi hal yang menarik, mempesona, dan ditunggu-tunggu beritanya. Gawat!

Secara istilah, pengertian khurafat Islam adalah suatu kepercayaan dan keyakinan pada segala sesuatu yang menyalahi aturan agama Islam. Misalnya menyembah pohon besar atau makhluk halus untuk memperoleh kekayaan, keselamatan, kekuatan, dan sebagainya. Tentu saja perbuatan tersebut menyalahi agama dan menyalahi ajaran kitab suci, karena semua yang kita inginkan tersebut pada dasarnya berasal dari Allah SWT. Dia-lah orang yang bisa memberikan kenikmatan kepada kita umat manusia. Dan dari Dia-lah kenikmatan tersebut berasal.

Menurut seorang ahli teologi Islam (Dr Ali Mahfuz) pengertian khurafat adalah sesuatu hal yang tidak bisa diterima oleh akal sehat. Orang yang membawa hal-hal yang berbau khurafat biasanya suka memberikan hal-hal yang bersifat dusta, memutarbalikkan fakta, dan menonjolkan hal-hal yang bathil. (Hussin Abdul Wahid : 1980)

Pendek kata, pengertian khurafat adalah ajaran sesat atau keyakinan yang sama sekali tidak memiliki landasan kebenaran, seringkali disebut dengan takhayul.

Contoh perbuatan yang masuk ke dalam kategori khurafat, antara lain:

  1. Meyakini jika kita pernah berjabat tangan kepada orang yang sudah pernah berjabat tangan dengan Rasulullah, maka kita akan masuk surga.
  2. Mempercayai bahwa dengan mencium tangan ulama, kita akan mendapat berkah berkelimpahan. Karena ulama adalah salah satu orang pilihan Allah SWT dan rahmat dilimpahkan atasnya.
  3. Mempercayai bahwa seorang ulama adalah kekasih Allah sehingga ulama tersebut terhindar dari perbuatan dosa. Andai kata seorang ulama melakukan perbuatan dosa, ia hanyalah bermaksud untuk menyembunyikan kemurnian dan kesucian dirinya bukan untuk perbuatan jahat apalagi maksiat.
  4. Menggunakan jasad orang mati sebagai perantara agar doanya disampaikan kepada Allah. Ada juga orang yang pergi berziarah ke kuburan ulama untuk meminta pertolongan agar doanya
    disampaikan kepada Allah, dan dikabulkan.
  5. Memakai ayat-ayat yang tertulis dalam Kitab Suci Al’Quran saat melakukan penolakan, atau pengasihan.

Dari beberapa contoh perbuatan di atas, sudah dapat kita pastikan bahwa perbuatan tersebut khurafat adalah perbuatan yang salah. Jika kita memang menginginkan agar doa kita dikabulkan Allah, maka kita harus berdoa dengan sungguh-sungguh, memintanya dengan setulus hati, dan apa yang kita minta itu adalah perbuatan baik. Dengan demikian, percaya deh maka doa kita akan segera dikabulkan.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian khurafat dan contoh khurafat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga kalian bisa menjelaskan apa yang dimaksud dengan khurafat ya ! Baca juga pengertian kultus 🙂