1. Pengertian konflik politik dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan konflik politik ?
  3. Apa arti konflik politik ? Apa itu konflik politik ?
  4. Apakah yang dimaksud konflik politik sebutkan pula contohnya !

Pengertian Konflik Politik Menurut Para Ahli


Arti konflik politik adalah :

Pengertian konflik politik adalah bagian dari konflik sosial, hanya saja sumber-sumbernya, dimensinya dan cakupannya yang berbeda. Tidak semua konflik sosial termasuk kedalam konflik politik. (Moch Nurhasim : 2008)

Definisi konflik politik adalah konflik yang terjadi di bidang politik yang tidak perlu merembet ke bidang-bidang lainnya seperti hubungan sosial/pribadi. (Nazaruddin Sjamsuddin, ‎Asosiasi Ilmu Politik Indonesia : 1988)

Pengertian konflik politik adalah salah satu dari konflik sosial yang memiliki kaitan erat dengan objek politik seperti pejabat politik, lembaga politik, kekuasaan politik serta keputusan politik yang dibuat oleh penguasa politik. (Saafroedin Bahar & ‎A. B. Tangdililing : 1996) 


Konflik merupakan sesuatu yang wajar dan tidak terhindarkan dalam interaksi yang terjadi antarmanusia. Berbagai macam perbedaan seperti perbedaan latar belakang, kepentingan, pola pikir, dan lain sebagainya dapat memicu timbulnya konflik. Tinggal bagaimana pihak-pihak yang terlibat konflik berupaya menyelesaikannya atau jika tidak ditemui jalan tengah maka konflik dapat berkembang menjadi lebih besar.

Konflik dapat terjadi dalam berbagai ruang lingkup kehidupan mulai dari rumah tangga, pergaulan dengan teman, hingga konflik dalam sebuah negara atau konflik antarnegara.

Salah satunya konflik dalam ranah politik. Seperti yang kita ketahui politik sangat dekat kekuasaan, siapa yang menguasai politik maka pihaknya lah yang berkuasa. Hal ini menyebabkan banyak orang atau pihak yang tertarik ingin bermain politik dan pada akhirnya mendapat kekuasaan. Tak pelak lagi hal ini tentu sangat berpotensi menyebabkan konflik, dimana suatu jabatan dan kekuasaan ingin didapatkan oleh banyak pihak.

Secara umum pengertian konflik politik adalah persaingan, perbedaan pendapat, perbedaan kepentingan, atau pertentangan di antara pihak-pihak yang terlibat dalam politik sebagai usaha untuk meraih ataupun mempertahankan kekuasaan dimana di sanalah keputusan atau kebijakan dikeluarkan sehingga siapa yang berkuasa dialah yang menguasai setiap keputusan atau kebijakan yang dikeluarkan negara/pemerintah. Kekuasaan dalam hal ini meliputi lembaga legislatif, yudikatif, dan eksekutif.

Dalam arti yang lebih sempit konflik politik dimaknai sebagai perlawanan atau pertentangan dari kelompok masyarakat yang tidak sesuai atau tidak setuju dengan kebijakan, sikap, atau keputusan pemerintah yang berkuasa. Hal ini biasanya ditandai dengan adanya gerakan-gerakan demonstrasi yang menyuarakan protes terhadap keputusan pemerintah, atau jika berkembang lebih buruk dapat menjadi kericuhan dan kerusuhan.

Ada begitu banyak contoh konflik politik yang terjadi di dunia yang kesemuanya berujung pada perebutan kekuasaan, merasa pihaknya lah yang memiliki ideologi paling benar dan yang paling tepat berkuasa. Contohnya konflik di negara-negara Timur Tengah seperti konflik antara Israel dan Palestina yang berlangsung sudah sangat lama, konflik di Vietnam yang berkembang menjadi perang, serta konflik-konflik politik yang terjadi di Indonesia sendiri seperti pemberontakan PKI dan kudeta yang dilakukan oleh angkatan perang ratu adil.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian konflik politik dan contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian konflik politik secara umum ya ! Baca juga pengertian konflik horizontal dan vertikal 🙂