1. Pengertian konstitusional dan inkonstitusional itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud konstitusional dan nonkonstitusional ?
  3. Apa arti kata konstitusional dan nonkonstitusional ?
  4. Apa itu itu konstitusional dan inkonstitusional ?
  5. Apa contoh perilaku konstitusional dan inkonstitusional  ?

Pengertian Konstitusional Dan Inkonstitusional Menurut Para Ahli


Arti konstitusional dan inkonstitusional adalah :

Pengertian konstitusional adalah mengikuti aturan-aturan yang sudah ditetapkan di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. (Soesilo Soedarman & ‎Riant Nugroho Dwijowijoto : 1996)

Pengertian inkonstitusional adalah sebuah kejahatan dalam berbangsa dan bernegara, ketidaktundukan terhadap aturan sebagai sebuah orde dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta ketidakpatuhan terhadap konstitusi nasional yang sudah diakui. (Budi Hatees : 2013) 


Istilah konstitusional berasal dari kata konstitusi yang berarti aturan dan ketentuan dasar di suatu negara yang menjadi pijakan atau sandaran dalam membuat undang-undang atau peraturan lain. Yang dimaksud dengan konstitusi di Indonesia adalah undang-undang dasar 1945 atau undang-undang dasar 1945 yang telah diamandemen. Sehingga setiap undang-undang atau peraturan yang dibuat dalam wilayah negara Indonesia tidak boleh bertentangan dengan undang-undang dasar tersebut.

Konstitusional sendiri merupakan kata sifat yang berarti segala sesuatu yang sesuai atau sejalan dengan konstitusi. Seperti perilaku konstitusional yang berarti perilaku yang sesuai atau tidak bertentangan dengan konstitusi atau undang-undang dasar. Sebaliknya istilah inkonstitusional berarti segala sesuatu yang sifatnya bertentangan dengan konstitusi atau undang-undang dasar. Seperti tindakan inkonstitusional yang berarti tindakan yang tidak sesuai atau melanggar konstitusi.

Sebagai warga negara Indonesia tentu kita harus taat dan patuh pada konstitusi negara kita yaitu undang-undang dasar 1945. Setiap tindakan dan perilaku kita harus konstitusional sehingga kita dapat hidup rukun dan damai di masyarakat. Diantara perilaku konstitusional sebagai warga negara Indonesia yaitu :

  • Patuh dan taat pada peraturan yang berlaku di mana pun kita berada, baik peraturan di sekolah, di tempat kerja, di jalan/lalu lintas, di lingkungan masyarakat, dan lain sebagainya.
  • Mengakui dan menghormati hak asasi orang lain.
  • Menyelesaikan masalah secara terbuka, beretika, dan sesuai dengan peraturan yang ada.
  • Menjalankan kewajiban dan menuntut hak secara seimbang.
  • Tidak menghakimi orang lain secara semena-mena tanpa prosedur yang jelas.
  • Dalam setiap perilaku dan tindakan selalu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa.
  • Selalu menerapkan sikap sadar dan rasional dalam setiap perbuatan.
  • Menyampaikan pendapat dan melakukan demonstrasi di muka umum dengan cara-cara damai tanpa disertai kekerasan dan pengrusakan.
  • Melakukan musyawarah atau pemungutan suara untuk mengambil keputusan tanpa disertai dengan cara-cara kotor seperti suap, politik uang, intimidasi, dan lain sebagainya.
  • Melaksanakan pemilihan umum secara jujur, adil, bebas, dan transparan serta sesuai dengan aturan yang berlaku.
  • Melaksanakan kewajiban sebagai wajib pajak tepat pada waktunya.
  • Menyampaikan kritik dan saran kepada pemerintah melalui jalur yang benar seperti melalui wakil-wakil rakyat di DPR (Dewan Perwakilan Rakyat).

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian konstitusional dan inkonstitusional. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian inkonstitusional dan konstitusional secara umum ya ! Baca juga pengertian desentralisasi politik 🙂