1. Pengertian kredit investasi kecil (kik) itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan kredit investasi kecil (kik) ?
  3. Apa arti kredit investasi kecil (kik) ?
  4. Apa itu kredit investasi kecil (kik) ?
  5. Apa perbedaan kredit investasi dan kredit modal kerja permanen ?

Pengertian Kredit Investasi Kecil (KIK)


Arti kredit investasi kecil adalah :

Pernahkah anda mendengar Istilah Kredit Investasi Kecil atau sebutan istilah “KIK”? Kredit investasi kecil adalah salah solusi alternatif dari pemerintah untuk membantu modal usaha para wiraswasta maupun pengusaha. Maka dari itulah pemerintah melalui perbankan meluncurkan “KIK” dan “KMKP”. KIK adalah singkatan dari Kredit Investasi Kecil, sedangkan KMKP merupakan singkatan dari Kredit Modal Kerja Permanen.

Pengertian Kredit Investasi Kecil (KIK) adalah jenis kredit yang diberikan oleh bank kepada para wiraswasta atau pengusaha dalam jangka waktu menengah maupun panjang, untuk penambahan modal usahanya. Baik untuk meningkatkan usaha lamanya maupun perluasan usaha baru, bahkan rehabilitas aset yang sudah ada.

Pendek kata, pengertian kredit investasi kecil adalah kredit yang mempunyai jangka waktu panjang biasanya sekitar 5 s/d 8 tahun.

Sedangkan pengertian Kredit Modal Kerja Permanen (KMKP) adalah jenis kredit yang diberikan kepada para wiraswasta atau pengusaha yang berkaitan dengan produksi usahanya (seperti biaya produksi) secara rutin dalam jangka waktu panjang. Contohnya: Biaya pembelian bahan baku, pembelian bahan penunjang, biaya pemasangan iklan dan promosi serta biaya lainnya.

Apa persyaratan bagi para wiraswasta atau pengusaha, dalam memenuhi kriterianya untuk memperoleh KIK maupun KMKP?

  1. Memiliki usaha, baik itu perorangan maupun pengusaha.
  2. Identitas perorangan atau badan usaha maupun pengusaha.
  3. Usahanya sudah berjalan min. 2 tahun dan memperoleh keuntungan (untuk pengajuan KIK)
  4. Memiliki surat- surat izin usaha dan NPWP.
  5. Belum mendapat pinjaman kredit dari bank lainnya.
  6. Tidak termasuk dalam black list, daftar kredit rangkap, atau kredit macet di pihak perbankan.

Sistem Kredit Investasi Kecil (KIK) maupun Kredit Modal Kerja Permanen (KMKP) pertama diselenggarakan oleh pemerintah melalui pihak bank kepada para wiraswasta maupun pengusaha sejak tahun 1973, dengan tujuan untuk menciptakan lapangan kerja, pengembangan investasi, dan juga untuk pengembangan sektor pertanian, perikanan maupun peternakan tertentu.

Memang tidaklah mudah, baik bagi usaha perorangan maupun pengusaha dalam menangani namanya, kekurangan modal usaha. Dengan adanya peluncuran KIK maupun KMKP, bisa membantu para wiraswasta maupun pengusaha untuk mengembangkan serta memperluas usahanya lebih baik dan maju. Demikianlah penjelasan mengenai arti dari KIK dan KMKP serta persyaratannya.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian kredit investasi kecil (kik) & pengertian kredit modal kerja permanen (kmkp). Semoga kalian bisa memahami pengertian kredit investasi kecil dan kredit modal kerja permanen secara umum ya ! Baca juga pengertian kredit macet 🙂