1. Pengertian kredit macet dan penyelesaiannya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan kredit macet ?
  3. Apa yang menyebabkan kredit macet ?
  4. Apa arti kata kredit macet ? Apa itu kredit macet ?
  5. Apa teknik penyelesaian kredit macet dan contohnya ?

Pengertian Kredit Macet Menurut Para Ahli


Arti kredit macet adalah :

Pengertian kredit macet adalah kredit yang tidak lancar yang sudah jatuh tempo namun belum dapat diselesaikan oleh nasabah yang bersangkutan. (Muchdarsyah Sinungan : 1993)

Definisi kredit macet adalah kredit atau piutang yang tak tertagih yang mempunyai kriteria kurang lancar, karena diragukan atau mengalami kesulitan dalam pelunasannya dikarenakan adanya faktor-faktor tertentu. (Hermanto : 2006)

Pengertian kredit macet adalah suatu kondisi dimana nasabah sudah tidak bisa atau tidak sanggup lagi untuk melunasi sebagian atau seluruh kewajibannya kepada pihak bank seperti pada perjanjian yang telah dibuat sebelumnya. (Mudrajad Kuncoro & Suhardjono : 2002)


Kredit macet dan penyelesaiannya – Secara umum, pengertian kredit macet adalah suatu kondisi dimana nasabah (pihak debitur) tidak mampu untuk membayarkan angsuran kreditnya kepada bank (pihak kreditur) tepat pada waktunya. Dalam kondisi kredit macet, baik bagi nasabah  maupun bagi pihak bank, ini sangat merugikan kedua belah pihak.

Lalu apa penyebab kredit macet dari pihak debitur? Faktor penyebab kredit macet bisa dari faktor internal maupun faktor eksternal.

Faktor internal yang menyebabkan terjadinya kredit macet bisa berupa:

  • Terjadinya penyimpangan pada pelaksanaan prosedur kreditnya, etika yang kurang baik, baik dari pihak pemiliknya, pengurus atau bagian pegawai perbankannya. Pemberian informasi sistem kredit yang kurang jelas maupun lambat, sistem administrasi dan pengawasan yang lemah terhadap pengkreditannya.

Faktor eksternal yang menyebabkan kredit macet bisa disebabkan oleh:

  • Kegagalan usaha nasabah (pihak debitur), musibah yang terjadi pada sistem pengangkutan usaha pihak debitur, seperti terjadi tenggelamnya kapal pengangkutan barang usahanya, cash flow (perputaran uang) yang lambat disebabkan oleh faktor ekonomi yang melemah serta peningkatan suku bunga pinjaman yang tinggi.

Jika sudah terjadi kredit macet, bagaimana solusi atau penyelesaian kredit macet yang terbaik bagi pihak debitur maupun pihak kreditur?


PENYELESAIAN KREDIT MACET


Penjadwalan ulang (Rescheduling)

Penjadwalan ulang, merupakan solusi yang diberikan oleh bank (pihak kreditur) kepada nasabah (Pihak debitur) dengan cara perubahan persyaratan kredit, baik dari segi jadwal pembayaran maupun masa tenggang waktu pembayaran serta besarnya jumlah angsuran yang wajib dilunasi oleh pihak debitur. Solusi ini, hanya diberikan kepada pihak debitur yang mempunyai etika yang baik dan jujur serta memiliki kemampuan untuk melunasi kreditnya (Willingness to pay). Namun, pihak debitur tidak perlu penambahan dana atau likuiditas.

Persyaratan Ulang (Reconditioning)

Persyaratan ulang merupakan solusi yang diberikan kepada pihak debitur dengan mengubah persyaratan kreditnya baik sebagian maupun keseluruhannya, seperti menyangkut: jadwal pembayaran, jangka waktu pembayaran, tingkat suku bunga, penundaan pembayaran bunga dan persyaratan lainnya. Perubahan persyaratan ini, tidak termasuk penambahan dana.

Solusi ini biasanya diberikan kepada pengusaha yang memiliki etika yang baik dan jujur dimana usahanya masih dapat berjalan dengan memperoleh keuntungan.

Penataan Ulang (Restructuring)

Pengertian restructuring adalah terjadinya perubahan persyaratan kredit menyangkut penambahan dana bank, baik perubahan seluruh atau sebagian tunggakan bunga menjadi pokok kredit baru, maupun perubahan seluruh atau sebagian kredit menjadi penyertaan bank, atau penambahan pihak lain sebagai penyertaan baru.

Likuidasi (Liquidation)

Likuidasi merupakan solusi terakhir yang diberikan kepada pihak debitur, dimana pihak debitur usahanya tidak dapat beroperasional sebagaimana mestinya dan tidak bisa melunasi utang perkreditannya, dengan menjual barang- barang atau asetnya sebagai jaminan pelunasan utang kreditnya.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian kredit macet dan penyelesaiannya. Semoga kalian bisa memahami pengertian kredit macet serta penyebab kredit macet dan solusinya secara umum ya ! Baca juga pengertian piramida penduduk muda (expansive) 🙂