1. Pengertian kualitas dan kuantitas penduduk itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan kualitas dan kuantitas ?
  3. Apa arti dari kualitas dan kuantitas ?
  4. Apa itu kualitas dan kuantitas ?
  5. Apa perbedaan kualitas dan kuantitas

Pengertian Kualitas dan Kuantitas Menurut Para Ahli


Arti kualitas dan kuantitas adalah :

Pengertian kualitas dan kuantitas adalah :

  • Kualitas adalah suatu penilaian customer yang sifatnya subyektif yang ditentukan oleh persepsi terhadap suatu produk atau jasa tertentu. (Soewarso Hardjosudarmo)
  • Kuantitas adalah kualitas sesuatu hal yang terbentuk dari proses pengukuran. (Thompson : 1990) (contohnya ukuran jumlah).

Pengertian kualitas dan kuantitas kerja adalah (menurut Wungu & Brotoharsojo : 2003) :

  • Pengertian kualitas kerja adalah segala macam bentuk satuan ukuran yang berhubungan dengan kualitas atau MUTU hasil kerja yang dapat dinyatakan dalam ukuran angka atau padanan angka lainnya.
  • Pengertian kuantitas kerja adalah segala macam bentuk satuan ukuran yang berhubungan dengan JUMLAH hasil kerja yang bisa dinyatakan dalam ukuran angka atau padanan angka lainnya.

Pengertian kualitas dan kuantitas kerja menurut Mangkunegara (2009) :

  • Pengertian kualitas kerja adalah ukuran seberapa baik seorang karyawan dalam mengerjakan apa yang seharusnya ia dikerjakan.
  • Pengertian kuantitas kerja adalah ukuran seberapa lama seorang karyawan dapat bekerja dalam satu harinya.

Pengertian kualitas dan kuantitas pertanyaan menurut Chin & Osborne (2008)  :

  • Pengertian kualitas adalah tingkat kedalaman berpikir yang bisa diketahui lewat tipe dan isi pertanyaan yang diajukan.
  • Pengertian kuantitas adalah jumlah pertanyaan.

Pengertian kualitas dan kuantitas penduduk menurut UU No. 10 Tahun 1992 adalah sebagai berikut :

  • Pengertian kualitas penduduk adalah suatu kondisi penduduk dalam aspek fisik maupun non fisik serta ketaqwaan kepada Tuhan YME sebagai landasan untuk mengembangkan berbagai kemampuan manusia.
  • Pengertian kuantitas penduduk adalah jumlah penduduk yang diukur dari perbedaan antara jumlah yang lahir, mati dan pindah tempat tinggal.

Pengertian kualitas dan kuantitas makanan adalah sebagai berikut :

  • Pengertian kualitas makanan adalah segala sesuatu berhubungan secara langsung dengan mutu atau makanan seperti : tidak busuk, tidak berbau, tidak beracun, punya nilai gizi yang baik, tidak membahayakan kesehatan, tidak mengandung kuman penyakit dsb.
  • Pengertian kuantitas makanan adalah ukuran jumlah makanan yang cukup bagi manusia demi melangsungkan hidupnya seperti : jumlah kalori yang ada, jumlah unsur yang terdapat dalam makanan, jumlah porsi makanan dsb.

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar istilah “Kualitas” maupun “Kuantitas”. Apa sebenarnya arti dari kualitas dan kuantitas? Secara umum pengertian kualitas adalah istilah yang digunakan sebagai tingkat ukuran / level / mutu baik atau buruknya sesuatu, baik itu sesuatu hal yang berwujud maupun yang tidak berwujud. Sedangkan pengertian kuantitas adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan jumlah.

Penggunaan istilah kualitas dalam Bahasa Indonesia mencakup banyak segi seperti:

a) Penggunaan dalam produk. Contoh : produk yang berkualitas:

  1. Odol gigi yang berkualitas.

Odol gigi yang berkualitas mencakup: bisa menghilangkan kuman dan kotoran pada gigi, tahan 12 jam dan bisa melindungi gigi dari kerusakan maupun berlubang.

  1. Baju yang berkualitas.

Baju yang berkualitas mencakup: bahan kainnya bagus, warnanya tidak mudah luntur dan tahan lama.

  1. Sepatu kulit yang berkualitas.

Sepatu kulit yang berkualitas  mencakup: terbuat dari kulit asli, bentuk sepatunya unit dan beranekaragam warnanya serta nyaman waktu dipakai dan tahan lama.

  1. Tas yang berkualitas.

Tas yang berkualitas, mencakup: terbuat dari kulit asli, bentuk tas nya unik dan warnanya bagus serta tahan lama.

b) Penggunaan dalam bidang jasa. Contoh : jasa yang berkualitas:

  1. Jasa pengiriman barang yang berkualitas.

Jasa pengiriman barang yang berkualitas mencakup: barang dari pelanggan (pengirim) terhindar dari kerusakan atau kebocoran, ketepatan atau kecepatan waktu pengirman barang sampai pada tempat tujuan untuk penerimanya.

  1. Jasa seorang guru yang berkualitas.

Jasa seorang guru yang berkualitas mencakup: bertanggungjawab dalam mengajar ilmu kepada murid-muridnya. Disamping ilmu, guru juga mendidik, membimbing serta membentuk karakter murid- muridnya dan memilih kasih yang netral terhadap semua murid- muridnya.

  1. Jasa seorang pelayan customer service yang berkualitas.

Jasa seorang pelayan customer service yang berkualitasmencakup: mempunyai sikap keramahtamahan, memiliki skill yang baik serta mempunyai keahlian dalam menanggapi setiap masalah pelanggan dan memberi solusi terbaik baginya.

Adapun penggunaan istilah kuantitas dalam bahasa Indonesia mencakup luas lingkupnya seperti:

  • Jumlah bahan baku, bahan setengah jadi, bahan jadi, jumlah produksi dalam sebuah perusahaan pabrik. Biasanya menggunakan istilah kuantitas untuk menyatakan jumlah, seperti yang telah disebut sebelumnya. Contoh: berapa jumlah kuantitas produksi pabrik tersebut?
  • Dalam segi jumlah penduduk, istilah kuantitas digunakan untuk menyatakan jumlahnya. Contoh: Kuantitas jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2014 mencapai 248 juta jiwa.

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian kualitas dan kuantitas. Semoga kalian bisa memahami perbedaan kualitas dan kuantitas penduduk secara umum ya ! Baca juga pengertian akuntan intern dan ekstern 🙂