1. Pengertian kultus itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan kultus ?
  3. Apa arti kata kultus ? Apa itu kultus ?

Pengertian Kultus Menurut Para Ahli


Arti kultus adalah :

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengertian kultus adalah bentuk penghormatan resmi dalam agama, upacara keagamaan atau ibadat (2) sistem kepercayaan (3) penghormatan yang sifatnya berlebih-lebihan kepada orang, paham, atau benda. Kita yang belum mengenal penggunaan istilah ini terkadang mendefinisikan kata “berlebih-lebihan” sebagai perbuatan jahat untuk menyembah iblis (lucifer), benda-benda gaib yang berhubungan dengan aliran pagan, dan sebagainya. Padahal sebenarnya tidak. Pengertian “berlebih-lebihan” yang digunakan tidak dapat langsung diasumsikan secara mutlak sebagai perbuatan yang tidak baik.

Dalam konteks negatif, pengertian kultus adalah pemujaan ataupun pendewaan yang terkadang dilakukan secara sembrono dan berlebih-lebihan. Mereka seringkali mengkultuskan seseorang yang dipujanya. Makna mengkultuskan / arti mengkultuskan di sini adalah mengklaim mereka (orang yang dipuja) adalah orang yang paling benar dan terbenar.

Kultus sendiri memiliki arti sebuah praktek keagamaan yang bersifat eksternal yang dilakukan secara totalitas. Kultus memiliki definisi yang berbeda dengan agama pada umumnya karena hanya mengakui “sebagian” dari ajaran agama tersebut dan menyangkal pembelajaran pokoknya. Contohnya, seseorang yang menganggap kultus Nasrani akan menyangkal ajaran yang melebih-melebihkan yang terdapat pada agamanya, walaupun demikian ia masih tetap menganggap dirinya sebagai orang Kristen. Hanya saja ia tidak setuju dengan ajaran agama yang diajarkan.

Ada dua pemahaman dalam kultus yakni mempercayai bahwa Yesus bukanlah Tuhan Sang Pencipta, dan meyakini bahwa keselamatan bukan datang dari iman saja tetapi berasal dari perbuatan baik yang telah kita lakukan. Memang ada benarnya, keselamatan kita peroleh dari apa yang kita perbuat, namun juga berasal dari iman kita terhadap Tuhan. Kultus ini sering menjadi pertentangan karena bertolak belakang dengan ajaran Kristiani yang mengimani bahwa karena pengorbanan Yesus lah makanya kita bisa selamat dari dosa-dosa yang kita perbuat.

Ada dua aliran kepercayaan yang menerapkan ajaran kultus ini yakni Saksi Yehovah dan Mormon. Kedua saksi ini memang sangat berpegang teguh pada ajaran Kitab Suci dan sering disebut sebagai yang “fanatik”. Orang yang mengajarkan aliran ini mengajak orang yang tergabung dalam perkumpulannya untuk menjual harta pribadinya dan membagikannya pada orang yang dibutuhkan sesuai dengan kehidupan Jemaat Perdana. Sekilas perbuatan yang dilakukan baik, namun konteks dan arti yang dimaksud dalam Kitab Suci berbeda. Kedua jenis aliran ini sudah lama ada di Indonesia, dan keberadaannya sudah mulai berkembang.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian kultus. Semoga kalian bisa memahami pengertian kultus secara umum ya ! Baca juga pengertian ritual 🙂