1. Pengertian laju reaksi dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan laju reaksi ?
  3. Apa arti kata laju reaksi ? Apa itu laju reaksi ?
  4. Jelaskan pengertian laju reaksi dan berikan contohnya !
  5. Apa contoh laju reaksi dalam kehidupan sehari hari ?
  6. Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi !
  7. Apa yang dimaksud dengan laju reaksi dan apa satuan dari laju reaksi ?

Pengertian Laju Reaksi Menurut Para Ahli


Arti laju reaksi adalah :

Pengertian laju reaksi adalah suatu perubahan konsentrasi zat dalam suatu reaksi kimia per satuan waktu. Laju reaksi ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu sifat kimia pereaksi, konsentrasi pereaksi, suhu, luas permukaan sentuh, katalis dan tekanan. (Dedi Gunarto : 2018)

Definisi laju reaksi adalahl perubahan konsentrasi zat dalam suatu reaksi per satuan waktu. Konsentrasi pereaksi ini akan berkurang seiring dengan bertambahnya konsentrasi produk. Lambang dari laju reaksi adalah V dengan satuan molar/detik (M/s). (Nurhayati Rahayu, S.Pd & Jodhi Pramuji Giriarso, S.Si : 2010)


Apa yang terpikirkan ketika teman-teman mendengar istilah laju reaksi? Secara awam kita dapat menyebut laju reaksi sebagai kecepatan suatu zat dalam bereaksi, apakah cepat atau lambat.

Seperti reaksi yang terjadi ketika kembang api dinyalakan, mulai dari dihidupkan, kembang api menyala, hingga akhirnya mati, semuanya terjadi dalam waktu yang cukup singkat.

Berbeda dengan reaksi yang terjadi ketika kita membuat api unggun, mulai dari api dihidupkan dan menyala, kayu terbakar, hingga akhirnya mati terjadi dalam waktu yang cukup lama. Sehingga dapat kita katakan bahwa kembang api memiliki laju reaksi yang lebih cepat daripada api unggun.

Secara ilmiah pengertian laju reaksi didefinisikan sebagai banyaknya reaksi kimia yang terjadi selama satuan waktu tertentu. Laju reaksi dapat diamati dari berkurangnya substrat (zat yang akan bereaksi) atau bertambahnya produk (zat hasil reaksi) selama waktu tertentu.

Semakin cepat berkurangnya substrat atau semakin cepat terbentuknya produk maka semakin cepat laju reaksinya. Seperti pada contoh di atas dimana material kembang api lebih cepat habis dibanding kayu bakar dan puntung atau sisa kembang api lebih cepat terbentuk daripada arang atau sisa kayu bakar.

Pada dasarnya reaksi kimia dapat terlaksana jika terjadi tumbukan efektif antarpartikel zat yang akan bereaksi. Tumbukan efektif berarti tumbukan yang tepat dan memiliki energi yang cukup sehingga terjadi reaksi kimia dimana atom-atom antarpartikel bertumbukan dengan tepat dan dengan energi yang cukup.

Sehingga dengan memanipulasi faktor-faktor yang mempengaruhi tumbukan antarpartikel kita dapat mempercepat atau memperlambat laju suatu reaksi. Diantara faktor-faktor tersebut adalah konsentrasi zat, luas permukaan zat, suhu, serta katalis.

Konsentrasi substrat dalam suatu larutan mempengaruhi kecepatan laju reaksi. Semakin tinggi konsentrasi suatu zat maka semakin besar kemungkinan terjadinya tumbukan efektif antarpartikel sehingga reaksi kimia terjadi lebih cepat.

Laju reaksi juga dapat ditingkatkan dengan memperluas permukaan zat yang akan bereaksi dimana semakin luas permukaan zat maka semakin besar pula kesempatan terjadinya tumbukan antarpartikel. Hal ini dilakukan dengan memperkecil ukuran zat yang akan bereaksi sehingga permukaannya menjadi lebih luas.

Cara lainnya adalah dengan menaikkan suhu sehingga energi kinetik partikel zat menjadi lebih besar yang memperbesar kemungkinan terjadinya tumbukan efektif antarpartikel. Cara terakhir adalah dengan menggunakan katalis yang berfungsi mempercepat terjadinya reaksi tanpa ikut bereaksi sehingga tidak mempengaruhi produk hasil reaksi.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian laju reaksi secara umum. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian laju reaksi dan contohnya dalam kehidupan sehari hari ya ! Baca juga pengertian holoenzim 🙂