1. Pengertian lari estafet dan teknik dasarnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan lari estafet ?
  3. Apa arti lari estafet ? Apa itu lari estafet ?
  4. Apa pengertian lari estafet menurut para ahli ?
  5. Apa pengertian lari estafet dalam atletik ?

Pengertian Lari Estafet Menurut Para Ahli


Arti lari estafet adalah :

Pengertian lari estafet adalah salah satu nomor lomba lari pada perlombaan atletik yang dilakuan secara beranting atau bergantian. Di dalam satu regu lari sambung ada 4 orang pelari, yaitu pelari ke 1, 2, 3 dan ke 4 yang mana mereka memindahkan tongkat sambil berlari cepat yang dimulai dari pelari pertama sampai pelari berikutnya. (Moh. Gilang : 2007)

Definisi lari estafet adalah lari yang dilakukan oleh 4 orang pelari dengan menggunakan tongkat estafet. Tongkat estafet yang dipergunakan dalam lari estafet pada umumnya terbuat dari kayu atau fiberglass. (Irwansyah : 2006)

Pengertian lari estafet adalah lari yang mengkombinasikan koordinasi, kecepatan, dan kerja tim untuk menyelesaikan tugas (Guthrie : 2008) 


Apa yang dimaksud dengan nomor lari estafet ? Apa pengertian dan teknik lari estafet ?

Siapa yang tidak kenal dengan olahraga lari. Mulai dari kecil kita sudah mengenal olahraga ini karena tanpa disuruh pun anak-anak memang senang berlari-lari. Namun tentu saja olahraga lari memiliki cara dan aturan khusus sehingga pelari dapat berlari dengan baik dan terhindar dari cedera.

Olahraga lari terbagi kepada beberapa jenis, salah satunya lari estafet atau lari sambung, yaitu olahraga lari yang dilakukan oleh empat orang secara bersambung atau bergantian dimana proses pergantiannya ditandai dengan perpindahan tongkat estafet antarpelari. Pada lari estafet pemain melakukan lari sprint atau berlari dengan kecepatan maksimal sehingga dapat mencapai garis finish secepat mungkin.

Pada umumnya nomor lari estafet yang diperlombakan adalah 4×100 meter (total 400 meter) dan 4×400 meter (total 1.600 meter) baik untuk putra maupun putri. Untuk mencatatkan waktu maksimal diperlukan penguasaan teknik berlari serta kemahiran dalam memberikan dan menerima tongkat. Insiden jatuhnya tongkat estafet tentu akan mempengaruhi catatan waktu pelari.

Bahkan jika pelari menjatuhkan tongkat pada nomor perlombaan 4×100 meter maka tim tersebut akan didiskualifikasi, sementara pada nomor perlombaan 4×400 meter hal ini masih diperbolehkan dan pelari boleh mengambil kembali tongkat yang terjatuh namun dengan resiko mengalami kekalahan karena akan menyebabkan tim tersebut tertinggal jauh dari yang lain.

Teknik start pada lari estafet juga berbeda dengan jenis olahraga lari lain dimana pelari pertama start dengan teknik jongkok, kemudian para pelari berikutnya start dengan teknik berdiri atau melayang sambil menerima tongkat dari pelari sebelumnya.

Dalam lari estafet pelari boleh memegang tongkat baik dengan tangan kiri ataupun dengan tangan kanan. Namun harus tetap memperhatikan kesesuaian dengan tangan pelari selanjutnya yang akan menerima tongkat sehingga perpindahan tongkat lebih efisien.

Spesifikasi tongkat estafet pun tidak bisa sembarangan. Ada ukuran yang menjadi standar internasional yaitu :

  • panjang = 29-30 cm
  • diameter tongkat untuk dewasa = 3.81 cm
  • diameter tongkat untuk anak-anak = 2.45 cm
  • berat = 50 gr.

Selain ukuran, cara memegang tongkat estafet pun memiliki teknik khusus dimana satu pelari memegang setengah bagian tongkat dan setengah bagian lain disisakan untuk pelari berikutnya. Bagi pelari pertama dalam lari estafet harus memegang tongkat dengan posisi tangan di belakang garis start.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian lari estafet dan teknik dasarnya. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian lari estafet secara singkat ya ! Baca juga pengertian diferensiasi dalam biologi 🙂