1. Pengertian lari maraton dalam nomor atletik itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan lari marathon ?
  3. Apa arti lari maraton ? Apa itu lari maraton ?
  4. Apa perbedaan lari estafet dengan lari maraton ?
  5. Apa yang harus diperhatikan dalam kategori lari maraton ?
  6. Lari maraton berapa km ?

Pengertian Lari Maraton Menurut Para Ahli


Arti lari maraton adalah :

Definisi lari maraton adalah sebuah perlombaan lari jarak jauh dengan jarak sekitar 42 KM. Seorang pelari maraton wajib memiliki mental dan stamina fisik yang kuat karena lari ini bisa memakan waktu berjam-jam lamanya. Rekor lari maraton tercepat adalah sekitar 2 jam 3 menit (7380 detik) (RH Liembono : 2016)

Pengertian lari maraton adalah lari jarak jauh dengan jarak lintasan 42,195 km. 


Kebalikan dari lari sprint yang dilakukan pada jarak yang cukup pendek maka lari maraton termasuk lari jarak jauh sekitar 42,195 kilometer. Berbanding sangat jauh dengan lari sprint yang maksimal hanya menempuh jarak 400 meter.

Karena jarak tempuh yang cukup jauh sehingga lari maraton biasanya dilakukan di jalan raya atau di luar area jalan raya (offroad) kecuali titik start dan finis yang dilakukan di dalam stadion.

Menurut legenda, istilah maraton sendiri berasal dari nama kota yaitu kota Marathon di Yunani. Dimana seorang prajurit bernama Pheidippides berlari dari kota Marathon menuju Athena tanpa berhenti untuk mengabarkan kekalahan bangsa Persia pada perang Marathon. Si prajurit berlari hingga menghembuskan napas terakhir ketika telah sampai di Athena dan menyampaikan kabar tersebut.

Melakukan olahraga lari maraton berbeda dengan lari sprint. Kita tidak bisa mengandalkan kecepatan semata dan serta-merta memaksakan kecepatan penuh saat berlari karena jarak tempuh yang cukup jauh. Jika kita paksakan kekuatan penuh, bisa-bisa kita tidak akan mampu menyelesaikan pertandingan karena kehabisan napas dan tenaga.

Pelari harus mampu memanajemen tenaga, stamina, dan pernapasannya sehingga mampu menyelesaikan pertandingan hingga garis finis. Untuk itu gerakan pelari pada cabang olahraga lari maraton tidak dilakukan secara maksimal dimana kecondongan badan ke depan hanya sekitar 10º. Kedua lengan diayunkan dengan santai hanya beberapa sentimeter di atas pinggang. Serta menjejakkan telapak kaki ke tanah menggunakan sisi luar kaki bagian tengah.

Pernapasan yang baik menjadi salah satu kunci memenangkan pertandingan lari maraton. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan pelari agar dapat bernapas secara efisien diantaranya :

  • Bernapas melalui mulut

Hal ini membuat oksigen yang masuk dan karbon dioksida yang keluar lebih banyak dibandingkan bernapas melalui hidung. Selain itu juga membuat otot wajah tidak tegang sehingga pelari merasa lebih tenang dan santai.

  • Menggunakan pernapasan perut
  • Bernapas pendek dan dangkal

Hal ini membuat kita lebih mudah mengatur napas dibandingkan jika bernapas terlalu dalam dan panjang.

  • Melakukan pernapasan secara berirama atau konsisten
  • Mendengarkan napas sendiri

Kemampuan mendengarkan napas juga sangat penting sehingga kita dapat mengontrol pernapasan. Kita tahun kapan harus menurunkan kecepatan dan kapan saat yang tepat untuk menambah kecepatan.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian lari maraton dalam nomor atletik. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian olahraga lari maraton secara umum ya ! Baca juga pengertian lari estafet 🙂