1. Pengertian lari sprint 100 meter itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan lari sprint ?
  3. Apa arti lari sprint ? Apa itu lari sprint ?
  4. Apa pengertian lari sprint atau jarak pendek ?
  5. Apa perbedaan lari sprint dengan lari estafet ?

Pengertian Lari Sprint Menurut Para Ahli


Arti lari sprint adalah :

Pengertian lari sprint adalah olahraga anaerobik atau olahraga yang menggunakan sedikit sekali oksigen. Nomor-nomor yang tergolong ke dalam lari sprint adalah lari 100 meter sampai dengan 400 meter. Namun dalam perlombaan indoor lari sprint bisa juga memakai jarak 50 meter atau 60 meter tergantung besarnya ruangan lomba itu sendiri. (Anggi Setia Lengkana dkk : 2017)

Definisi lari sprint adalah lari jarak pendek dengan kecepatan tinggi atau berlari secepat-cepatnya dari tempat satu ke tempat yang lain. (Hendrayana : 2007) 


Dalam berbagai perlombaan olahraga lari salah satu cabang yang menjadi favorit para penonton adalah lari sprint atau lari cepat. Yaitu salah satu jenis olahraga lari yang mengandalkan kecepatan.

Jenis olaharaga ini juga disebut dengan lari jarak pendek karena memang nomor yang diperlombakan mulai dari 100, 200, hingga maksimal 400 meter. Ada juga nomor perlombaan 50 dan 60 meter yang biasanya dipertandingkan pada kelas amatir. Lalu apa yang dibutuhkan saat melakukan lari sprint ?

Kecepatan menjadi faktor penentu kemenangan pada lari sprint dimana kita tidak perlu terlalu memikirkan manajemen pernapasan dan energi karena jarak yang ditempuh cukup pendek. Berbeda dengan lari jarak menengah atau jarak jauh dimana manajemen pernapasan dan energi merupakan sesuatu yang penting agar dapat menyelesaikan pertandingan dengan baik.

Pada lari sprint pemain mengerahkan kecepatan penuh sepanjang permainan. Dimana bagian tubuh yang sangat krusial adalah kaki khususnya bagian otot tungkai agar dapat bekerja penuh sehingga pelari dapat berlari dengan cepat.

Bagaimana kontraksi yang kuat dan cepat pada otot-otot tungkai hingga menghasilkan gerakan yang halus dan efisien dalam berlari dan dorongan badan ke depan sehingga dicapai kecepatan horizontal yang maksimal. Untuk mendapatkan kecepatan maksimal dapat dicapai melalui peningkatan dua hal yaitu panjang langkah dan frekuensi langkah (jumlah langkah yang dilakukan dalam satuan waktu tertentu). Pelari sprint atau sprinter dapat memaksimalkan salah satu atau kedua-duanya.

Dalam lari sprint ada beberapa tahapan yang harus dilalui mulai dari start pada posisi diam hingga mencapai garis finis. Dimulai dari tahap reaksi atau dorongan dari posisi diam menjadi posisi mulai berlari. Kemudian dilakukan pertambahan kecepatan atau akselerasi.

Diikuti dengan tahap transisi atau perubahan kecepatan hingga dicapai tahap kecepatan maksimum. Kecepatan maksimum yang telah diraih dipertahankan terus-menerus hingga akhirnya mencapai garis finish.

Olahraga ini dapat dilakukan baik di dalam atau di luar ruangan sehingga cuaca tidak menjadi halangan dalam pelaksanaan pertandingan khususnya pada negara-negara empat musim. Pada musim dingin olahraga ini dilakukan di dalam ruangan, sementara pada musim panas dilaksanakan di luar ruangan.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian lari sprint. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian lari sprint jarak pendek secara singkat ya ! Baca juga pengertian lari estafet & pengertian lari maraton 🙂