1. Pengertian laut dalam dan laut dangkal itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan laut dalam dan laut dangkal ?
  3. Apa arti laut dalam ? Apa itu laut dangkal ?
  4. Apa contoh laut dangkal dan laut dalam di Indonesia ?

Pengertian Laut Dalam dan Laut Dangkal Menurut Para Ahli


Arti laut dalam dan laut dangkal adalah :

Pengertian laut dalam adalah laut yang mempunyai kedalaman lebih dari 200 meter. Contoh laut dalam adalah Laut Banda. Pengertian laut dangkal adalah laut yang mempunyai kedalaman antara 0 sampai dengan 200 meter. Contoh laut dangkal adalah Laut Jawa. (Drs. H. Panu dkk : 2007) 


Jika kita perhatikan bumi tempat kita berpijak, ada bermacam-macam bentuk permukaan bumi. Ada yang berupa dataran tinggi dan pegunungan, ada juga dataran rendah dan kawasan pantai.

Sebagaimana daratan, lautan juga memiliki dasar yang tidak rata. Ada bagian yang dangkal, sedang, dalam, hingga dalam sekali. Pada masing-masing bagian memiliki ciri kehidupan dan ekosistem sendiri sehingga berpengaruh terhadap hewan dan tumbuhan yang hidup di sana. Menurut kedalamannya kita dapat membedakan laut menjadi dua yaitu laut dalam dan laut dangkal.

Definisi laut dangkal adalah bagian laut mulai dari permukaan hingga kedalaman 200 meter. Ciri laut dangkal adalah masuknya sinar matahari yang cukup banyak sehingga kita dapat mengamati dengan baik keadaan bawah laut ketika menyelam.

Ada banyak jenis hewan dan tumbuhan yang hidup pada kedalaman ini karena cukupnya sinar matahari yang masuk yang sangat diperlukan untuk kelangsungan hidup berbagai jenis hewan dan tumbuhan.

Kawasan laut dangkal banyak dimanfaatkan sebagai tujuan wisata dengan menawarkan pemandangan bawah laut yang menawan seperti ikan-ikan yang berseliweran, berbagai tumbuhan laut, serta terumbu karang. Contohnya taman laut Bunaken di Sulawesi Utara dan alam bawah laut Raja Ampat di Papua.

Mulai dari kedalaman 200 meter ke atas kita akan memasuki kawasan laut dalam yang ditandai dengan sangat sedikitnya bahkan tidak ada sinar matahari yang masuk sehingga kawasan ini cukup gelap. Karena minimnya sinar matahari maka sangat sedikit dan nyaris tidak ada tumbuhan laut yang dapat hidup di kawasan ini.

Hewan-hewan yang hidup di kawasan ini rata-rata adalah predator atau pemakan bangkai. Karena sulitnya manusia mengakses kawasan laut ini maka masih banyak kehidupan di laut dalam yang belum terungkap dan masih menjadi misteri.

Kawasan laut dalam dapat dibedakan ke dalam empat lapisan yaitu mesopelagic yang berada pada kedalaman 500-1000 meter, bathyal pada kedalaman 1000-4000 meter, abysal pada kedalaman 4000-6000 meter, serta hadopelagic atau disebut juga palung laut yang merupakan bagian terdalam bawah laut pada kedalaman 6000 meter ke atas.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian laut dalam dan laut dangkal . Semoga kalian bisa menjelaskan contoh laut dalam dan laut dangkal di indonesia secara umum ya ! Baca juga pengertian laut pedalaman dan contohnya 🙂