1. Pengertian laut pedalaman dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan laut pedalaman ?
  3. Apa arti laut pedalaman ? Apa itu laut pedalaman ?
  4. Apa yang dimaksud dengan laut pedalaman sebutkan contohnya !

Pengertian Laut Pedalaman Menurut Para Ahli


Arti laut pedalaman adalah :

Definisi laut pedalaman adalah laut yang terletak di tengah-tengah benua atau dikelilingi oleh daratan. Contoh laut pedalaman adalah Laut Kaspia, Laut Hitam, dan Laut Mati. (‎Eka Fitriani : 2018)

Pengertian laut pedalaman adalah bagian laut yang terletak pada sisi darat dari garis penutup dan pada sisi laut dari garis air rendah. (Kresno Buntoro : 2012)

Pengertian laut pedalaman menurut unclos 1982 adalah perairan pada sisi darat garis pangkal laut teritorial yang merupakan bagian perairan pedalaman suatu negara. 


Berdasarkan letaknya, laut dapat dibedakan menjadi laut tepi, laut pertengahan, dan laut pedalaman. Pada artikel ini kita akan membahas mengenai laut pedalaman atau continental sea.

Secara singkat, arti laut pedalaman adalah laut yang terletak di sisi dalam suatu benua / daratan atau menjadi bagian dari sebuah negara yang hampir keseluruhan sisinya dikelilingi oleh daratan.

Dapat dikatakan laut ini merupakan tempat bermuaranya seluruh air permukaan seperti danau, terusan, sungai, atau kumpulan air lain di suatu wilayah daratan. Contohnya seperti laut mati, laut kaspia, dan laut hitam. Karena letaknya tersebut laut jenis ini tidak atau kurang mendapat pengaruh dari arus samudera sehingga arusnya bersifat tetap atau stabil dan biasanya tidak mengalami pasang surut.

Kadar garam pada laut pedalaman lebih tinggi daripada laut tepi atau pertengahan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti curah hujan yang rendah sehingga pasokan air tawar tidak terlalu besar, tingkat penguapan yang tinggi sehingga mineral-mineral terakumulasi di air laut, serta tidak adanya tempat pelepasan air dari laut tersebut karena letaknya yang terisolir dan jauh dari laut atau samudera lain.

Contohnya laut mati yang merupakan laut dengan kadar garam tertinggi di dunia sehingga hampir tidak ada makhluk hidup yang mampu bertahan hidup di sana, bahkan manusia pun dapat terapung di permukaannya tanpa perlu berenang.

Laut pedalaman biasanya terdapat pada negara-negara kepulauan yang memiliki pulau-pulau yang tersebar dan terpisah-pisah, contohya seperti Indonesia dan Jepang.

Karena laut pedalaman merupakan bagian dari sebuah negara dan berada di kawasan dalam negara tersebut sehingga aturan mengenai laut pedalaman tidak begitu banyak dan tidak mendetail seperti aturan mengenai laut teritorial yang berada di kawasan luar yang menjadi tempat perlintasan kapal-kapal di berbagai negara sehingga lebih berpotensi menimbulkan konflik.

Meskipun demikian tidak berarti laut pedalaman bebas dari konflik. Ada banyak kasus mengenai laut pedalaman yang biasanya terjadi antara negara-negara yang bertetangga, contohnya seperti masalah antara Ekuador dan Kolombia, United Mexican States dan Amerika Serikat, serta negara-negara di sekitar Laut Adriatik.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian laut pedalaman dan contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan perbedaan pengertian laut tepi tengah dan pedalaman secara umum ya ! Baca juga pengertian laut transgesi dan laut ingresi 🙂