1. Pengertian laut transgresi dan ingresi itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan laut transgresi dan ingresi ?
  3. Apa arti laut transgresi ? Apa itu laut ingresi ?
  4. Apa perbedaan antara laut ingresi dan transgresi ?
  5. Jelaskan perbedaan antara laut transgresi dan regresi serta berikan contohnya !

Pengertian Laut Transgresi dan Ingresi Menurut Para Ahli


Arti laut transgresi dan ingresi adalah :

Pengertian laut transgresi adalah adalah laut yang tercipta karena adanya genangan air laut terhadap daratan akibat kenaikan tingginya permukaan air laut yang mencapai kurang lebih 70 meter pada zaman es. Inilah cikal bakal yang menyebabkan dataran rendah di Indonesia Barat atau Timur tergenang air laut dan sekarang menjadi laut dangkal. Contoh laut transgesi adalah Selat Sunda, Laut Jawa, Selat Karimata, Laut Arafuru dan Laut Cina Selatan.

Pengertian laut ingresi adalah laut yang tercipta karena dasar laut mengalami gerak menurun, dapat berupa palung laut atau lubuk laut. Contoh laut ingresi adalah : Laut Banda, Laut Flores, laut Maluku dan Laut Sulawesi. (Hartono : 2007)

Pengertian laut transgresi adalah laut yang terjadi karena permukaan laut yang menjadi bertambah luas. Perluasan tersebut terjadi akibat naiknya permukaan air laut atau adanya daratan yang turun sehingga bagian daratan yang rendah akan tergenang oleh air laut. Kedalaman laut transgesi umumnya tidak lebih dari 75meter. Contoh laut transgesi adalah Dangkalan Sunda dan Dangkalan Sahul.

Pengertian laut ingresi adalah laut yang terjadi karena adanya penurunan dasar laut. Penurunan ini bisa membuat cekungan yang biasa disebut dengan palung laut dan lubuk laut. (Samadi, S.pd, M.si : 2006) 


Salah satu hal yang membedakan antara daratan dan lautan adalah ketinggiannya. Laut memiliki dasar yang jauh lebih rendah daripada daratan di sekitarnya sehingga air dapat terkumpul di dalamnya. Sementara daratan memiliki ketinggian melebihi laut di sekitarnya sehingga tidak terendam air dan dapat dihuni oleh manusia.

Hal ini menyebabkan daratan dan lautan dapat meluas dan menyempit serta bertambah dalam tergantung kondisi alam yang terjadi seperti peningkatan ketinggian air laut karena mencairnya es di kutub, penurunan tanah di daratan, dan lain sebagainya.

Lautan dapat terbentuk atau bertambah baik dari segi luas maupun kedalaman. Laut yang terbentuk atau bertambah dari segi luas disebut dengan laut transgresi.

Hal ini dapat terjadi karena permukaan air laut yang bertambah tinggi atau daratan di sekitar laut yang mengalami penurunan sehingga terendam air dan permukaan laut semakin luas. Laut jenis ini termasuk laut dangkal dan memiliki kedalaman kurang dari 200 meter. Contohnya seperti Laut Utara dan Laut Jawa.

Sementara laut ingresi terbentuk atau bertambah kedalamannya karena tanah di dasar laut mengalami penurunan sehingga membentuk palung atau lubuk laut sehingga laut ini disebut juga dengan laut tanah turun. Laut jenis ini memiliki kedalaman lebih dari 200 meter sehingga termasuk kategori laut dalam.

Laut ingresi dapat berbentuk memanjang yang disebut palung atau berbentuk bulat yang disebut dengan lubuk. Contohnya seperti Lubuk Sulawesi, Lubuk Sulu, Palung Mindanau, Palung Mariana, dan lain sebagainya.

Baik pertambahan ketinggian air laut maupun penurunan muka tanah yang ada di daratan dan lautan  dapat terjadi secara alami karena perubahan kondisi bumi atau karena perbuatan manusia. Secara alami bumi mengalami berbagai perubahan mulai dari terbentuknya hingga sekarang baik perubahan iklim atau kondisi geografis.

Seperti zaman es dimana suhu bumi menurun secara ekstrem dalam periode waktu tertentu, sementara ada pula zaman ketika suhu bumi kembali naik sehingga es di kutub mencair dan permukaan air laut meningkat. Namun ada juga yang disebabkan oleh perbuatan manusia seperti eksploitasi air tanah yang begitu masif atau pembangunan yang berlebihan dan tidak mempertimbangkan kondisi tanah sehingga permukaan tanah mengalami penurunan.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian laut transgresi dan ingresi & contoh laut ingresi dan laut transgresi di indonesia. Semoga kalian bisa menjelaskan perbedaan laut transgresi dan ingresi secara umum ya ! Baca juga pengertian danau karst dan pengertian danau tektonik dan vulkanik 🙂