1. Pengertian leadership dalam manajemen itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan leadership dalam manajemen ?
  3. Apa arti leadership dalam manajemen ?
  4. Apa itu leadership dalam manajemen ?
  5. Apa fungsi leadership dalam manajemen  ?

Pengertian Leadership Dalam Manajemen Menurut Para Ahli


Arti leadership dalam organisasi adalah :

Pengertian leadership dalam manajemen adalah teknik atau cara pimpinan / manajer untuk mengarahkan dan menyuruh supaya orang lain mau mengerjakan apa yang ditugaskan (H. Siagian : 1977)

Definisi leadership dalam manajemen adalah suatu bentuk proses pengaruh sosial, yaitu suatu kehidupan yang mempengaruhi kehidupan lain, suatu bentuk kekuatan yang mempengaruhi perilaku orang lain ke arah pencapaian tujuan tertentu. (Soekarso & Iskandar Putong : 2015)

Pengertian leadership dalam organisasi adalah menetapkan arah organisasi melalui visi dan dan strategi serta melibatkan banyak oranga dalam shared vision (berbagi visi). Leadership juga memberikan motivasi serta semangat kepada orang lain. (Kotter: 2007) 


Berbicara mengenai leadership atau kepemimpinan tidak lepas dari pembicaraan mengenai kemampuan untuk memimpin dan mempengaruhi orang lain untuk melakukan sesuatu.

Kita lihat para pemimpin di berbagai ruang lingkup mulai dari yang paling kecil seperti memimpin diri sendiri, keluarga, hingga memimpin sebuah negara, bagaimana mereka mengatur, menentukan, dan mempengaruhi orang-orang yang ada di bawahnya untuk melakukan sesuatu sesuai dengan keinginannya.

Leadership berlaku secara umum, tidak melulu dalam struktur organisasi tertentu. Seperti kepemimpinan terhadap diri sendiri, bagaimana seseorang memimpin dirinya sendiri berbuat sesuai dengan paham yang dianutnya, kepemimpinan terhadap keluarga, bagaimana seorang ayah memimpin, menafkahi, dan mengambil keputusan dalam keluarganya, atau kepemimpinan seorang ulama sehingga dapat mempengaruhi murid atau jamaahnya untuk melaksanakan perintah-perintah agama.

Dalam bidang manajemen kepemimpinan jelas diperlukan. Manajemen baik sebagai ilmu, profesi, ataupun kiat bertujuan untuk mengatur dan mendayagunakan berbagai sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan organisasi, bagaimana menggerakkan anggota organisasi untuk bekerja sesuai perannya masing-masing untuk mencapai tujuan bersama secara efektif dan efisien.

Untuk dapat mempengaruhi dan menggerakkan orang lain tentu diperlukan kemampuan untuk memimpin. Sistem yang sudah dirancang sedemikian rupa tidak akan ada gunanya jika anggota organisasi tidak mau atau tidak dapat dipengaruhi untuk melaksanakannya.

Manajemen merupakan salah satu bentuk aktualisasi nyata dari kepemimpinan seseorang. Bagaimana seorang pemimpin dalam manajemen yang disebut manager menggerakkan orang-orang yang berada di bawahnya untuk bekerja dan bekerja sama sehingga tercapai tujuan organisasi.

Dalam manajemen seorang pemimpin tidak hanya bertugas dalam hal mempengaruhi dan menggerakkan orang lain, namun ada juga aspek-aspek lain yang harus dilaksanakannya yaitu bagaimana bekerja sama, memenuhi kebutuhan, menggalang atau merangkum, berkomunikasi dan memerintah bawahan, membuat peta keinginan dan cita-cita bagi masa depan organisasi, serta mendayagunakan seluruh sumber daya yang dimiliki.

Seorang manajer yang merupakan pemimpin dalam suatu manajemen memiliki fungsi-fungsi terkait kepemimpinannya diantaranya fungsi perencanaan organisasi, fungsi dalam memandang jauh ke depan untuk kelangsungan organisasi, fungsi untuk mengembangkan dan meningkatkan loyalitas seluruh anggota organisasi, fungsi untuk mengawasi, fungsi untuk mengambil keputusan, serta fungsi untuk memotivasi bawahan sehingga bawahannya merasa diperhatikan dan lebih bersemangat dalam bekerja.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian leadership dalam manajemen. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian leadership dan contohnya secara umum ya ! Baca juga pengertian leadership skill 🙂