1. Pengertian leadership skill itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan skill of leadership ?
  3. Apa arti leadership skills ? Apa itu leadership skill ?
  4. Apa contoh leadership skills ?

Pengertian Leadership Skill Menurut Para Ahli


Arti leadership skill adalah :

Pengertian leadership skill adalah suatu bentuk kecakapan dalam memimpin yang merupakan bagian penting dalam pengelolaan bisnis yang sedang bertumbuh. Perusahaan-perusahaan hanya akan bisa bertahan dalam lingkungan yang kompetitif global saat ini apabila mereka bisa membuat dan mempertahankan para pemimpin yang mempunyai leadership skills yang baik. (Robert N. Lussier & ‎Christopher F. Achua : 2001)

Definisi leadership skills adalah kemampuan untuk mengembangkan visi misi dan tujuan suatu lembaga. Pemimpin yang sukses akan membuat suatu kualitas, keunggulan serta melekatnya rasa tanggung pada semua bawahan mereka. (Isaac Thompson, Jr : 2009) 


Ada begitu banyak jenis pemimpin yang kita kenal. Mulai dari skala kecil seperti pemimpin rumah tangga, pemimpin perusahaan, pemimpin suatu desa, pemimpin suatu propinsi, hingga pemimpin negara. Masing-masing memiliki bawahan atau orang-orang yang dipimpinnya dan bertanggung jawab atas mereka. Siapa saja bisa dan berhak menjadi pemimpin baik dengan menunjuk diri sendiri, ditunjuk oleh sekelompok orang, atau melalui berbagai mekanisme lainnya.

Namun tidak semua pemimpin memiliki leadership skill atau kecakapan/kemampuan dalam memimpin. Hal ini bisa dilihat dari bagaimana hubungan pemimpin tersebut dengan bawahannya dan seberapa besar pengaruhnya terhadap mereka.

Jika seorang pemimpin memiliki hubungan yang baik dengan bawahannya dan mampu menggerakkan mereka untuk melakukan sesuatu guna mencapai tujuan bersama maka dapat dikatakan pemimpin tersebut memiliki leadership skill. Sebaliknya jika pemimpin tersebut memiliki hubungan yang buruk dengan bawahannya dan tidak mampu mempengaruhi mereka untuk bekerja sehingga gagal mencapai tujuan bersama maka pemimpin tersebut tidak atau kurang memiliki leadership skill dalam dirinya.

Secara umum, pengertian leadership skill adalah kemampuan seseorang untuk mempengaruhi dan menginspirasi orang lain untuk melakukan sesuatu yang ditentukan atau diperintahkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Kemampuan ini harus dimiliki oleh seorang pemimpin karena di tangannya lah terletak semua kendali organisasi, ia lah yang menentukan mau dibawa kemana organisasi tersebut, apakah menuju pintu kesuksesaan atau menuju jurang kehancuran.

Leadership skill bukan berarti seorang pemimpin harus mampu melakukan segalanya sendirian, namun bagaimana ia mampu mendayagunakan semua sumber daya yang dipimpinnya sehingga dapat bekerja optimal dan mencapai tujuan yang dicita-citakan. Contohnya betapa sering kita lihat seorang pemimpin bukanlah yang paling pintar dalam kelompoknya, bukan pula yang paling kaya, namun yang perkataannya paling didengar oleh semua anggota kelompok.

Untuk memiliki leadership skill dalam dirinya seseorang setidaknya harus memiliki karakter-karakter diantaranya memiliki kemauan untuk bertindak dan mencapai tujuan, mampu mempengaruhi dan memotivasi bawahan untuk melakukan sesuatu, mau untuk memimpin orang lain, bertanggung jawab terhadap orang-orang di bawahnya, memiliki integritas, percaya diri, cerdas mengolah berbagai informasi sebagai bahan dalam pengambilan keputusan, serta memiliki pengetahuan yang sesuai dengan bidang yang dipimpin.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian leadership skill. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian leadership skills secara umum ya ! Baca juga pengertian konflik politik 🙂