1. Pengertian legenda pada peta itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan legenda pada peta ?
  3. Apa arti simbol legenda pada peta ?
  4. Apa itu legenda pada peta ?

Pengertian Legenda Pada Peta Menurut Para Ahli


Arti legenda dalam peta adalah :

Pengertian legenda pada peta adalah suatu petujunjuk yang menerangkan arti dari simbol-simbol yang terdapat pada peta. Tujuan atau fungsi legenda dalam membaca peta adalah sebagai alat untuk mempermudah sekaligus membantu pemahaman para pembaca terhadap isi peta. Secara umum legenda terletak di pojok kiri bawah peta, namun ada juga yang diletakkan dibagian lain sepanjang tidak mengganggu kemenarikan dan ketampakan peta secara keseluruhan. (Bambang Utoyo : 2007) 


Siapa yang tidak tahu dengan peta? Sejak bangku sekolah dasar kita sudah dikenalkan dengan peta yang berisi gambaran mengenai bumi kita yang menunjukkan berbagai tempat di dunia. Bahkan sejak balita kita sudah mengenal peta melalui berbagai film kartun mengenai pencarian harta karun.

Dapat dikatakan bahwa peta merupakan benda yang penting karena tanpa peta sulit bagi kita mencapai berbagai tempat di bumi, para pelaut tidak dapat berlayar ke arah yang benar, pilot tidak dapat menerbangkan pesawat dengan tepat, bahkan tanpa peta kita akan kesulitan untuk sekedar menemukan sebuah tempat makan yang direkomendasikan seorang teman.

Sebuah peta biasanya dilengkapi dengan berbagai simbol untuk menunjukkan berbagai hal seperti batas-batas daerah, jalur perhubungan seperti jalan raya dan rel kereta api, ibu kota negara, ibu kota propinsi, gunung, danau, sungai, dan lain sebagainya.

Agar peta tersebut dapat dibaca dan dipahami maka ia dilengkapi dengan legenda yang berisi keterangan mengenai berbagai simbol yang ada di peta. Legenda biasanya terletak di bagian bawah peta di sebelah kiri atau kanan berupa kotak segi empat berisi daftar simbol beserta keterangannya. Bisa juga ditempatkan di sisi lain peta selama tidak mengganggu penampakan peta.

Sebuah legenda biasanya hanya memuat keterangan mengenai simbol-simbol yang terdapat pada peta bersangkutan karena ada begitu banyak simbol yang tidak mungkin dimasukkan seluruhnya ke  dalam legenda suatu peta.

Contohnya legenda peta wilayah yang umum kita temui, legenda ini hanya berisi keterangan simbol-simbol yang umum seperti simbol batas-batas wilayah, ibu kota propinsi, gunung, dan lain sebagainya. Berbeda dengan peta dengan tema tertentu seperti peta mengenai persebaran flora dimana legenda peta berisi keterangan mengenai simbol-simbol yang hanya terdapat pada peta tersebut seperti simbol berbagai jenis tumbuhan.

Seiring perkembangan teknologi sebuah peta kini juga tersedia dalam bentuk digital, salah satunya yang terkenal adalah google maps. Dibandingkan peta konvensional tentu saja peta digital lebih interaktif, kita dapat dengan mudah memperbesar dan memperkecil fokus suatu area, mengetahui kondisi lalu lintas terkini, melihat visual dari suatu lokasi, hingga menambahkan legenda sesuai kebutuhan.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian legenda pada peta . Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian legenda pada peta dan contohnya secara umum ya ! Baca juga pengertian de facto dan de jure 🙂