1. Pengertian letak geografis astronomis geologis itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan letak geografis indonesia ?
  3. Apa arti letak astronomis geografis geologis ? Apa itu letak geologis ?
  4. Apa pengertian letak geografis dan pengaruhnya ?
  5. Jelaskan akibat letak astronomis letak geografis dan letak geologis bagi Indonesia !

Pengertian Letak Geografis Astronomis Geologis Menurut Para Ahli


Arti letak geografis astronomis geologis adalah :

Pengertian letak geografis adalah posisi keberadaan suatu wilayah berdasarkan letak dan bentuknya di muka bumi. Letak geografis Indonesia adalah terletak di antara benua Australia dan Benua Asia, serta diapit antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. (Meity Mudikawaty dkk : 2018)

Pengertian letak astronomis adalah letak yang berdasarkan pada garis bujur dan garis lintang. Letak astronomis Indonesia adalah 6 derajat Lintang Utara – 11 derajat Lintang Selatan dan antara 95 derajat Bujur Timur- 141 derajat Bujur Timur.

Pengertian letak geologis adalah letak suatu wilayah berdasarkan bentuk batuan di permukaan bumi. : (Istiqomah, ST : 2008). Letak geologis Indonesia adalah terletak di antara dua deretan pegunungan muda sebagai berikut :

  • Sirkum Pasifik
  • Sirkum Mediterania

Diapit oleh tiga lempeng yaitu :

  • Lempeng Euresia
  • Lempeng Asia-Australia
  • Lempeng Pasifik

Berada diandara dua dangkalan yaitu :

  • Dangkalan Sahul
  • Dangkalan Sunda 

Bagaimana jawaban kita ketika seseorang menanyakan letak suatu tempat seperti lokasi gedung olahraga atau kantor walikota kepada kita?

Sebagian kita mungkin akan menjawab dengan menunjukkan tempat-tempat lain yang cukup dikenal yang berada di dekat gedung atau kantor tersebut, seperti di dekat restoran A atau di sebelah kanan hotel B. Ada pula yang akan menjawab dengan menunjukkan nama jalan dan nomor gedung beserta ciri-ciri fisik gedung tersebut seperti warnanya, bentuk bangunan, dan lain sebagainya.

Petunjuk-petunjuk di atas mungkin dapat kita gunakan untuk menunjukkan letak suatu tempat secara sederhana, namun bagaimana dengan lokasi tempat yang lebih kompleks seperti letak suatu negara atau letak suatu laut? Tentu kita tidak bisa menggunakan petunjuk seperti contoh di atas, perlu sesuatu yang lebih akurat. Untuk itu ada yang namanya letak geografis, astronomis, dan geologis untuk menunjukkan lokasi suatu tempat.

Definisi letak geografis adalah letak suatu tempat sesuai penampakannya di muka bumi dilihat dari daerah lain. Seperti di sebelah utara lokasi A, di sebelah selatan lokasi B, atau diantara lokasi C dan D. Contohnya negara Indonesia yang terletak di antara Benua Asia dan Australia dan di antara Samudera Hindia dan Pasifik.

Sementara definisi letak astronomis adalah letak suatu tempat berdasarkan posisi garis lintang dan garis bujur. Suatu tempat ditentukan koordinatnya berdasarkan garis lintang dan garis bujur yang melaluinya.

Garis lintang (lintang utara dan lintang selatan) dan garis bujur (bujur timur dan bujur barat) merupakan garis khayal yang membentang secara horizontal dan vertikal di permukaan bumi sehingga kita dapat menentukan lokasi suatu tempat secara presisi dan menentukan perbedaan waktu antar wilayah. Indonesia sendiri berada pada 6°LU – 11°LS dan 95°BT – 141°BT.

Dan definisi letak geologis adalah letak suatu tempat berdasarkan kondisi geologi atau kondisi fisik permukaan bumi dan struktur bebatuan pada tempat tersebut. Secara geologi daerah-daerah di Indonesia dapat dikelompokkan ke dalam tiga wilayah yaitu Dangkalan Sunda, Dangkalan Sahul, serta daerah peralihan yang berada di antara Dangkalan Sunda dan Dangkalan Sahul.

Dangkalan Sunda merupakan bagian dari perluasan Benua Asia yang tenggelam di sebelah selatan, seperti Pulau Sumatera, Jawa, dan Kalimantan. Sementara Dangkalan Sahul merupakan bagian dari perluasan Benua Australia yang tenggelam di sebelah utara, seperti daerah Maluku dan Papua. Serta daerah peralihan di antara kedua wilayah tersebut seperti pulau Sulawesi.

Lantas apa pengaruh letak astronomis geografis dan geologis bagi Indonesia? Pengaruh letak geografis astronomis geologis indonesia yaitu :

  1. Letak astronomis Indonesia mengakibatkan negara kita mempunyai 3 daerah zona waktu yaitu WIB, WITA dan WIT.
  2. Letak geografis Indonesia mengakibatkan negara kita menjadi pusat jalur perdagangan.
  3. Letak geologis Indonesia mengakibatkan negara kita kaya akan bahan tambang, banyak memiliki gunung berapi dan mempunyai lapisan tanah yang labil.

Itulah penjelasan singkat tentang apa yang dimaksud dengan letak geografis letak astronomis dan letak geologis. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian letak geografis astronomis dan geologis secara umum ya ! Baca juga pengertian laut dalam dan laut dangkal 🙂